4 Cara Menerapkan Keamanan Listrik di Rumah

Wahyu ArdiyantoAgustus 20, 2020

4 Cara Menerapkan Keamanan Listrik di Rumah

RumahCom – Segala aktivitas di rumah, sebagian membutuhkan energi listrik. Menonton, menggunakan komputer, hingga penerangan rumah semuanya menggunakan energi listrik. Namun, sebagian besar orang terkadang abai dengan keamanan listrik. Akibatnya muncul banyak kasus kebakaran akibat korsleting listrik.

Menjaga keamanan listrik tentu perlu dilakukan agar memastikan keamanan Anda bersama dengan penghuni rumah lainnya. Keamanan listrik banyak dipengaruhi oleh kabel yang rusak, kerusakan lampu, catu daya, steker, dan banyak lagi lainnya. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui bagian mana dari rumah Anda yang memiliki potensi besar mengalami kerusakan.

Kerusakan listrik yang mengakibatkan kebakaran dan bahaya lain bagi pengguna sebenarnya bisa dicegah dengan cara yang sederhana. Namun Anda tentu tetap harus bertanya pada profesional agar tingkat keamanannya semakin terjamin. Berikut ini adalah cara untuk menerapkan keamanan listrik di rumah.

1. Periksa apakah daya listrik peralatan Anda sudah sesuai

Periksa apakah daya listrik peralatan Anda sudah sesuai

Jika beberapa peralatan melebihi kapasitas daya yang tersedia hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan listrik. (Foto: Freepik.com)

Daya listrik (watt) biasanya menjadi acuan penggunaan peralatan listrik. Oleh karena itu Anda harus melihat kapasitas daya listrik rumah apakah sudah sesuai dengan masing-masing peralatan. Jika beberapa peralatan melebihi kapasitas daya yang tersedia hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan listrik.

Oleh karena itu cobalah untuk memeriksa peralatan listrik Anda secara seksama, terutama pada alat-alat yang menggunakan daya besar. Untuk keamanan lebih tinggi, Anda sebenarnya bisa beralih ke peralatan yang lebih hemat energi. Misalnya menggunakan lampu LED yang dipercaya mengurangi penggunaan daya listrik hingga daya tahannya yang cukup lama.

2. Jangan menggunakan soket listrik berlebihan

Jangan menggunakan soket listrik berlebihan

Penggunaan daya yang besar dapat mengakibatkan korsleting. (Foto: Freepik.com)

Kebiasaan masyarakat kita yang menggunakan soket listrik secara berlebihan kadang dianggap sebagai hal wajar. Misalnya pemakaian kabel terminal listrik atau konverter multi outlet yang hanya ada 3 slot, namun penggunaannya bisa untuk 6 alat listrik. Hal ini tentu berbahaya dan memicu terjadinya korsleting listrik.

Pastikan untuk menggunakan satu outlet untuk satu alat listrik saja. Lalu jangan menggunakan alat penghasil panas seperti setrika pada multi outlet. Penggunaan daya yang besar dapat mengakibatkan korsleting.

3. Ganti atau perbaiki kabel listrik yang rusak

Ganti atau perbaiki kabel listrik yang rusak

Pastikan pemasangan kabel sesuai dengan kondisi ruangan dan properti Anda, agar memastikan keamanan rumah. (Foto: Freepik.com)

Penyebab kebakaran dan sengatan listrik berbahaya sering terjadi karena kerusakan pada kabel listrik. Semua kabel harus Anda periksa dengan benar dan teliti, agar bisa diketahui bagian mana yang rusak atau berpotensi membahayakan penghuni rumah.

Keberadaan kabel listrik juga harus ditempatkan dengan benar. Jangan meletakkannya pada bagian bawah perabotan karena mempercepat kerusakan kabel. Jika Anda sulit mengenai manajemen pemasangan kabel, sebaiknya mintalah bantuan teknisi.

Pastikan pemasangan kabel sesuai dengan kondisi ruangan dan properti Anda, agar memastikan keamanan rumah. Tanyakan juga pada mereka kabel seperti apa yang cocok dan aman bagi rumah Anda.

4. Cabut peralatan yang sedang tidak digunakan dari soket listrik

Cabut peralatan yang sedang tidak digunakan dari soket listrik

Hal ini bisa menjadi langkah tepat untuk menghemat biaya listrik karena daya yang digunakan bisa berkurang. (Foto: Freepik.com)

Salah satu cara mudah dalam memastikan keamanan listrik di rumah mencabut seluruh peralatan dari soket listrik saat tidak digunakan. Misalnya Anda dan keluarga sedang beraktivitas di luar rumah, tentu mencabut semua peralatan listrik harus Anda lakukan.

Karena jika terjadi korsleting atau gangguan listrik lainnya Anda tidak bisa melakukan langkah penanganan secara langsung. Selain itu hal ini bisa menjadi langkah tepat untuk menghemat biaya listrik karena daya yang digunakan bisa berkurang.

Namun jika Anda terkadang lupa melakukan hal tersebut sudah banyak tersedia smart plug. Dengan alat tersebut Anda dapat mengatur waktu atau jadwal penggunaan daya pada setiap soket listrik.

Sumber: Constellation.com

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Selain Bantuan Pembiayaan, Pemerintah Juga Berikan Bantuan Fasilitas Lingkungan

RumahCom – Selain subsidi pembiayaan untuk kalangan MBR bisa mengakses perumahan, bantuan lain yang diberikan pemerintah yaitu prasarana, sarana, utilitas (PSU) yang diberikan kepada kalangan pengem

Lanjutkan membacaAgustus 19, 2020

279 Unit Rumah Tidak Layak Di Papua Barat Dibedah

RumahCom – Kementerian PUPR kembali melaksanakan program bedah rumah untuk memperbaikin kondisi rumah yang tidak layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Program bedah rumah kali ini dilak

Lanjutkan membacaAgustus 19, 2020

Konstruksi Tol Kunciran-Cengkareng Ditargetkan Tuntas Akhir 2020

RumahCom - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA menargetkan pembangunan Jalan Tol Kunciran-Cengkareng selesai pada akhir 2020. "Saat ini, progres konstruksi jalan tol tersebut mencapai 87 persen da

Lanjutkan membacaAgustus 19, 2020

Masukan