Selamatkan Furnitur Saat Musim Hujan dengan 5 Cara Ini

Wahyu ArdiyantoAgustus 21, 2020

Cara merawat furnitur saat musim hujan

RumahCom – Memasuki musim hujan, ada banyak persiapan yang harus Anda dan banyak orang lain lakukan. Misalnya mengecek atap yang bocor, saluran air, memindahkan barang-barang di halaman rumah, dan banyak lagi lainnya.

Hal tersebut dilakukan agar memastikan rumah dan beberapa barang lainnya tetap aman walau memasuki musim hujan. Namun ada beberapa barang yang memerlukan penanganan khusus saat musim hujan tiba, salah satunya adalah furnitur kayu.

Saat musim hujan kayu yang terkena air terus menerus tentu akan mengalami penurunan kualitas, seperti pelapukan. Hal ini juga berlaku bagi furnitur kayu di rumah yang akan mengalami penurunan kualitas jika tidak mendapat perawatan yang tepat.

Oleh karena itu, berikut adalah panduan  cara merawat furnitur yang baik saat memasuki musim hujan.

1. Mengatur kelembapan ruangan

Mengatur kelembapan ruangan

Untuk mengetahui tingkat kelembaban pada ruangan Anda bisa menggunakan alat hygrometer atau humidistat. (Foto: Freepik.com)

Tingginya kelembapan pada musim hujan berpengaruh juga pada furnitur kayu Anda di rumah. Kadar air yang tinggi pada udara yang lembab dapat mengundang beberapa hewan penyebab kerusakan pada kayu.

Untuk mengetahui tingkat kelembaban pada ruangan Anda bisa menggunakan alat hygrometer atau humidistat. Anda juga bisa menggunakan alat dehumidifier jika ruangan memiliki udara yang terlalu lembab.

2. Jangan menggunakan kain basah

Jangan menggunakan kain basah

Saat membersihkan furnitur kayu sebaiknya tidak menggunakan kain basah. (Foto: Freepik.com)

Walau memasuki musim hujan, debu masih tetap menempel pada furnitur Anda. Debu tersebut harus segera dibersihkan agar tidak menempel dan semakin sulit dibersihkan. Namun, dalam membersihkan furnitur kayu sebaiknya tidak menggunakan kain basah. Lebih baik menggunakan kain dengan kondisi kering agar furnitur tetap terawat.

3. Menggunakan pernis

Menggunakan pernis

Ada dua jenis bahan pernis, antara lain solvent based dan water based. (Foto: Freepik.com)

Pernis memiliki tampilan dan warna transparan yang mengkilat. Namun pernis mampu melindungi furnitur kayu Anda dari berbagai macam kondisi dan serangan. Walau musim hujan atau musim kering, furnitur Anda tetap dalam kondisi terbaik. Demikian juga, pernis menjaga lapisan permukaan dari serangan serangga.

Ada dua jenis bahan pernis, antara lain solvent based dan water based. Pada bahan solvent based setelah penerapan, bahan solvent biasanya akan segera menguap dan membentuk lapisan transparan yang keras.

Namun pada pernis water based, lapisan akan terbentuk setelah air sebagai pelarut mengalami penguapan. Anda bisa mengaplikasikan pernis dengan cara dicat ataupun disemprot.

4. Tutup jendela dan pintu

Tutup jendela dan pintu

Segeralah tutup pintu dan jendela rumah Anda saat kondisi cuaca mulai mendung. (Foto: Freepik.com)

Seringkali saat hujan mulai turun Anda tidak segera menutup pintu atau jendela. Hal tersebut akan menyebabkan percikan air hujan langsung masuk ke dalam rumah dan mengenai furnitur kayu Anda. Hal ini tentu dapat menyebabkan kayu menjadi lebih mudah lapuk jika tidak segera dibersihkan.

Oleh karena itu segeralah tutup pintu dan jendela rumah Anda saat kondisi cuaca mulai mendung. Sebisa mungkin sebelum hujan turun seluruh jendela dan pintu sudah tertutup rapat sehingga furnitur kayu bisa terlindungi dari percikan air hujan.

5. Periksa kebocoran pada rumah

Periksa kebocoran pada rumah

Mintalah bantuan pada tenaga profesional yang ahli untuk proses pemeriksaan dan perbaikan. (Foto: Freepik.com)

Air yang masuk ke dalam rumah ternyata tidak hanya berasal dari pintu dan jendela yang dibiarkan terbuka saja. Namun atap dan plafon yang bocor bisa menjadi sumber masuknya air hujan ke dalam rumah. Air tersebut juga besar kemungkinan akan mengenai furnitur kayu, dan lama kelamaan mengakibatkan kerusakan.

Memasuki musim hujan, Anda tentu wajib untuk memeriksa bagian atap atau plafon rumah yang bocor. Mintalah bantuan pada tenaga profesional yang ahli untuk proses pemeriksaan dan perbaikan. Sebaiknya hal ini dilakukan sebelum musim hujan datang untuk perlindungan yang lebih baik.

Sumber: Swirlster.ndtv.com

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Selain Bantuan Pembiayaan, Pemerintah Juga Berikan Bantuan Fasilitas Lingkungan

RumahCom – Selain subsidi pembiayaan untuk kalangan MBR bisa mengakses perumahan, bantuan lain yang diberikan pemerintah yaitu prasarana, sarana, utilitas (PSU) yang diberikan kepada kalangan pengem

Lanjutkan membacaAgustus 19, 2020

279 Unit Rumah Tidak Layak Di Papua Barat Dibedah

RumahCom – Kementerian PUPR kembali melaksanakan program bedah rumah untuk memperbaikin kondisi rumah yang tidak layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Program bedah rumah kali ini dilak

Lanjutkan membacaAgustus 19, 2020

Konstruksi Tol Kunciran-Cengkareng Ditargetkan Tuntas Akhir 2020

RumahCom - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA menargetkan pembangunan Jalan Tol Kunciran-Cengkareng selesai pada akhir 2020. "Saat ini, progres konstruksi jalan tol tersebut mencapai 87 persen da

Lanjutkan membacaAgustus 19, 2020

Masukan