Triliunan Digelontorkan Untuk Program Padat Karya, Apa Saja?

Agustus 21, 2020

RumahCom – Kementerian PUPR melakukan banyak realokasi anggaran untuk menjadi pengungkit perekonomian yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Salah satu program unggulannya yaitu program padat karya tunai yang memberikan dampak langsung ke masyarakat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kembali menegaskan fokus kerja kementeriannya dengan mempercepat belanja infrastruktur khususnya yang memberikan dampak langsung terhadap perekonomian. Hal ini diharapkan bisa mengurangi angka pengangguran selain pelaksanaan program yang lebih tepat sasaran khususnya saat perekonomian melemah terkait pandemi Covid-19.

“Kami akan lebih fokus agar semua program kerja selama kuartal ketiga tahun ini hingga akhir tahun nanti bisa terus digenjot dan memberikan manfaat langsung untuk masyarakat khususnya lewat program padat karya tunai (PKT) atau cash for work. Hal ini bertujuan untuk membantu dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan menjaga pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Pembangunan infratruktur menjadi salah satu andalan untuk menggerakkan dan meningkatkan perekonomian nasional. Lebih dari itu, Basuki juga menyebut anggaran untuk periode kuartal keempat tahun 2020 bisa ditarik lebih awal untuk percepatan program padat karya maupun program reguler.

Saat ini, instrumen anggara APBN 2020 menjadi instrumen yang sangat diharapkan untuk menjadi pengungkit pemulihan ekonomi nasional dalam kondisi pandemi Covid-19. Sebagai kementerian teknis yang menjalankan berbagai program pembangunan, Kementerian PUPR menjadi salah satu ujung tombak untuk percepatan pemulihan perekonomian nasional itu.

Karena itu realisasi fisik dan keuangan yang telah dianggarkan harus bisa diimplementasikan secepatnya. Kementerian PUPR dengan anggaran mencapai Rp120,2 triliun tahun ini telah melakukan berbagai realokasi anggaran untuk mempercepat program pemulihan ekonomi terkait pandemi Covid-19.

Setiap orang pasti punya rumah idaman yang diinginkan. Lalu bagaimana cara cerdas agar bisa temukan rumah idaman? Nonton video berikut ini untuk tau caranya, yuk!

Beberapa hal yang dilakukan dari pagu anggaran Kementerian PUPR telah dialokasikan hampir Rp84 triliun untuk pelaksanaan proyek yang bisa memberikan dampak langsung terhadap penanganan pandemi. Dari anggaran tersebut, sebesar Rp11,52 triliun dialokasikan untuk program padat karya tunai termasuk program bedah rumah yang dilakukan di berbagai daerah untuk memperbaiki kualitas hunian yang tidak layak.

Hingga pertengahan Agustus 2020, Kementerian PUPR telah menyerap anggaran belanja infrastruktur senilai Rp83,97 triliun dari total pagu anggaran tahun 2020 atau sekitar 44 persen dari pagu  anggaran. Untuk program padat karya tunai anggaran yang disalurkan mencapai Rp6,84 triliun atau 60,14 persen dari total anggaran.

“Untuk program padat karya tunai tahun ini kami mengalokasikan sebesar Rp11,5 triliun dengan target penerima manfaat mencapai 614.480 orang. Kementerian PUPR juga melakukan perubahan skema pada program kegiatan infrastruktur yang semula bersifat reguler menjadi dilaksanakan dengan pola padat karya ini sehingga bisa memberikan lapangan pekerjaan yang lebih besar,” beber Basuki.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Konstruksi Tol Kunciran-Cengkareng Ditargetkan Tuntas Akhir 2020

RumahCom - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA menargetkan pembangunan Jalan Tol Kunciran-Cengkareng selesai pada akhir 2020. "Saat ini, progres konstruksi jalan tol tersebut mencapai 87 persen da

Lanjutkan membacaAgustus 19, 2020

4 Cara Menerapkan Keamanan Listrik di Rumah

RumahCom - Segala aktivitas di rumah, sebagian membutuhkan energi listrik. Menonton, menggunakan komputer, hingga penerangan rumah semuanya menggunakan energi listrik. Namun, sebagian besar orang terk

Lanjutkan membacaAgustus 20, 2020

Haruskah Setiap Rumah Memasang Penangkal Petir?

RumahCom - Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan. Beberapa hari belakangan ini hujan terus mengguyur bahkan sejak pagi hari. Biasanya saat hujan datang, disertai juga de

Lanjutkan membacaAgustus 21, 2020

Selamatkan Furnitur Saat Musim Hujan dengan 5 Cara Ini

RumahCom - Memasuki musim hujan, ada banyak persiapan yang harus Anda dan banyak orang lain lakukan. Misalnya mengecek atap yang bocor, saluran air, memindahkan barang-barang di halaman rumah, dan ban

Lanjutkan membacaAgustus 21, 2020

Ini Strategi yang Dilakukan Pengembang Saat Pandemi

RumahCom – Kalangan pengembang harus ekstra bersiasat dan menerapkan strategi yang tepat untuk bisa menjual produknya saat situasi pandemi Covid-19. Trinitiland cukup berhasil meraih marketing reven

Lanjutkan membacaAgustus 21, 2020

Masukan