Desain Yang Baik Siap Untuk Pandemi

Agustus 24, 2020

RumanCom – Penerapan desain yang baik bukan sekadar untuk faktor keindahan tapi lebih dari itu untuk kenyamanan dan kesehatan penghuni. Desain yang baik juga akan bisa mencegah penyebaran bakteri maupun virus sehingga cocok diterapkan saat pandemi sekarang ini.

Pandemi Covid-19 memunculkan banyak kebiasaan baru (new normal) yang harus dilakukan untuk memutus penularan wabah yang sangat cepat antar manusia. Penerapan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun) misalnya, menjadi norma baru itu dan hal ini juga berdampak pada penerapan desain hunian maupun bangunan lain.

Hunian tentunya harus dirancang dengan baik untuk mengatur pergerakan aktivitas penghuninya. Hunian diatur menurut pembagian-pembagian ruang dan tetap harus memasukkan unsur alam ke dalam bangunan sehingga menjamin bagian dalam rumah tetap sehat.

Menurut Founder & CEO PT Intiland Development Tbk Hendro Gondokusumo, sebagai pengembang, Intiland akan memastikan desain, sarana, maupun fasilitas lainnya dalam setiap pengembangan proyeknya. Kehadiran taman misalnya, bukan sekadar faktor estetis tapi harus dimaksimalkan fungsinya sebagai area resapan, paru-paru kawasan, hingga suplai oksigen untuk lingkungan.

“Di setiap pengembangan proyek kami baik rumah tapak maupun hunian vertikal, desain yang kami terapkan selalu memasukkan unsur alam karena itu akan membuat interior rumah lebih sehat. Sirkulasi udara maupun cahaya matahari yang masuk ke dalam bangunan sangat penting untuk membuat hawa di dalam rumah tetap segar hingga mematikan virus, bakteri, maupun jamur,” ujarnya saat acara bincang santai Webinar mengenai Hidup Sehat & Covid-19, akhir pekan lalu.

Intip langkah-langkah mencari rumah bersama pasangan di video berikut ini. Semoga tahun ini segera kebeli rumah ya.

 

Di proyek SQ Rest, 1Park Avenue, Jakarta Selatan, maupun 57 Promenade, Jakarta Pusat, banyak diterapkan desain yang memasukkan unsur alam ke dalam hunian maupun kawasannya. Kendati berlokasi di tengah kota yang harga lahannya sudah sangat mahal, penyediaan ruang terbuka hijau tidak bisa diabaikan dan penerapan desain yang baik untuk kawasan seperti ini menjadi mutlak dilakukan.

Keberadaan taman dan jogging track untuk penghuni berolahraga sehingga bisa meningkatkan derajat kesehatan maupun imunitas tubuh selalu dihadirkan di setiap proyek Intiland. Di proyek 57Promenade disediakan jalur pejalan kaki di sepanjang danau sementara di SQ Rest yang merupakan kawasan padat, jalur jogging track dibuat menggantung di atas gedung.

Ada juga fasilitas untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan komunal bersama seluruh penghuni seperti nonton bareng, acara masak yang mengundang chef, dan sebagainya. Sarana seperti ini sangat cocok untuk situasi pandemi karena tetap bisa menjalankan kegiatan bersama dengan menerapkan protokol Covid-19 yaitu menjaga jarak.

“Teman-teman saya yang melihat penerapan desain di proyek kami bilang, ‘kamu tau ya bakal ada pandemi, kok desainnya seperti ini, kawasannya begini, dan fasilitasnya seperti ini’. Kalau kita menerapkan desain yang baik dan konsep pengembangan kawasan dengan memasukkan unsur lingkungan pasti hasilnya bagus dan lebih sehat,” jelas Hendro.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Haruskah Setiap Rumah Memasang Penangkal Petir?

RumahCom - Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan. Beberapa hari belakangan ini hujan terus mengguyur bahkan sejak pagi hari. Biasanya saat hujan datang, disertai juga de

Lanjutkan membacaAgustus 21, 2020

Selamatkan Furnitur Saat Musim Hujan dengan 5 Cara Ini

RumahCom - Memasuki musim hujan, ada banyak persiapan yang harus Anda dan banyak orang lain lakukan. Misalnya mengecek atap yang bocor, saluran air, memindahkan barang-barang di halaman rumah, dan ban

Lanjutkan membacaAgustus 21, 2020

Ini Strategi yang Dilakukan Pengembang Saat Pandemi

RumahCom – Kalangan pengembang harus ekstra bersiasat dan menerapkan strategi yang tepat untuk bisa menjual produknya saat situasi pandemi Covid-19. Trinitiland cukup berhasil meraih marketing reven

Lanjutkan membacaAgustus 21, 2020

Triliunan Digelontorkan Untuk Program Padat Karya, Apa Saja?

RumahCom – Kementerian PUPR melakukan banyak realokasi anggaran untuk menjadi pengungkit perekonomian yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Salah satu program unggulannya yaitu program padat karya

Lanjutkan membacaAgustus 21, 2020

Bukan Hanya Residensial, Produk Komersial Juga Jadi Andalan Pengembang Saat Pandemi

RumahCom – Pengembang menerapkan berbagai strategi dan konsep produk yang tepat untuk tetap bisa berjualan di saat pandemi Covid-19. Paramount Land cukup sukses meraih marketing saat situasi pandemi

Lanjutkan membacaAgustus 21, 2020

Masukan