Jasa Marga Eksekusi Tiga Proyek Besar TCD Kuartal II/2021, Ini Rinciannya

Agustus 24, 2020

RumahCom – PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan ekspansi bisnis lewat pengembangan koridor jalan tol atau Toll Corridor Development (TCD). Pengembangan TCD tersebut diserahkan kepada anak usaha PT Jasamarga Related Business (JMRB), seiring dengan terus bertambahnya ruas jalan tol baru yang dibangun oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Jasa Marga sendiri sudah membangun dan mengelola 1.165 kilometer dari total 1.527 kilometer konsesi jalan tol yang dimiliki, hingga saat ini.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur memaparkan, ada tiga rencana besar pengembangan TCD di sekitar Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi). Ketiga proyek besar ini akan dimulai konstruksinya pada Kuartal II-2021. Dua di antaranya dirancang dengan konsep pengembangan berbasis Transit Oriented Development (TOD).

Subakti berujar, proyek TCD Tol JORR berada di Koridor TB Simatupang, Jakarta Selatan. Di sini, Jasa Marga akan membangun Jasa Marga Tower dengan lahan seluas 1,8 hektar.

“Insya Allah konstruksi atau ground breaking dimulai pada April 2021,” ujar Subakti, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Senin, 24 Agustus 2020.

Tidak main-main, untuk membangun TCD di Koridor TB Simatupang, Jasa Marga mengalokasikan investasi senilai Rp 800 miliar.

Adanya MRT membuat kemudahan dalam mobilitas. Lalu bagaimana dampak MRT pada kenaikan properti? Jawabannya ada di video berikut ini ya.

Saat ini, Jasa Marga Tower sedang dalam tahap perencanaan induk (masterplan), untuk setelahnya dibuat rencana detail dan desain gedung.

Kemudian proyek kedua TCD Tol Jagorawi berada di koridor Taman Mini. Proyek ini bertema TOD Taman Mini dengan estimasi investasi Rp 200 miliar. Jasa Marga sedang menunggu perizinan dari Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR yang saat ini masih dalam proses.

Subakti berharap izin tersebut keluar pada 2020 agar TOD Taman Mini dapat segera dieksekusi pada April atau paling lambat Mei 2021.

Adapun proyek ketiga TCD Tol Jagorawi dikerjakan bersama PT Summarecon Agung Tbk dan Bogor Raya. Untuk proyek kolaborasi ini, Jasa Marga menargetkan memulai konstruksi pada Juni 2021.

Direktur PT JMRB Cahyo Satrio Prakoso beranggapan, potensi pengembangan TCD cukup besar karena berada di sekitar jalan tol yang merupakan “urat nadi” penggerak roda perekonomian.

“Melalui kawasan TCD kami mengharapkan dapat dikembangkan menjadi lini bisnis yang dapat diandalkan, dan ke depan kami berencana untuk go public,” ucap Cahyo.

Sebelumnya, PT JMRB telah dipercaya untuk mengembangkan sejumlah bisnis yang memanfaatkan sektor utama Jasa Marga, yaitu pengembangan dan pengelolaan rest area, pengelolaan media periklanan dan utilitas di Ruang Milik Jalan (Rumija) tol maupun rest area, pengembangan gedung, serta properti hunian.

Sumber foto utama: Unsplash.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi  seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Bukan Hanya Residensial, Produk Komersial Juga Jadi Andalan Pengembang Saat Pandemi

RumahCom – Pengembang menerapkan berbagai strategi dan konsep produk yang tepat untuk tetap bisa berjualan di saat pandemi Covid-19. Paramount Land cukup sukses meraih marketing saat situasi pandemi

Lanjutkan membacaAgustus 21, 2020

Desain Yang Baik Siap Untuk Pandemi

RumanCom – Penerapan desain yang baik bukan sekadar untuk faktor keindahan tapi lebih dari itu untuk kenyamanan dan kesehatan penghuni. Desain yang baik juga akan bisa mencegah penyebaran bakteri ma

Lanjutkan membacaAgustus 24, 2020

Yuk Lihat Pameran Properti Virtual Khusus Rumah Subsidi

RumahCom – PPDPP menyelenggarakan pameran properti khusus rumah bersubsidi secara virtual pada 25-29 Agustus. Tinggginya minat masyarakat terhadap perumahn bersubsidi membuat pameran virtual dilaksa

Lanjutkan membacaAgustus 24, 2020

Ini Ragam Program Subsidi Perumahan Yang Bisa Dimanfaatkan Masyarakat

RumahCom – Pemerintah melalui Kementerian PUPR mengeluarkan banyak program subsidi untuk sektor perumahan. Masyarakat dengan penghasilan maksimal Rp8 juta bisa memanfaatkan beragam program untuk mem

Lanjutkan membacaAgustus 24, 2020

Masukan