Mainan yang Cocok untuk Media Bermain dan Belajar Anak di Rumah

Wahyu ArdiyantoAgustus 25, 2020

Mainan untuk media bermain dan belajar anak di rumah

RumahCom – Sebagai orang tua, Anda tentu ingin anak merasa terhibur dengan mainan yang diberikan bukan? Namun di sisi lain, Anda juga ingin mereka bisa belajar dengan baik untuk perkembangan diri mereka. Oleh karena itu hanya ada beberapa jenis mainan yang bisa mendukung hal tersebut.

Selain itu menghindari kemungkinan anak mudah bosan dan lupa dengan mainan yang sudah dibeli sebelumnya. Beberapa mainan yang akan dibahas di daftar ini sangat menyenangkan dan tentu saja menarik bagi anak.

Anda juga tidak perlu khawatir mengenai keamanan mainan tersebut, bahkan tidak perlu melakukan pengawasan yang ketat saat mereka bermain. Namun walau begitu, Anda juga harus melihat apakah mainan tersebut cocok dengan minat sang anak, agar tidak sia-sia setelah dibeli.

1. Mainan pasang susun (construction toys)

1. Mainan pasang susun (construction toys)

Anda tidak perlu terlalu mengawasi anak yang sedang bermain, karena mainan ini tidak membahayakan mereka. (Foto: Freepik.com)

Mainan pasang susun dengan tipe konstruksi tentu memicu kreativitas sang anak. Anak dapat menciptakan bentuk yang sesuai dengan keinginannya kemudian memainkannya. Keunggulan mainan ini juga memiliki daya tahan yang lama dan tidak membuat mereka semakin bosan.

Mainan ini juga masih bisa dimainkan oleh bayi hingga menginjak remaja. Semakin sering mereka memainkan mainan ini, semakin terasah kreativitas yang mereka miliki. Anda tidak perlu terlalu mengawasi anak yang sedang bermain, karena mainan ini tidak membahayakan mereka.

2. Kereta-keretaan

2. Kereta-keretaan

Anda bisa membeli mainannya bersama dengan jalur kereta untuk memainkan mainan tersebut. (Foto: Freepik.com)

Mainan kereta dengan bentuk karakter tertentu sangat menarik bagi anak. Mereka suka dengan mainan yang memiliki roda dan menjalankannya sendiri. Karakter yang cukup terkenal untuk mainan ini seperti Thomas and Friends. Anda bisa membeli mainannya bersama dengan jalur kereta untuk memainkan mainan tersebut.

3. Board games

3. Board games

Anda juga bisa mendampingi anak untuk bermain agar terbangun komunikasi yang baik antara anak dan orang tua. (Foto: Freepik.com)

Board games menjadi game yang cocok untuk melatih dan mengasah otak anak. Jika mereka sudah mengerti aturan dari permainan ini, mereka mungkin akan menghabiskan waktu yang lama untuk bermain. Mainan ini bisa dimainkan lebih dari satu orang, Anda juga bisa mendampingi anak untuk bermain agar terbangun komunikasi yang baik antara anak dan orang tua.

4. Puzzles

4. Puzzles

Jenis permainan ini tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk diselesaikan. Setiap pecahan tentu memberi petunjuk agar dapat diselesaikan. (Foto: Freepik.com)

Mainan jenis puzzles dapat membuat anak penasaran dan memicu mereka untuk melatih kemampuan anak menyelesaikan masalah. Namun mainan ini baru bisa dimainkan oleh anak-anak dengan umur 8 tahun. Hal ini dikarenakan perkembangan mereka yang sudah cukup mampu memainkan mainan seperti ini.

Jenis permainan ini tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk diselesaikan. Setiap pecahan tentu memberi petunjuk agar dapat diselesaikan. Namun Anda harus membeli mereka beberapa jenis puzzles agar mereka tidak mudah bosan dengan hanya satu pecahan saja.

5. Rumah boneka

5. Rumah boneka

Ajaklah anak untuk bermain dengan saudara atau tetangganya. Dengan demikian mereka bisa memiliki kehidupan sosial yang baik. (Foto: Freepik.com)

Mainan yang dapat membantu anak untuk berimajinasi tentu saja rumah boneka. Anak bisa memainkan fantasi mereka sesuai dengan peran bonek yang mereka miliki. Interaksi antar boneka juga bisa memicu anak untuk melatih daya pikir dan kemampuan berbicara.

Selain itu jika dimainkan secara bersama-sama, rumah boneka dapat mengasah kemampuan anak untuk bersosialisasi. Ajaklah anak untuk bermain dengan saudara atau tetangganya. Dengan demikian mereka bisa memiliki kehidupan sosial yang baik.

6. Alat musik

6. Alat musik

Anda bisa melatih anak dengan lagu-lagu sederhana namun menyenangkan bagi mereka. (Foto: Freepik.com)

Permainan alat musik seperti gitar kecil dan pianika sangat cocok bagi anak yang memiliki ketertarikan terhadap musik. Mungkin mainan ini baru bisa dimainkan saat anak berumur sekitar 8 tahun. Anda bisa melatih anak dengan lagu-lagu sederhana namun menyenangkan bagi mereka.

Sumber: Verrywellfamily.com

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ini Ragam Program Subsidi Perumahan Yang Bisa Dimanfaatkan Masyarakat

RumahCom – Pemerintah melalui Kementerian PUPR mengeluarkan banyak program subsidi untuk sektor perumahan. Masyarakat dengan penghasilan maksimal Rp8 juta bisa memanfaatkan beragam program untuk mem

Lanjutkan membacaAgustus 24, 2020

Jasa Marga Eksekusi Tiga Proyek Besar TCD Kuartal II/2021, Ini Rinciannya

RumahCom - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan ekspansi bisnis lewat pengembangan koridor jalan tol atau Toll Corridor Development (TCD). Pengembangan TCD tersebut diserahkan kepada anak usaha PT Jasamar

Lanjutkan membacaAgustus 24, 2020

Pengembang Asal Hong Kong Masuk Indonesia, Ramaikan Bisnis Properti

RumahCom — PT Yiho Jakarta Real Estate Development yang merupakan anak perusahaan dari New Yi-Ho Holding Group Co. Ltd., Hong Kong, telah membuka kantornya di Tanah Air, pada pertengahan tahun 2020.

Lanjutkan membacaAgustus 24, 2020

Masukan