Tol Banda Aceh-Sigli Diresmikan Jokowi, Ini Manfaatnya Untuk Kawasan

Agustus 27, 2020

RumahCom – Presiden Jokowi meresmikan operasional jalan tol Banda Aceh-Sigli di ruas Indrapuri-Blang Bintang. Ada banyak manfaat dari diresmikannya jalan tol ini selain memangkas waktu ke bandara hingga mengungkit pertumbuhan ekonomi.

Pembangunan jalan tol menjadi salah satu prioritas kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Terakhir, Jokowi meresmikan jalan tol Banda Aceh-Sigli Seksi 4 ruas Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 14 km. Dengan diresmikannya tol ini akan bisa mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Aceh karena koneksitas yang lebih mudah dengan Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda yang berada di Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

“Akses ke bandara akan semakin mudah dan cepat sehingga kalau koneksitas lebih lancar seperti ini ke depan akan mendorong pergerakan orang maupun barang yang lebih cepat dan biaya lebih efisien. Pertumbuhan ekonomi yang terhubung dari satu titik ke titik yang lain juga akan membangkitkan pergerakan perekonomian yang lebih cepat,” ujar Jokowi saat acara peresmian pekan ini.

Jokowi juga mengapresiasi pembangunan jalan tol ini yang relatif cepat karena didukung dengan pembebasan lahan yang baik dan saat ini sudah mencapai 86 persen. Kepada Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Jokowi berpesan agar jalan tol ini juga disambungkan ke berbagai sentra pertanian, kawasan industri, dan pariwisata agar Aceh menjadi episentrum pertumbuhan ekonomi baru di Sumatera khususnya yang melibatkan usaha mikro, kecil, menengah sehingga kalangan ini bisa menikmati hasil ekonomi dari pengembangan infrastruktur ini.

“Di tengah pandemi Covid-19, pembangunan infrastruktur tetap menjadi prioritas dan tetap dikerjakan karena ini juga menjadi salah satu strategi untuk memberi daya ungkit percepatan pemulihan ekonomi nasional. Dari jalan tol ini saja bisa menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 296 ribu untuk 18 ruas tol Trans Sumatera yang dibangun dan saat ini sudah terserap sebanyak 24.700 tenaga kerja,” pungkas Jokowi.

Adanya MRT membuat kemudahan dalam mobilitas. Lalu bagaimana dampak MRT pada kenaikan properti? Jawabannya ada di video berikut ini ya.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahardian menambahkan, dengan rampungnya seksi 4 ini akan mempermudah akses dari Banda Aceh ke Sigli dan sebaliknya maupun dari Sigli-Indrapuri ke Banda Udara Sultan Iskandar muda.

“Efisiensi waktu dengan adanya jalan tol ini mencapai 50 persen dari Indrapuri ke bandara dari sebelumnya ditempuh 1 jam menjadi hanya 30 menit. Tol ini juga akan terus dilanjutkan hingga menghubungkan bandara dengan wilayah lainnya di Aceh melalui seksi 5 dan 6 yang targetnya bisa rampung pertengahan tahun depan. Untuk seksi 3 akan bisa selesai akhir tahun ini,” katanya.

Sebagai tambahan informasi, jalan tol ini dibangun sejak akhir tahun 2018 lalu dengan skema penugasan pemerintah kepada PT Hutama Karya sebagai badan usaha jalan tol dan PT Adhi Karya sebagai kontraktor pelaksana. Selain jalan tol ini, progres jalan tol lainnya cukup baik yaitu seksi 3 Jantho-Indrapuri (16 km) telah mencapai 65 persen, seksi 1 Padang-Tiji-Seulimeum (25 km) dengan progres 19 persen, seksi 2 Seulimeum-Jantho (6 km) progres 40 persen, seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro (8 km) progres 15 persen, dan seksi 6 Kuto Baro-Simpang Baitussalam (5 km) dengan progres 33 persen.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Visi Bung Hatta Soal Perumahan Untuk Seluruh Masyarakat

RumahCom – Sektor papan atau hunian yang layak bagi seluruh masyarakat sudah menjadi pemikiran proklamator Bung Hatta ketika usia negara ini masih sangat muda. Beberapa hal yang disampaikan Bung Hat

Lanjutkan membacaAgustus 26, 2020

Kerap Dijadikan Modus Pencucian Uang, Ini Strategi Pemerintah Kurangi Dampak Kejahatan Yang Melibatkan Properti

RumahCom – Kementerian ATR/BPN dan PPATK menjalin koordinasi dan kerja sama untuk pencegahan kejahatan yang melibatkan sektor pertanahan maupun properti. Kejahatan pencucian uang maupun terorisme ke

Lanjutkan membacaAgustus 26, 2020

Tahun Depan, Ada Anggaran Lebih Rp8 Triliun Untuk Bangun 9.000-an Unit Rusun

RumahCom – Kementerian PUPR telah menganggarkan anggaran belanja tahun depan yang akan mencapai lebih Rp149 triliun dan menjadi anggaran belanja terbesar dibandingkan semua kementerian. Puluhan tril

Lanjutkan membacaAgustus 26, 2020

Sejumlah Ahli Berpandangan, Bisnis Properti Perlahan Bangkit

RumahCom – Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan angka pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II/2020 terkontraksi hingga minus 5,32 persen. Secara kuartal, ekonomi terkontraksi 4,19 persen

Lanjutkan membacaAgustus 27, 2020

Pakuwon Jati Andalkan Hal Ini dan Tunda Proyek Baru

RumahCom – Pengembang yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur, PT Pakuwon Jati Tbk., mengandalkan penjualan rumah tapak. Ini dilakukan guna menghasilkan pemasukan di tengah kebijakan menunda proyek ba

Lanjutkan membacaAgustus 27, 2020

Masukan