Supaya Cepat Mengakses Perumahan, Kalangan Milenial Harus Segera “Ditangkap”

Agustus 27, 2020

RumahCom – Asosiasi pengembang Himperra mengusulkan program untuk memudahkan kalangan milenial mengakses perumahan. Salah satunya dengan tidak memberikan akses kartu kredit kepada kalangan first jobber supaya memiliki awareness yang besar terhadap kebutuhan perumahan.

Kalangan milenial di negeri ini jumlahnya sangat besar dan disebut sebagai bonus demografi karena besarnya kalangan ini dibandingkan range usia yang lain. Di sisi lain, kalangan pekerja milenial kesulitan untuk mengakses produk perumahan karena mayoritasnya tidak memiliki tabungan maupun dana awal untuk membeli rumah.

Karena itu menurut Ketua Umum Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) Endang Kawidjaja,  kalangan ini harus terus diberikan edukasi maupun sosialisasi mengenai pentingnya memiliki produk hunian. Pemerintah harus lebih gencar melakukan sosialisasi untuk membangun awareness kepada kalangan ini.

“Kalangan pekerja milenial begitu bekerja dan memiliki gaji yang jadi prioritasnya untuk hal yang konsumtif. Akhirnya akses ke perumahan menjadi semakin jauh karena penghasilannya sudah habis untuk membiayai lifestyle-nya dan ini membuat akses ke perumahan akan semakin jauh lagi,” ujarnya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Endang menyarankan, kalangan first jobber milenial ini harus segera ditangkap dengan program pembiayaan perumahan sebelum terganggu dengan berbagai hal yang sifatnya konsumtif. Beberapa hal yang bisa dilakukan misalnya, kalangan first jobber ini tidak boleh mendapatkan fasilitas credit card sebelum masa kerja lima tahun atau boleh diberikan saat gajinya sudah mencapai Rp10 juta.

Tidak sulit mempunyai rumah, ada banyak cara salah satunya KPR. Simak video berikut ini untuk informasi lengkapnya.

Selama ini banyak kalangan milenial yang tergiur dengan berbagai penawaran yang sifatnya konsumtif. Karena itu kerap terjadi saat baru pertama kerja yang dibeli pertama yaitu gadget, produk fashion, atau kredit kendaraan bermotor untuk segmen mewah padahal fungsinya untuk alat transprtasi.

Karena itu untuk anak milenial ini juga butuh sedikit pengorbanan supaya bisa mengakses perumahan. Misalnya jual motor dengan CC besar dan ganti dengan yang CC kecil, sisanya dijadikan untuk uang muka perumahan ditambah dengan tabungan. Biasakan juga dengan pola disiplin dan berhemat sehingga pengeluaran bisa terkontrol dan kebutuhan perumahan bisa terpenuhi.

“Pola-pola seperti ini harus terus disosialisasikan yang gencar oleh pemerintah dan segera dibuat program khusus untuk menangkap kalangan milenial first jobber ini sebelum mereka terganggu dengan hal yang konsumtif. Program pemerintah juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kalangan ini yaitu uang muka maupun cicilan yang ringan untuk periode tahun-tahun awal sehingga bisa lebih terjangkau,” bebernya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi  seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tahun Depan, Ada Anggaran Lebih Rp8 Triliun Untuk Bangun 9.000-an Unit Rusun

RumahCom – Kementerian PUPR telah menganggarkan anggaran belanja tahun depan yang akan mencapai lebih Rp149 triliun dan menjadi anggaran belanja terbesar dibandingkan semua kementerian. Puluhan tril

Lanjutkan membacaAgustus 26, 2020

Sejumlah Ahli Berpandangan, Bisnis Properti Perlahan Bangkit

RumahCom – Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan angka pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II/2020 terkontraksi hingga minus 5,32 persen. Secara kuartal, ekonomi terkontraksi 4,19 persen

Lanjutkan membacaAgustus 27, 2020

Pakuwon Jati Andalkan Hal Ini dan Tunda Proyek Baru

RumahCom – Pengembang yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur, PT Pakuwon Jati Tbk., mengandalkan penjualan rumah tapak. Ini dilakukan guna menghasilkan pemasukan di tengah kebijakan menunda proyek ba

Lanjutkan membacaAgustus 27, 2020

Tol Banda Aceh-Sigli Diresmikan Jokowi, Ini Manfaatnya Untuk Kawasan

RumahCom – Presiden Jokowi meresmikan operasional jalan tol Banda Aceh-Sigli di ruas Indrapuri-Blang Bintang. Ada banyak manfaat dari diresmikannya jalan tol ini selain memangkas waktu ke bandara hi

Lanjutkan membacaAgustus 27, 2020

Perkembangan Material Bahan Bangunan Membuat Proses Pembangunan Jadi Lebih Efisien

RumahCom – Perkembangan produk material bahan bangunan menghadirkan produk yang lebih tepat untuk penggunaan yang lebih spesifik. Aplikasi yang lebih mudah dengan kualitas terukur membuat proses pem

Lanjutkan membacaAgustus 27, 2020

Masukan