Kampanye Rumah#1, Dari Pemenuhan Kebutuhan Papan Hingga Dongkrak Perekonomian

Agustus 28, 2020

RumahCom – Kementerian PUPR terus mendorong agar kalangan milenial bisa mengakses perumahan dengan kampanye Rumah#1. Ada banyak benefit dari milenial yang segera membeli rumah pertamanya mulai pemenuhan kebutuhan dasar hingga mendorong perekonomian nasional.

Milenial kerap menjadi pembahasan karena besarnya range usia ini hingga disebut merupakan bonus demografi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistis  (BPS), tahun 2019 jumlah generasi milenial dengan rentang usia 18-37 tahun mencapai angka 81 juta dan pada tahun 2020 ini generasi milenial diperkirakan mencapai 60 persen dari totalpopulasi penduduk Indonesia.

Karena itu milenial dianggap segmen konsumen yang sangat potensial hingga bisa didorong untuk peningkatan perekonomian nasional. Menurut Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jhon Wempi Wetipo, hal lain yang juga penting yaitu pemenuhan kebutuhan perumahannya.

“Milenial ini harus terus didorong supaya berinvestasi di sektor perumahan mulai dari sekarang juga. Masih banyak yang belum sadar kalau perumahan itu kebutuhan mendasar yang sangat penting untuk kelanjutan kehidupan mereka kelak,” ujarnya saat bicara pada Webinar Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Rumah#1, pekan ini.

Rumah akhirnya bukan sekadar pemenuhan kebutuhan papan tapi menjadi penting khususnya bagi milenial untuk meningkatkan nilai aset sehingga mendukunng peningkatan perekonomian nasional. Pandemi Covid-19 bukan hanya memengaruhi sektor kesehatan tapi telah berdampak pada semua sektor.

Tidak punya DP buat beli rumah? jangan khawatir. Simal video berikut untuk tahu tips kredit rumah tanpa DP.

Sektor-sektor lain yang ikut merasakan dampak pandemi termasuk sektor perumahan, telah membuat penurunan kegiatan konstruksi dan itu membuat menurunnya tingkat perekonomian nasional. Mendorong pemilikan properti bagi kalangan milenial akhirnya bisa menjadi solusi strategis mulai pemenuhan kebutuhan, peningkatan kepemilikan aset, hingga pengungkit perekonomian nasional.

Pemerintah juga terus mendorong dan melakukan berbagai terobosan sebagai upaya percepatan pelaksanaan pembangunan di bidang perumahan. Hal ini juga termasuk memberikan akses yang mudah bagi kalangan milenial pembeli properti pertama untuk keterjangkauan akses ke sektor perumahan baik yang dibangun pemerintah maupun sektor swasta.

Beberapa upaya yang dilakukan antara lain terus mendorong pengembangan kawasan hunian berkonsep transit oriented development (TOD). Konsep ini akan cocok untuk milenial pekerja yang membutuhkan sarana mobilitas tinggi untuk kesehariannya dan itu bisa dipenuhi dari kawasan hunian yang terintegrasi dengan fasilitas transportasi masal.

“Banyak hal yang diupayakan oleh pemerintah dan pemilikan hunian bagi para milenial dengan berbagai karakteristik khususnya. Selain keterjangkauan, yang diupayakan juga kecenderungan maupun preferensi kalangan ini terhadap konsep hunian yang simpel dan mulai terbiasa dengan transportasi umum. Kami juga mengembangkan program inovatif berupa pembangunan perumahan komunitas untuk menyesuaikan dengan kebutuhan,” beber Jhon.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi  seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tol Banda Aceh-Sigli Diresmikan Jokowi, Ini Manfaatnya Untuk Kawasan

RumahCom – Presiden Jokowi meresmikan operasional jalan tol Banda Aceh-Sigli di ruas Indrapuri-Blang Bintang. Ada banyak manfaat dari diresmikannya jalan tol ini selain memangkas waktu ke bandara hi

Lanjutkan membacaAgustus 27, 2020

Perkembangan Material Bahan Bangunan Membuat Proses Pembangunan Jadi Lebih Efisien

RumahCom – Perkembangan produk material bahan bangunan menghadirkan produk yang lebih tepat untuk penggunaan yang lebih spesifik. Aplikasi yang lebih mudah dengan kualitas terukur membuat proses pem

Lanjutkan membacaAgustus 27, 2020

Supaya Cepat Mengakses Perumahan, Kalangan Milenial Harus Segera “Ditangkap”

RumahCom – Asosiasi pengembang Himperra mengusulkan program untuk memudahkan kalangan milenial mengakses perumahan. Salah satunya dengan tidak memberikan akses kartu kredit kepada kalangan first jo

Lanjutkan membacaAgustus 27, 2020

Pengusaha Properti Sangat Harapkan Bank Lakukan Hal Ini

RumahCom – Sejumlah pengusaha properti mulai mempertanyakan sikap perbankan yang masih juga enggan menurunkan suku bunga. Padahal, Bank Indonesia (BI) cenderung terus menurunkan BI 7-Day (Reverse) R

Lanjutkan membacaAgustus 28, 2020

Di Tengah Pandemi, Pembangunan Hunian Layak Tetap Berjalan

RumahCom – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong para pemangku kepentingan di bidang perumahan agar lebih bersemangat dalam membangun hunian yang layak bagi masyarakat, me

Lanjutkan membacaAgustus 28, 2020

Masukan