Ini Yang Dilakukan Kementerian PUPR Agar Milenial Bisa Punya Rumah

Agustus 29, 2020

RumahCom – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki rencana dan desain rumah yang diperuntukkan bagi generasi Milenial agar milenial bisa punya rumah. 

Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo mengungkapkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah generasi Milenial, yakni rentang usia 18 tahun hingga 37 tahun mencapai angka 81 juta orang. Diperkirakan tahun 2020 mencapai 60 persen dari total jumlah penduduk Indonesia.

“Oleh karena itu, kebutuhan rumah bagi Milenial sangat signifikan jumlahnya. Pemerintah dan swasta terus mendorong sektor perumahan,” kata John dalam acara Podbinar KeyPoint Rumah, sebagaimana dikutip dari Bisnis.com, Jumat, 28 Agustus 2020.

John beranggapan, karakteristik generasi Milenial adalah simpel dan berada di tengah kota serta dekat dengan transportasi umum.

“Tuntutan rumah layak untuk milenial sangat tinggi telah menjadi agenda khusus bagi PUPR. Pembangunan perumahan untuk milenial berada di wilayah transit oriented development (TOD) dengan bentuk rumah tapak dan rumah susun untuk dapat memenuhi kondisi kebutuhan milenial. Penetapan harga rumah subsidi yang dibangun pengembang dan skema pembiayaan melalui PT Sarana Multigriya Finance. Saat ini kecenderungan milenial menyewa rumah,” ucap John.

Adanya MRT membuat kemudahan dalam mobilitas. Lalu bagaimana dampak MRT pada kenaikan properti? Jawabannya ada di video berikut ini ya.

Kementerian PUPR sendiri sudah membuat desain rumah susun yang sesuai dengan karakteristik milenial atau generasi muda.

Desain rumah tersebut dibagi dalam tiga kelompok, yaitu kelompok Milenial awal rentang usia 25 tahun hingga 27 tahun dengan desain rumah susun tipe 24, Milenial dengan rentang usia 25 tahun sampai 35 tahun tipe 36 dan usia 35 tahun dengan tipe 45.

John menilai, rumah sebagai tempat pembinaan keluarga dan juga tempat yang aman serta aset bagi pemiliknya.

“Ini sebagai investasi untuk menuju kehidupan di masa datang dalam menyediakan akses kesempatan milenial. Selain itu untuk motivasi generasi muda agar dapat memiliki rumah idaman,” tutur John.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi  seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber foto utama: Freeimages.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pengusaha Properti Sangat Harapkan Bank Lakukan Hal Ini

RumahCom – Sejumlah pengusaha properti mulai mempertanyakan sikap perbankan yang masih juga enggan menurunkan suku bunga. Padahal, Bank Indonesia (BI) cenderung terus menurunkan BI 7-Day (Reverse) R

Lanjutkan membacaAgustus 28, 2020

Di Tengah Pandemi, Pembangunan Hunian Layak Tetap Berjalan

RumahCom – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong para pemangku kepentingan di bidang perumahan agar lebih bersemangat dalam membangun hunian yang layak bagi masyarakat, me

Lanjutkan membacaAgustus 28, 2020

Kampanye Rumah#1, Dari Pemenuhan Kebutuhan Papan Hingga Dongkrak Perekonomian

RumahCom – Kementerian PUPR terus mendorong agar kalangan milenial bisa mengakses perumahan dengan kampanye Rumah#1. Ada banyak benefit dari milenial yang segera membeli rumah pertamanya mulai pemen

Lanjutkan membacaAgustus 28, 2020

Tip Membeli Rumah Untuk Milenial, Yang Utama Disiplin Dan Pola Menabung

RumahCom – Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk bisa membeli rumah khususnya bagi kalangan milenial. Asosiasi pengembang perumahan REI membagikan beberapa tip untuk bisa segera membeli rumah.

Lanjutkan membacaAgustus 28, 2020

Pemerintah Terus Perkuat Sektor Properti Untuk Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

RumahCom – Pemerintah terus mendorong sektor properti untuk menjadi salah satu sektor yang bisa meningkatkan perekonomian yang terpuruk akibat pandemi. Melalui Kementerian PUPR ada banyak program un

Lanjutkan membacaAgustus 28, 2020

Masukan