Ini Tips Bagi yang Ingin Pindah Ke Apartemen

Wahyu ArdiyantoSeptember 1, 2020

Ini Tips Bagi yang Ingin Pindah Ke Apartemen

RumahCom – Pindah ke apartemen mungkin menjadi pilihan yang sudah Anda rencanakan sejak lama. Tujuannya mungkin ingin mendapatkan suasana baru, pengalaman berbeda, atau kemudahan akses ke tempat kerja.

Tinggal di apartemen juga mungkin lebih membuat Anda bebas dalam berekspresi. Misalnya lebih bebas untuk mendekorasi ruangan atau menambahkan properti tertentu. Jika Anda pindah dari rumah ke apartemen, atau dari apartemen ke apartemen lainnya tentu harus ada persiapan yang harus dilakukan.

Proses perpindahan tempat tinggal merupakan sebuah transisi yang harus berjalan mulus. Tujuannya agar kenyamanan dan keamanan Anda saat pindah hingga tinggal di apartemen baru tidak terganggu. Selain itu hal ini juga untuk mencegah adanya hambatan pada aktivitas Anda saat sudah pindah nanti.

Oleh karena itu berikut adalah tips bagi yang Anda yang akan pindah ke apartemen.

1. Warna baru pada dinding

Warna baru pada dinding

Pastikan Anda sudah mendapatkan ijin untuk mengganti warna dinding tersebut. (Foto: Freepik.com)

Membuat apartemen menjadi lebih personal memanglah menyenangkan. Hal ini membuat Anda merasa lebih nyaman saat bersantai. Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengganti warna dinding.

Anda bisa menggunakan cat dengan warna-warna yang disukai, atau menggantinya dengan wallpaper. Pastikan Anda sudah mendapatkan ijin untuk mengganti warna dinding tersebut.

2. Pastikan kesiapan fasilitas

Pastikan kesiapan fasilitas

Jika Anda nantinya membawa barang-barang dari luar, pastikan juga apakah ada ruang yang tersedia. (Foto: Freepik.com)

Setiap apartemen tentu memiliki berbagai macam fasilitas yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan fasilitas yang ada sebelum pindah. Perhatikan apakah dapur sudah siap digunakan, kamar mandi dalam kondisi bersih, hingga kelengkapan lainnya.

Hal ini untuk memastikan Anda bisa langsung menggunakan fasilitas tersebut saat pindah nanti. Jika Anda nantinya membawa barang-barang dari luar, pastikan juga apakah ada ruang yang tersedia.

Lalu tanyakan apakah memerlukan izin untuk membawa barang atau fasilitas dari luar ke dalam apartemen. Hal ini untuk memastikan bahwa segala kebutuhan Anda sudah terpenuhi saat pindah nanti.

3. Sediakan alat pembersih

Sediakan alat pembersih

Jika Anda memang sangat sibuk dan tidak ada waktu, Anda bisa menanyakan apakah apartemen tersebut memiliki fasilitas layanan pembersih ruangan. (Foto: Freepik.com)

Sama seperti rumah pada umumnya, apartemen juga perlu dirawat dan dibersihkan secara mandiri. Belilah alat pembersih yang biasa Anda gunakan sebelumnya. Mulai dari pembersih lantai, sabun cuci, lap, sponge, sikat, sapu, dan banyak lagi lainnya. Sediakan juga tempat sampah yang mudah dijangkau.

Jika Anda memang sangat sibuk dan tidak ada waktu, Anda bisa menanyakan apakah apartemen tersebut memiliki fasilitas layanan pembersih ruangan. Namun sebaiknya Anda sesekali tetap membersihkan apartemen secara mandiri. Tujuannya tentu untuk menjaga privasi dan keamanan barang-barang Anda.

4. Menambahkan furnitur

Menambahkan furnitur

Dengan membeli furnitur baru, Anda bisa memastikan bahwa furnitur tersebut memiliki ukuran yang cocok dan pas. (Foto: Freepik.com)

Saat akan pindah mungkin Anda membawa beberapa furnitur dari tempat tinggal sebelumnya. Namun, Anda tentu harus menyesuaikan dengan ruang yang tersedia di apartemen Anda saat ini. Agar furnitur yang Anda bawa sesuai dengan ukuran ruangan.

Namun jika furnitur yang Anda bawa dirasa terlalu besar dan ruangan tidak mencukupi, maka solusi lain adalah membeli yang baru. Dengan membeli furnitur baru, Anda bisa memastikan bahwa furnitur tersebut memiliki ukuran yang cocok dan pas.

5. Membangun hubungan baik dengan tetangga sekitar

Membangun hubungan baik dengan tetangga sekitar

Dengan menjalin hubungan sosial yang baik, maka akan terjalin juga hubungan timbal balik antara Anda dengan tetangga. (Foto: Freepik.com)

Walau tinggal di apartemen, namun hubungan sosial perlu dijalin dengan baik. Sebagai penghuni baru, mungkin ada baiknya bagi Anda untuk menyapa tetangga secara langsung. Memberi makanan atau souvenir menjadi pilihan bagus untuk memberi kesan baik kepada mereka.

Mengajak untuk makan malam bersama di dalam apartemen Anda juga pilihan bagus. Anda bisa menjalin komunikasi dua arah yang baik. Dengan menjalin hubungan sosial yang baik, maka akan terjalin juga hubungan timbal balik antara Anda dengan tetangga.

Sumber: Moving.com

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Antimainstream, Pengembang Ini Bayarkan Cicilan KPR Konsumen

RumahCom – Banyak strategi yang bisa dilakukan pengembang untuk menggenjot penjualan properti mereka di tengah pandemi Covid-19. Biasanya, diskon dan potongan biaya menjadi beberapa triknya. Ada jug

Lanjutkan membacaSeptember 1, 2020

9 Tanaman yang Bisa Tumbuh Dalam Ruangan

RumahCom - Hampir setiap hunian memiliki tanaman yang ditanam di luar ruangan seperti halaman rumah. Namun, tanaman yang berada di luar ruangan akan terpengaruh oleh cuaca seperti misalnya pada musim

Lanjutkan membacaSeptember 1, 2020

Cara Membuat Rumah Menjadi Lebih Personal

RumahCom - Di dalam hidup setiap orang tentu pernah merasa kehilangan arah dan tujuan. Padatnya aktivitas membuat Anda dan sebagian besar orang lainnya mungkin lupa menikmati hidup. Kewalahan akibat p

Lanjutkan membacaSeptember 1, 2020

Masukan