Kolaborasi Tenant dan Landlord Bisa Percepat Pemulihan Bisnis Mal

September 1, 2020

RumahCom – Sektor ritel merupakan salah satu bisnis yang paling terdampak dengan adanya pandemi Covid-19 seperti juga sektor properti lainnya. Penerapan strategi dan kolaborasi yang tepat antara mal dengan para peritelnya bisa membawa sektor ini kembali bangkit.

Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) oleh pemerintah untuk memutus penularan pandemi Covid-19 telah sangat memukul sektor ritel seperti pusat perbelanjaan (shopping center) maupun mal. Ditambah, kian beratnya sektor ini bahkan sejak beberapa tahun lalu sebelum adanya pandemi karena kesuliitan bersaing dengan pemain online (e-commerce).

Namun begitu bukannya sektor ini mengalami situasi sunset atau akan tergerus dan menghilang dari pasar. Sektor ritel khususnya di Indonesia masih menawarkan potensi yang sangat besar terlebih dengan perubahan lifestyle seperti pola bekerja, aktivitas hangout, dan lainnya yang didorong oleh generasi muda milenial.

Karena itu menurut Anton Sitorus, Director, Research Consultancy Savills Indonesia, sebuah perusahaan riset dan konsultansi properti, selain tetap harus berhati-hati untuk menjaga jarak (physical distancing), para pengecer (tenant) maupun landlord atau pemilik mal harus bisa menerapkan strategi dengan baik untuk kelangsungan bisnisnya.

“Secara global, sektor ini telah mengalami tekanan jauh sebelum ada pandemi dan harus bersaing dengan pemain online dan sejumlah besar brand yang telah meraih posisi kuat di pasar. Dengan lebih banyak lagi orang yang berbelanja online kemungkinan margin yang bisa dipangkas lebih besar lagi dan ini membuat produk yang dipasarkan bisa lebih murah dan semakin memperberat persaingan untuk sektor ritel,” ujarnya.

Manakah jenis properti yang cocok untuk kamu, Rumah atau Apartemen? Temukan jawabannya di video berikut ini, yuk!

Satu hal, pandemi Covid-19 sebenarnya mempercepat tren yang akan terus berkembang di sektor ini. Karena itu, landlord harus bisa merangkul dan berkolaborasi dengan para peritel atau tenant malnya untuk mempersiapkan segala sesuatu bisa berjalan kembali menjadi situasi normal baru di masa yang akan datang.

Di sisi lain, situasi ini belum pernah terjadi maupun bisa diperkirakann sebelumnya. Karena itu menciptakan sinergi yang baik antara landlord dan tenant menjadi strategi yang harus dijalankan. Segera terapkan inovasi dan terobosan untuk menjaga pengunjung mal tetap datang dan mengeluarkan uangnya untuk berbelanja.

Manfaatkan juga keuntungan perkembangan lifestyle yang membuat mal bukan lagi sekadar tempat berbelanja tapi juga tempat berkumpul, meeting point, hingga hang out. Perubahan tren seperti ini yang harus selalu menjadi perhatian dan diikuti dengan berbagai penerapan inovasi baru yang dihadirkan di dalam mal.

“Di Indonesia, konsep mal hanya sebagai tempat belanja tidak bisa diberlakukan lagi justru mal menjadi tempat keluarga untuk bersenang-senang hingga para pekerja profesional melakukan aktivitas bisnis. Lebih dari itu, mal tetap akan menjadi rumah kedua untuk masyarakat dan ini tetap tidak akan tergantikan dan ini menjadi dasar optimisme kalau sektor ini bisa melewati berbagai kendala termasuk pandemi dan akan kembali bangkit seperti situasi normalnya,” beber Anton.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Antimainstream, Pengembang Ini Bayarkan Cicilan KPR Konsumen

RumahCom – Banyak strategi yang bisa dilakukan pengembang untuk menggenjot penjualan properti mereka di tengah pandemi Covid-19. Biasanya, diskon dan potongan biaya menjadi beberapa triknya. Ada jug

Lanjutkan membacaSeptember 1, 2020

9 Tanaman yang Bisa Tumbuh Dalam Ruangan

RumahCom - Hampir setiap hunian memiliki tanaman yang ditanam di luar ruangan seperti halaman rumah. Namun, tanaman yang berada di luar ruangan akan terpengaruh oleh cuaca seperti misalnya pada musim

Lanjutkan membacaSeptember 1, 2020

Cara Membuat Rumah Menjadi Lebih Personal

RumahCom - Di dalam hidup setiap orang tentu pernah merasa kehilangan arah dan tujuan. Padatnya aktivitas membuat Anda dan sebagian besar orang lainnya mungkin lupa menikmati hidup. Kewalahan akibat p

Lanjutkan membacaSeptember 1, 2020

Ada Tim Reaksi Cepat Untuk Berikan Bantuan Rumah Yang Terkena Bencana

RumahCom – Kementerian PUPR akan membentuk Tim Reaksi Cepat untuk penanganan kebencanaan di bidang perumahan. Kementerian PUPR akan memberikan bantuan untuk setiap rumah yang rusak karena bencana al

Lanjutkan membacaSeptember 1, 2020

Masukan