Apartemen Low rise Bisa Jadi Solusi Hunian Milenial Perkotaan

September 2, 2020

RumahCom – Selama ini ada kesulitan untuk mengembangkan hunian vertikal untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dengan konsep low rise apartment bisa dihadirkan hunian murah dengan lokasi masih di sekitaran perkotaan.

Program KPR berubsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) yang dikeluarkan pemerintah sejak 10 tahun lalu cukup sukses memberikan akses kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Yang belum banyak diketahui, KPR FLPP ini juga bisa untuk membeli unit rusun atau apartemen dengan klasifikasi tertentu, hanya saja pada penerapannya hingga saat ini belum ada FLPP untuk membiayai apartemen dan kalangan pengembang juga segan untuk membangunnya.

Ada banyak kerumitan untuuk mengembangkan apartemen yang bisa masuk kriteria diberikan program pembiayaan bersubsidi. Kalangan pengembang juga kerap menyebut margin keuntungan yang didapat terlalu tipis sementara risiko yang ditanggung lebih besar karena pengembangan bangunan highrise ada begitu banyak yang harus diperhatikan termasuk perizinan yang lebih rumit dan akhirnya menyebabkan biaya-biaya juga lebih besar.

Karena itu menurut Ketua Umum Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) Endang Kawidjaja, solusi untuk permasalahan ini bisa dijembatani dengan mengembangkan bangunan level rendah (lowrise) mulai empat lantai sehingga dari sisi harga, pengembangan, maupun maintenance-nya nanti bisa lebih murah.

“Modelnya seperti ruko yang dijadikan hunian, empat lantai, per lantai hanya ada empat unit sehingga totalnya 16 unit, dan hanya dibuat tangga di dua sisi masing-masing lantai dengan toren air sendiri. Konsep seperti ini bisa jauh lebih murah dan konsumen juga lebih suka karena budayanya masih seperti landed house dibandingkan highrise,” ujarnya.

Manakah jenis properti yang cocok untuk kamu, Rumah atau Apartemen? Temukan jawabannya di video berikut ini, yuk!

Dengan dibuat konsep seperti ini. berbagai permasalahan yang terjadi saat mengembangkan maupun mengelola sebuah tower highrise bisa hilang. Biaya maintenance yang tinggi karena harus merawat lift, mechanical electrical (ME), sarana fasilitas sosial-umum (fasos-fasum), dan sebagainya menjadi jauh lebih rendah.

Penghuni hunian dengan model low rise seperti ini hanya membayar biaya keamanan dan kebersihan yang besarannya bisa sama seperti landed house. Untuk pembentukan persatuan kepenghunian (P3SRS) juga menjadi lebih simpel sementara untuk status kepemilikan unit low rise ini bisa disamakan seperti apartemen biasa yaitu kepemilikan dengan strata title.

Bila program rumah bersubsidi seperti saat ini dengan pengembangan landed house, lokasinya akan terus semakin jauh karena kenaikan harga lahan. Untuk membangun rumah bersubsidi, pengembang harus mendapatkan harga tanah sekitar Rp250 ribu/m2 sehingga bisa menjual di bawah Rp200 juta.

“Dengan konsep low rise ini harga tanah Rp2 juta/m2 masih masuk sehingga lokasi perumahan juga bisa di pinggiran Jakarta seperti Pamulang, Depok, Bekasi, Bogor, atau lokasi-lokasi lain yang dekat dengan pusat kegiatan penghuninya. Kebutuhan hunian untuk milenial perkotaan bisa terpenuhi dan skema seperti ini bisa menggunakan program FLPP untuk yang bergaji di bawah Rp8 juta,” beber Endang.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Jenis-Jenis Lampu yang Umum Digunakan di Rumah

RumahCom - Lampu menjadi salah satu aspek penting dalam suatu hunian. Saat malam tiba atau kondisi ruangan gelap, pencahayaan dari lampu sangat membantu untuk melakukan berbagai aktivitas di dalam rum

Lanjutkan membacaSeptember 2, 2020

Menurut Feng Shui Warna Kuning dan Emas Bagus untuk Rumah

RumahCom - Berdasarkan feng shui, rumah dengan desain warna yang didominasi oleh kuning dan emas dianggap baik. Kedua warna tersebut bisa dianggap ekspresi dari energi vital matahari yang memberi caha

Lanjutkan membacaSeptember 2, 2020

Membuat Rumah Tampak Mewah Tanpa Biaya Mahal

RumahCom - Menjadikan rumah menjadi tampak mewah bukanlah perkara yang sulit, Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah jadi lebih mewah dan elegan.Melihat para selebriti atau orang

Lanjutkan membacaSeptember 2, 2020

Kelebihan dan Kekurangan Membangun Kolam Renang di Rumah

RumahCom - Keberadaan kolam renang di rumah tentu akan sangat menyenangkan, namun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam membangun kolam renang mulai dari biaya pembangunan hingga keamanann

Lanjutkan membacaSeptember 2, 2020

Langkah Aman Di Rumah yang Harus Diajarkan Pada Anak-anak

RumahCom - Keselamatan tidak hanya berlaku di luar rumah saja, bahkan di dalam rumah sekalipun yang dinilai menjadi tempat teraman tentu tetap harus memiliki tindakan keselamatan.Sebagai orang tua yan

Lanjutkan membacaSeptember 2, 2020

Masukan