Pemerintah Upayakan Sinkronisasi Program Pembangunan Pusat-Daerah

September 2, 2020

RumahCom – Kementerian ATR/BPN menjadi salah satu instantsi penting untuk mewujudkan koordinasi dan sinkronisasi pembangunan pusat-daerah di era otonomi. Proses pembangunan kerap terkendala karena kurangnya koordinasi antar instansi.

Di era otonomi daerah saat ini, sinkronisasi maupun koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah sangat penting bisa terjalin dengan baik. Berbagai program pembangunan kerap tidak berjalan ataupun ada begitu banyak kendala saat pelaksanaan proyek karena kurangnya koordinasi.

Terkait koordinasi dan sinkronisasi ini, menjadi bagian penting yang selalu disampaikan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) ke berbagai jajaran bawahnya di berbagai daerah termasuk melakukan koordinasi dengan berbagai pemerintah daerah.

Menurut Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra, setiap kunjungan ke daerah pihaknya terus membangun komunikasi mendalam dengan pemerintah daerah setempat baik dengan bupati, kepala daerah, maupun gubernur. Hal tersebut sangat penting karena ada banyak tugas yang harus diturunkan dengan proses kerja yang sangat detil dan khusus.

“Koordinasi ini merupakan bagian dari sinkronisasi program pemerintah pusat dengan daerah. Pembangunan yang diinisiasi pemerintah pusat ini harus klop dengan harapan maupun aspirasi daerah dan memastikan yang kita kerjakan memang bermanfaat untuk masyarakat, jadi bukan sekadar kita merencanakan tapi tidak berdampak langsung untuk masyarakat,” katanya

Pemerintah pusat, memiliki banyak rencana untuk mengembanngkan kawasan strategis nasional di berbagai daerah dan untuk itu banyak hal yang harus dikoordinasikan supaya setiap program bisa berjalan dengan baik. Termasuk mengenai berbagai tantangan pelaksaan reforma agraria.

Selama ini pola pembangunan yang dilaksanakan relatif mudah untuk menemukan subyek tapi mengalami kesulitan saat membutuhkan tanah untuk pengembangan proyek terlebih di Pulau Jawa yang tanahnya semakin terbatas. Hal ini juga perlu ditata supaya pemanfaatan ruang bisa dilakukan dengan lebih efektif.

Sebelum membeli tanah, sebaiknya Anda cek dulu legalitas atau keabsahan tanah tersebut. Caranya? simak penjelasan di video berikut ini.

Berbagai cara juga harus dilakukan dengan lebih kreatif, misalnya untuk wilayah dengan lahan yang sudah terbatas, bagaimana menatanya supaya lebih efektif, seperti apa pemanfataan yang paling tepat, kalau tidak memungkinkan bagaimana mencari alternatifnya, bagaimana proses pemindahan, dan sebagainya.

Termasuk pola-pola bila harus bekerja sama dengan perusahaan ataupun pihak swasta dan apapun yang dilakukan semuanya harus bisa bermanfaat langsung untuk masyarakat.  Program reforma agraria juga harus memunculkan solusi permasalahan agraria yang kerap muncul di tengah masyarakat.

“Kami di Kementerian ATR/BPN tentu berkewajiban untuk mencari model-model solusinya seperti apa. Dengan begitu kami bisa melakukan koordinasi lintas kementerian maupun lintas sektor dengan lebih baik. Misalnya di Jawa Timur ada program Jatim Akses untuk menggabungkan daerah-daerah yang memungkinkan terakses dengan sentra-sentra pasar dan perbankan, koneksitas ini bisa dilakukan dengan pengembangan infrastruktur,” beber Surya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Menurut Feng Shui Warna Kuning dan Emas Bagus untuk Rumah

RumahCom - Berdasarkan feng shui, rumah dengan desain warna yang didominasi oleh kuning dan emas dianggap baik. Kedua warna tersebut bisa dianggap ekspresi dari energi vital matahari yang memberi caha

Lanjutkan membacaSeptember 2, 2020

Peralatan Rumah yang Dapat Digunakan Kembali

RumahCom - Sejak diterapkannya kampanye ramah lingkungan, semua orang saat ini mencari cara agar mengurangi pembuangan limbah. Hal ini dilakukan demi hidup yang lebih baik dan efisien serta lingkungan

Lanjutkan membacaSeptember 2, 2020

Langkah Aman Di Rumah yang Harus Diajarkan Pada Anak-anak

RumahCom - Keselamatan tidak hanya berlaku di luar rumah saja, bahkan di dalam rumah sekalipun yang dinilai menjadi tempat teraman tentu tetap harus memiliki tindakan keselamatan.Sebagai orang tua yan

Lanjutkan membacaSeptember 2, 2020

Apartemen Low rise Bisa Jadi Solusi Hunian Milenial Perkotaan

RumahCom – Selama ini ada kesulitan untuk mengembangkan hunian vertikal untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dengan konsep low rise apartment bisa dihadirkan hunian murah dengan lokasi masi

Lanjutkan membacaSeptember 2, 2020

Mau Rumah Lebih Sehat, Pastikan Cross Ventilation

RumahCom – Desain rumah sangat penting untuk menunjang seluruh penghuni menjadi lebih sehat khususnya pada masa pandemi Covid-19. Sirkulasi udara yang baik menjadi hal esensial untuk membuat rumah m

Lanjutkan membacaSeptember 2, 2020

Masukan