Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) yang Bikin Rumah Nyaman dan Menyenangkan

Wahyu ArdiyantoSeptember 5, 2020

Teknologi kecerdasan buatan (AI) bikin rumah nyaman dan menyenangkan

RumahCom Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan tengah marah dikembangkan saat ini. Teknologi tersebut sudah banyak bermunculan di berbagai macam teknologi. Mulai dari transportasi, alat komunikasi, dan bahkan robot yang disematkan AI kini tengah dikembangkan.

Teknologi kecerdasan buatan ini merupakan bentuk simulasi kecerdasan manusia yang diproyeksikan pada sebuat alat atau mesin. Tujuannya tentu untuk mengembangkan teknologi yang memiliki kecerdasan setara manusia.

Walau kerap menjadi pro kontra, namun AI jelas-jelas bisa mempermudah semua kegiatan manusia, bahkan di rumah.

1. AI membuat dapur menjadi setara restoran mahal

AI membuat dapur menjadi setara restoran mahal

AI seperti ini mampu membuat makanan berdasarkan resep yang Anda masukkan. (Foto: Interestingengineering.com)

Kecerdasan buatan tentu membuat dapur menjadi lebih menyenangkan serta mempermudah aktivitas Anda. Sebagai asisten kerja, AI akan membuat makanan yang biasa Anda makan atau yang sedang diinginkan. Namun Anda harus mempersonalisasi teknologi AI tersebut agar sesuai dengan harapan.

AI tersebut mampu membuat makanan berdasarkan resep yang Anda masukkan. Bahkan di masa mendatang, mereka mampu membuat makanan berdasarkan foto yang Anda berikan saja. Hal ini tentu mempermudah aktivitas Anda selama di dapur dan tampak lebih menyenangkan.

2. Cara menikmati hiburan di rumah akan berbeda

Cara menikmati hiburan di rumah akan berbeda

Layanan hiburan juga sudah menyediakan VR (virtual reality) yang ketika disandingkan dengan AI akan membuat pengalaman Anda jauh lebih menyenangkan. (Foto: Freepik.com)

Menikmati hiburan tentu bisa Anda lakukan dengan menonton tv bersama keluarga di rumah. Pengalaman menikmati hiburan tersebut nantinya akan jauh lebih berbeda dengan kehadiran kecerdasan buatan. Teknologi ini nantinya akan disematkan pada perangkat hiburan Anda.

Siri, Google Assistant, Cortana, dan Alexa mungkin menjadi teknologi yang paling sering Anda jumpai. Mereka membantu Anda dalam kegiatan menikmati tontonan. Mulai dari mengatur volume, kecerahan, hingga rekomendasi tontonan.

Layanan hiburan juga sudah menyediakan VR (virtual reality) yang ketika disandingkan dengan AI akan membuat pengalaman Anda jauh lebih menyenangkan.

3. Bermain game jauh lebih menyenangkan

Bermain game jauh lebih menyenangkan

Jika biasanya Anda harus bersusah payah untuk menyesuaikan diri dengan game baru, maka dengan adanya AI game tersebut akan menyesuaikan dengan gameplay Anda. (Foto: Freepik.com)

Jika Anda menyukai bermain game, mungkin perkembangan industri ini serta penggunaan kecerdasan buatan akan sangat menyenangkan. Para developer game saat ini mulai mengembangkan teknologi permainan yang bisa disematkan sebuah kecerdasan buatan.

Hal ini akan membuat pengalaman permainan yang lebih realistis walah dalam genre game fantasi sekalipun. Selain membuat game menjadi realistis, teknologi AI bisa berpengaruh pada gaya permainan Anda.

Jika biasanya Anda harus bersusah payah untuk menyesuaikan diri dengan game baru, maka dengan adanya AI game tersebut akan menyesuaikan dengan gameplay Anda. Hal ini tentu membuat pengalaman bermain Anda menjadi jauh lebih menyenangkan dari biasanya.

4. Meningkatkan kesehatan dan kebugaran di rumah

Meningkatkan kesehatan dan kebugaran di rumah

Kehadiran AI di rumah untuk menunjang aktivitas kebugaran Anda, tentu sangat bermanfaat. (Foto: Interestingengineering.com)

Menjaga kesehatan dan kebugaran di rumah tentu menjadi hal yang penting. Tujuannya agar tubuh memiliki imunitas yang tinggi dan terbebas dari penyakit. Dengan adanya AI, Anda akan mengetahui secara langsung kondisi tubuh, dan kegiatan apa yang cocok untuk dilakukan.

Kegiatan yang direkomendasikan tentu sesuai dengan kebutuhan tubuh dan menghindarkan Anda dari risiko cedera. Kehadiran AI di rumah untuk menunjang aktivitas kebugaran Anda, tentu sangat bermanfaat.

Kegiatan yang Anda lakukan sesuai dengan kebutuhan serta diberikan jadwal harian. Anda juga bisa mempersonalisasi jadwalnya, sehingga AI akan menyesuaikan kegiatan dengan jadwal ada.

5. Rumah menjadi lebih ramah lingkungan

Rumah menjadi lebih ramah lingkungan

AI akan melakukan pengawasan pada penggunaan energi Anda dan memberitahu jika ada pemborosan penggunaan energi. (Foto: Freepik.com)

Kecerdasan buatan di dalam rumah tidak hanya sebatas mempermudah aktivitas Anda di rumah. Lebih dari itu, teknologi ini mampu membuat rumah Anda menjadi lebih ramah lingkungan.

Hal ini tentu menjadi solusi bagi siapa saja yang menggunakan energi secara tidak tepat di rumah. Hasilnya penggunaan energi yang boros berpengaruh pada kelestarian lingkungan. AI akan melakukan pengawasan pada penggunaan energi Anda dan memberitahu jika ada pemborosan penggunaan energi.

Sumber: Interestingengineering.com

Mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pemerintah Upayakan Sinkronisasi Program Pembangunan Pusat-Daerah

RumahCom – Kementerian ATR/BPN menjadi salah satu instantsi penting untuk mewujudkan koordinasi dan sinkronisasi pembangunan pusat-daerah di era otonomi. Proses pembangunan kerap terkendala karena k

Lanjutkan membacaSeptember 2, 2020

Bisnis Properti Singapura Tetap Kuat Berkat Orang Indonesia

RumahCom – Bisnis properti di Singapura masih tergolong tangguh. Salah satu faktornya adalah orang Indonesia. Mengapa bisa?Warga Indonesia termasuk orang asing yang berperan penting menggerakkan pas

Lanjutkan membacaSeptember 2, 2020

Kini Konsumen Pertimbangkan Peran Manajemen Properti

RumahCom – Konsumen semakin merasa manajemen properti perlu hadir saat ini karena kondisi pandemi Covid-19.Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto menyatakan, hal in

Lanjutkan membacaSeptember 2, 2020

Masukan