Tips Membeli Sofa Terbaik

Wahyu ArdiyantoSeptember 5, 2020

Tips membeli sofa terbaik

RumahCom – Sofa merupakan salah satu furnitur utama yang harus Anda miliki. Selain tahan lama hingga beberapa tahun, sofa bisa mempercantik interior rumah Anda. Biasanya setiap orang akan membeli sofa berdasarkan preferensi pribadi atau bahkan rekomendasi dari orang lain.

Namun Anda tidak boleh memilih sofa tanpa mempertimbangkan kualitas, kenyamanan, dan fitur yang ditawarkan. Furnitur ini berperan menjadi bagian utama dari sebuah rumah. Ini karena biasanya sofa ditempatkan di ruang tamu, ruang santai, ruang keluarga, dan beberapa ruangan lainnya.

Beberapa sofa bahkan memiliki keunggulan yang multifungsi karena bisa dijadikan tempat tidur. Lalu bagaimana caranya memilih sofa yang terbaik untuk Anda?

1. Sesuaikan dengan rumah dan kenyamanan

Tidak ada gunanya membeli sofa yang tidak sesuai dengan kondisi rumah. Ukuran yang terlalu besar atau kecil tentu memberi pengaruh yang signifikan pada kepuasan pengguna. Oleh karena itu sebelum membeli sofa, pastikan Anda mengetahui ukuran yang benar-benar sesuai dengan rumah.

Kemudian Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal lain. Misalnya apakah Anda merasa nyaman dengan sofa berkaki pendek atau panjang. Kemudian Anda juga harus mengetahui kedalaman dudukan sofa. Apakah Anda menyukai yang dudukan yang dangkal atau cukup dalam.

2. Pelajari rangka sofa

Bantalan pada sofa mungkin bisa diperbaiki atau diganti jika mengalami kerusakan. Namun apabila Anda membutuhkan sofa untuk jangka waktu panjang, maka kerangka sofa yang kuat dan kokoh wajib Anda pilih. Hal ini biasanya sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Sofa dengan harga murah biasanya memiliki kerangka yang berbahan plastik atau logam. Namun sofa yang mahal berbahan kayu yang kokoh dan tahan lama.

3. Tanyakan metode pembuatan sofa tersebut

Kualitas sofa ternyata tidak hanya berdasarkan kualitas bahan saja, namun proses pembuatan sofa memberi pengaruh juga. Proses penyatuan bingkai akan berpengaruh pada tingkat kekokohan sofa dan seberapa lama daya tahannya.

Oleh karena itu jangan pernah membeli sofa yang dirangkai hanya dengan staples, paku, atau lem. Rangkaian tersebut kurang tahan lama, namun jika dijadikan sebagai penguat saja tentu menjadi hal yang baik. Beli sofa yang dirangkai dan digabungkan dengan pasak kayu, balok kayu, sekrup, hingga braket logam.

4. Lakukan pengujian sederhana

Umumnya, sofa akan mengalami kerusakan pada bagian samping atau lengan sofa. Bagian ini sering dijadikan sandaran sehingga beban yang diterima cukup banyak. Akibatnya, lengan sofa akan cukup goyah dan semakin lama akan patah bahkan rusak.

Untuk memastikan Anda membeli sofa yang kokoh, lakukan pengujian sederhana saat membelinya. Perhatikan lengan sofa yang ingin Anda beli kemudian coba untuk goyangkan secara perlahan-lahan hingga cukup kuat. Jika dalam pengujian sofa tersebut tidak kokoh maka sebaiknya beralihlah ke sofa yang lain.

5. Pilih warna yang diinginkan

Warna pada sofa tentu menjadi pertimbangan penting saat akan membelinya. Anda juga bisa membeli sofa sesuai dengan warna yang diinginkan. Hal ini tentu berdampak bagi pada kenyamanan saat menggunakan sofa di rumah. Selain itu warna yang menjadi pilihan Anda tentu membuat rumah menjadi tampak lebih personal.

Namun jika kesulitan memilih warna untuk sofa, maka Anda bisa mempertimbangkannya dari beberapa sisi. Misalnya warna putih akan membuat sofa cepat kotor, atau beberapa warna lain yang akan tampak kusam setelah lama digunakan. Setelah mengetahui pertimbangan tersebut maka Anda bisa memilih warna yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Sumber: Thespruce.com

Mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pemerintah Upayakan Sinkronisasi Program Pembangunan Pusat-Daerah

RumahCom – Kementerian ATR/BPN menjadi salah satu instantsi penting untuk mewujudkan koordinasi dan sinkronisasi pembangunan pusat-daerah di era otonomi. Proses pembangunan kerap terkendala karena k

Lanjutkan membacaSeptember 2, 2020

Bisnis Properti Singapura Tetap Kuat Berkat Orang Indonesia

RumahCom – Bisnis properti di Singapura masih tergolong tangguh. Salah satu faktornya adalah orang Indonesia. Mengapa bisa?Warga Indonesia termasuk orang asing yang berperan penting menggerakkan pas

Lanjutkan membacaSeptember 2, 2020

Kini Konsumen Pertimbangkan Peran Manajemen Properti

RumahCom – Konsumen semakin merasa manajemen properti perlu hadir saat ini karena kondisi pandemi Covid-19.Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto menyatakan, hal in

Lanjutkan membacaSeptember 2, 2020

Masukan