Tips Membangun Rumah Hemat Energi

Boy LeonardSeptember 3, 2020

Tips Membangun Rumah Hemat Energi

RumahCom – Efisiensi energi di rumah bertujuan untuk mengurangi penggunaan energi yang tidak dapat diperbaharui serta sebagai upaya untuk melestarikan lingkungan.

Efisiensi energi bukan lagi sebuah kampanye atau kata-kata yang menyentuh hati. Namun dalam berbagai aspek, kegiatan harus selalu dilakukan, termasuk dalam membangun sebuah rumah atau hunian. Rumah yang dibangun berdasarkan konsep hemat energi akan menguntungkan banyak pihak. Penghuni yang mendapatkan hunian yang nyaman dan murah, serta kelestarian lingkungan yang selalu terjaga.

Anda juga perlu menyadari, bahwa semakin tahun ketersediaan energi semakin berkurang. Hal ini membuat harga dari pemakaian energi di rumah akan semakin mahal nantinya. Sementara alternatif pengganti untuk energi yang biasa Anda gunakan belum sepenuhnya ditemukan. Oleh karena itu sejak dini rumah harus dibangun untuk mendukung efisiensi penggunaan energi nantinya.

Berikut ini adalah tips membangun rumah yang hemat energi:

Orientasi bangunan

Pada saat membangun bahkan mendesain rumah, Anda harus tahu bagaimana orientasi bangunannya. Apakah rumah Anda nantinya akan memiliki 2 lantai, halaman yang luas, ruang kamar yang banyak, memiliki basement, dan banyak pertimbangan lainnya. Orientasi bangunan tersebut tentu sangat berpengaruh pada penggunaan energi nantinya.

Orientasi bangunan juga harus disesuaikan dengan kondisi di sekitar tempat Anda akan membangun rumah. Misalnya menentukan arah mata angin akan berpengaruh pada pencahayaan dan arah angin saat pergantian musim. Dengan demikian Anda akan tahu bagaimana strategi efisiensi penggunaan energi setiap musimnya.

Menanam pepohonan

Tips berikutnya dalam merencanakan pembangunan rumah hemat energi adalah menanam pohon. Merekayasa lanskap sekitar rumah Anda bisa berpengaruh pada penggunaan energi rumah. Pohon yang rindang bisa menjadi naungan bagi rumah saat musim panas tiba. Hal ini akan membuat rumah Anda menjadi tidak terlalu panas sehingga mengurangi penggunaan AC.

Namun Anda harus mempertimbangkan jarak pohon dengan rumah. Walau sebagai kanopi, pohon tidak boleh bergesekan langsung dengan rumah. Anda harus melakukan pemangkasan secara rutin sehingga dahan-dahan pohon tidak mengenai rumah. Anda juga harus mengantisipasi jika pohon tumbang dan mengenai rumah, hal ini tentu cukup berbahaya. Jadi upayakan pohon ditanam dalam jarak yang aman dari rumah Anda.

Ventilasi udara

Saat membangun rumah Anda harus memastikan bahwa ventilasi udara terpasang dengan baik. Tujuan ventilasi udara sebagai saluran sirkulasi untuk mengganti udara di dalam rumah. Dengan sirkulasi udara yang baik maka udara di dalam rumah akan selalu terasa lebih segar.

Selain sebagai sirkulasi udara, ventilasi bisa dimanfaatkan untuk penghematan energi rumah. Penggunaan AC dalam jangka waktu yang lama tentu tidak baik, salah satu alternatif yang bisa digunakan tentu saja ventilasi. Jika pemasangan ventilasi udara tepat, maka Anda bisa mendapatkan udara segar sepanjang hari tanpa harus bergantung pada AC.

Menggunakan panel surya

Sinar matahari di negara Indonesia sangat berlimpah. Oleh karena itu menggunakan panel surya sebagai sumber tenaga listrik utama menjadi pilihan terbaik dalam menciptakan rumah yang hemat energi. Panel surya mampu menghasilkan tenaga listrik sesuai dengan kebutuhan rumah. Oleh karena itu Anda bisa berhenti bergantung pada sumber daya yang sulit diperbaharui.

Monitor penggunaan energi

Patut disadari bahwa kita tidak bisa melepaskan diri dari penggunaan energi. Salah satu cara untuk memastikan efisiensi energi di rumah adalah dengan monitor energi. Alat ini memberitahu penggunaan energi di setiap benda atau unit di dalam rumah. Jika alat tersebut melebihi batas penggunaan energi, maka Anda bisa menghentikan penggunaannya dengan segera.

Sumber: Interestingengineering.com

Foto utama: Pexels.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Atur Mindset Untuk Membuat Rumah Mungil Menjadi Nyaman

RumahCom – Supaya nyaman rumah interior rumah perlu ditata dengan baik dan rumah kompak dengan luasan terbatas memiliki tantangan tersendiri untuk menatanya. Ada kaitan erat antara pola pikir dengan

Lanjutkan membacaMaret 26, 2020

Musim Hujan Sudah Tiba, Ini yang Harus Dipersiapkan di Rumah

RumahCom - Memasuki musim hujan rumah tentu harus dipersiapkan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.Belakangan ini cuaca sudah mulai lembab dan hujan mulai sering turun, walau pada siang h

Lanjutkan membacaJuli 23, 2020

4 Alat Canggih Yang Bikin Mencuci Lebih Menyenangkan

RumahCom - Mesin cuci menjadi alat yang wajib ada di rumah. Selain mampu mencuci dalam jumlah besar, mesin cuci masa kini yang berteknologi tinggi bahkan mampu mencuci pakaian yang banyak dalam waktu

Lanjutkan membacaJuli 31, 2020

Masukan