Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran Segera Beroperasi, Ini Dampaknya Untuk Wilayah Jabodetabek

September 4, 2020

RumahCom – Kementerian PUPR terus mengebut pekerjaan proyek infrastruktur jalan tol. Salah satu ruas yang akan segera beroperasi yaitu tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran yang membuat kawasan Jabodetabek semakin mudah dan lancar aksesibilitasnya.

Proyek infrastruktur jalan merupakan salah satu yang terus dikebut pengerjaannya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Aksesibilitas yang semakin baik akan bisa mengurai kepadatan lalu lintas, memperpendek waktu tempuh, hingga mengurangi biaya logistik.

Salah satu proyek jalan tol yang pengerjaannya terus dikebut yaitu jalan tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sepanjang 14,19 km dan saat ini progresnya telah mencapai 86,46 persen. Proyek jalan tol ini dikebut pengerjaannya untuk meningkatkan perekonomian yang melemah karena pandemi Covid-19 dan guna mendukung jalur logistik utama kawasan megapolitan Jabodetabek.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan pentingnya kehadiran jalan tol yang saling terhubung dengan kawasan-kawasan produktif sehingga bisa mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit, jalan tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran ini merupakan salah satu bagian dari enam ruas jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II. Jalan tol ini bisa mendukung konektivitas kawasan Jabodetabek dan mengurangi beban lalu lintas di jalan tol JORR I yang saat ini sudah sangat padat.

“Jalan tol JORR II ini nantinya juga bisa menjadi jalan distribusi logistik dari dan ke kawasan industri sekitar ibukota seperti Banten. Terbagi menjadi enam ruas di Cengkareng-Batuceper-Kunciran, Kunciran-Serpong (11,4 km), Serpong-Cinere (10,14 km), Cinere-Jagorawi (14,64 km), Cimanggis-Cibitung (25,39 km), Cibitung-Cilincing (34,02 km),” ujarnya.

Agar mobilitas setiap hari berjalan lancar, mencari hunian dekat stasiun menjadi pilihan terbaik. Simak tipsnya pada video berikut ini.

Sementara itu jalan tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sendiri terbagi ke dalam empat seksi. Yang pertama seksi I Kunciran-Tirtayasa (2,04 km), seksi II Tirtayasa-Benteng Betawi (3,52 km), seksi III Benteng Betawi-H. Sastranegara (6,57 km), dan seksi IV H. Sastranegara-SS Benda (2,06 km)

Jalan tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran ini akan dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dan ditargetkan bisa selesai pekerjaan konstruksinya pada akhir tahun 2020 ini. Jalan tol ini juga akan menjadi alternatif menuju ke Bandara Internasional Soekarno Hatta dan wilayah sekitarnya.

“Selanjutnya jalan tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran ini juga akan tersambung dengan jalan tol Serpong-Cinere yang juga akan selesai pekerjaan konstruksinya pada akhir tahun 2020 ini. Jalan tol ini akan terhubung dengan jalan tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi sejak akhir tahun 2019 lalu sehingga konektivitas maupun aksesibilitas di wilayah ini akan lebih lancar,” beber Danang.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Berikut Ini Kegiatan Menyenangkan yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga Di Rumah

RumahCom - Walau berada di rumah, ada banyak kegiatan menyenangkan yang bisa Anda lakukan bersama keluarga.Berkumpul bersama keluarga memang menjadi momen yang paling ditunggu. Setelah menjalani aktiv

Lanjutkan membacaSeptember 4, 2020

8 Hewan Peliharaan yang Bisa Dipelihara oleh Anak

RumahCom - Sebagai orang tua, perlu banyak pertimbangan untuk memilih hewan peliharaan yang cocok untuk anak. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan mulai dari ukuran hewan, cara merawat, hingga memast

Lanjutkan membacaSeptember 4, 2020

Alasan Mengapa Memelihara Hewan di Rumah

RumahCom - Memelihara hewan di rumah memang memberi banyak manfaat bagi setiap orang, Mulai dari teman bermain anak, untuk penghilang stres, bahkan ada yang menyebutkan bahwa memelihara hewan bisa men

Lanjutkan membacaSeptember 4, 2020

Tanaman Buah yang Bisa Ditanam di Rumah

RumahCom - Memiliki tanaman yang berbuah di halaman rumah tentu sangat menyenangkan. Saat panen tiba, Anda bisa menikmati buah-buahan tersebut. Bisa dimakan langsung, dijadikan rujak, jadi salad, jus,

Lanjutkan membacaSeptember 4, 2020

Nikmati Mobilitas Lebih Besar Dengan Aplikasi AgentNet Baru

Kami sedang dalam perjalanan untuk membantu Anda menjalankan bisnis dengan lebih efisien. Tersedia secara bertahap dari sekarang hingga beberapa minggu ke depan, lebih banyak rekan agen akan dapat men

Lanjutkan membacaSeptember 4, 2020

Masukan