Berbagai Alternatif Beton Ramah Lingkungan untuk Bangunan

September 7, 2020

RumahCom – Beton ramah lingkungan saat ini sudah banyak dicari. Industri beton sudah menyadari bahwa beton ramah lingkungan baik untuk kelestarian lingkungan dan menjaga alam dari lebih banyak kerusakan yang akan muncul.

Beton merupakan salah satu bahan bangunan yang berbahan dasar campuran dari semen, kerikil, pasir, dan air. Dengan sekitar 10 miliar ton beton yang diproduksi setiap tahun membuat beton menjadi bahan bangunan yang paling banyak digunakan di dunia.

Selain itu, beton juga merupakan bahan bangunan yang paling banyak digunakan di dunia untuk konstruksi mulai dari jembatan hingga bangunan besar. Dengan demikian beton menjadi fondasi infrastruktur yang cukup kuat. Lebih dari 70% populasi dunia hidup dalam bangunan beton.

Mengapa beton menjadi pilihan bagi siapa saja sebagai bahan bangunan? Hal ini dikarenakan beton memiliki keawetan dan kekuatan dalam pembangunan infrastruktur seperti bangunan trotoar, pipa pelat lantai, balok, dan pilar. Selain terlepas dari produksi dan konsumsi yang besar-besaran bagi beton di seluruh dunia, ada banyak spekulasi yang menunjukkan fakta bahwa beton menjadi kontributor yang aktif untuk emisi gas rumah kaca.

Hal ini mengingat adanya fenomena pemanasan global yang membuat konstruksi dan industri lainnya harus melakukan revolusi hijau. Dengan kata lain industri perlu mengadopsi dan memperkenalkan bahan yang ramah lingkungan. Tujuannya tentu untuk menyelamatkan lingkungan serta mengantisipasi pemanasan global yang lebih parah lagi.

Industri beton untungnya telah menemukan beberapa alternatif yang berkelanjutan dan ramah lingkungan yakni sebagai berikut.

Beton Hijau

Beton hijau menjadi salah satu bentuk beton ramah lingkungan yang dibuat dengan menggunakan limbah atau yang berasal dari bahan sisa industri. Selain itu, beton membutuhkan lebih sedikit energi untuk produksinya. Dibandingkan dengan beton tradisional, beton ini menghasilkan lebih sedikit karbondioksida dan dianggap lebih murah dan tahan lama.

Tujuan penggunaan beton hijau adalah untuk mengurangi beban sumber daya alam dan meningkatkan ketergantungan pada bahan yang dapat didaur ulang. Dari berbagai strategi yang digunakan untuk mencapai keberlanjutan melalui beton ramah lingkungan.

Penggantian sebagian dari semen yang menghabiskan energi dengan bahan yang dapat digunakan kembali adalah salah satu strategi terbaik. Hal ini dapat digunakan untuk mencapai bahan konstruksi yang ramah lingkungan misalnya seperti semen biasa yang diganti dengan fly ash, silica fume, wood ash, dan lain-lain.

Notaris selalu ada dalam setiap transaksi properti ataupun mengurus hal-hal terkait properti. Simak video berikut untuk mengenal Akta Notaris lebih lanjut.

Ashcrete

Ashcrete adalah salah satu bahan bangunan yang menggunakan abu untuk menggantikan semen tradisional. Bahan bangunan satu ini sekarang juga bisa digunakan untuk pembuatan beton hijau. Ashcrete bahan bangunan ini dicampur dengan kapur dan air agar kuat dan tahan lama, hampir mirip dengan semen konvensional.

Penggunaan bahan bangunan satu ini bisa menjadi alternatif yang ramah lingkungan karena dapat menggantikan semen yang pada akhirnya dapat menurunkan emisi karbon. Selain itu, 25% semennya dapat diganti dengan beton fly ash bervolume tinggi.

Manfaat lain dari fly ash adalah berkurangnya meningkatkan kekuatan beton dan mengurangi penyusutan jika dibandingkan dengan beton tradisional. Selain ramah lingkungan, fly ash juga membuat beton tahan terhadap reaktivitas alkali silica.

Blast Furnace Slag

Sama seperti ashcrete, bahan ini ini menjadi produk sampingan yang dapat di daur ulang dan digunakan untuk membuat alternatif beton yang ramah lingkungan. Material ini dapat menggantikan sekitar 70% sampai 80% semen dan meningkatkan ketahanan beton. Keuntungan lain dari blast furnace slag adalah proses produksi yang mengeluarkan lebih sedikit emisi gas karbon.

Sumber: Specifyconcrete.org

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pilihan Desain Kamar Mandi Modern dan Tampak Mewah

RumahCom - Desain kamar mandi modern selain memberi kesan mewah, desain ini mampu memberi kenyamanan saat digunakan.Pilihan model dan desain kamar mandi modern ternyata mampu meningkatkan kesan mewah

Lanjutkan membacaSeptember 5, 2020

Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) yang Bikin Rumah Nyaman dan Menyenangkan

RumahCom - Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan tengah marah dikembangkan saat ini. Teknologi tersebut sudah banyak bermunculan di berbagai macam teknologi. Mulai dari transportasi, ala

Lanjutkan membacaSeptember 5, 2020

Tips Membeli Sofa Terbaik

RumahCom - Sofa merupakan salah satu furnitur utama yang harus Anda miliki. Selain tahan lama hingga beberapa tahun, sofa bisa mempercantik interior rumah Anda. Biasanya setiap orang akan membeli sofa

Lanjutkan membacaSeptember 5, 2020

Arsitektur Jengki, Desain Interior dan Eksterior Karya Asli Indonesia

RumahCom - Mungkin Anda baru pertama kali mendengar istilah arsitektur jengki. Walau berasal dari Indonesia, namun semua orang ternyata belum familiar dengan istilah ini. Padahal gaya arsitektur ini s

Lanjutkan membacaSeptember 5, 2020

Investor Properti di Asia Pasifik Tetapkan Hong Kong Sebagai Titik Harapan Terendah

RumahCom – Sejumlah investor bisnis properti global berpandangan, Hong Kong menjadi titik pesimistis paling dalam di antara sejumlah lokasi utama di Asia Pasifik dalam pandangan. Wilayah khusus Tion

Lanjutkan membacaSeptember 4, 2020

Masukan