Membangun Pilar yang Sesuai dengan Desain Rumah

September 7, 2020

RumahCom – Pilar memiliki fungsi sebagai penyangga rumah sekaligus menambah estetik sebuah rumah. Membangun pilar yang baik tentu harus selaras dengan desain dan penempatan yang diinginkan.

Keberadaan pilar pada rumah akan menambah kesan mewah dan megah bagi mereka yang melihatnya. Eksterior depan rumah Anda tentu akan mendapatkan sebuah nilai yang baik dari orang-orang di sekitar. Memasang sepasang pilar saja, bisa mengubah tampilan dan kesan rumah secara signifikan. Hal ini yang membuat beberapa orang sangat ingin menggunakan pilar pada bagian depan rumah mereka.

Pilar sejatinya memiliki fungsi yang sangat kompleks.Jika dipasang dengan benar, pilar bisa menghasilkan visual berbeda dari sebelumnya. Namun terlepas dari, pilar ternyata memiliki fungsi yang cukup penting. Pilar adalah penyangga yang memberi keseimbangan pada rumah dari beban di atasnya seperti atap rumah. Oleh karena itu pilar menjadi bagian rumah yang penting sekaligus estetik.

Banyak orang yang menggunakan pilar sejak zaman dahulu. Tujuannya hanya sebagai tiang penyangga saja. Namun saat ini pilar berubah fungsi menjadi peningkat visual sebuah rumah. Namun meski begitu, ada beberapa poin yang harus diketahui sebelum ingin memasang pilar saat membangun sebuah rumah. Tujuannya agar pilar sesuai dengan fungsi dan estetika rumah yang Anda bangun.

1. Berkonsultasi Dengan Ahli

Untuk mendapatkan pilar yang estetik serta fungsional, Anda tentu membutuhkan perencanaan yang matang. Oleh karena itu berkonsultasi dengan seorang arsitektur atau insinyur akan memberi gambaran yang cukup jelas mengenai pilar yang ingin Anda bangun. Misalnya Anda akan mengetahui bagaimana rancangan yang tepat agar mendapatkan pilar yang fungsional sekaligus tampilan visualnya sangat menarik.

Selain itu mereka juga akan memberi saran pada Anda mengenai penempatan pilar yang tepat. Beberapa penempatan yang paling dikenal mungkin dua pilar di depan teras rumah yang umum digunakan. Namun hal itu kembali lagi pada konsep yang Anda ingin serta saran yang diberikan oleh para ahli. Dengan demikian ada titik temu untuk menemukan pilar yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Bentuk Pilar

Sebelumnya sudah sedikit disinggung mengenai bentuk pilar yang bisa diterapkan. Tentu bentuk ini akan berpengaruh besar pada tampilan rumah Anda secara signifikan. Bentuk pilar dengan 2 bagian penyangga di depan rumah menjadi yang paling sering ditemui. Namun ada juga bentuk pilar yang ditempatkan di samping rumah dengan jumlah yang cukup banyak. Ada juga orang yang menggunakan pilar hingga ke dalam rumah.

Tidak punya DP buat beli rumah? jangan khawatir. Simal video berikut untuk tahu tips kredit rumah tanpa DP.

Penempatan pilar tersebut tentu akan berpengaruh pada area di sekitarnya. Misalnya Anda membangu pilar yang berada di samping rumah. Mungkin bagian seperti dinding atau jendela rumah akan sedikit tertutupi. Hal-hal seperti harus dipertimbangkan sebelum membangun pilar rumah.

3. Desain dan Material Pilar

Hal yang penting terakhir yang Anda harus pertimbangkan saat membangun sebuah pilar tentu saja desain dan materialnya. Desain pilar yang sesuai dengan rumah tentu akan memberi tampilan yang lebih baik, sinkron, dan harmonis. Karena terkadang orang membangun rumah dengan tampilan biasa saja, namun pilar yang dibangun sangat gagah dan mewah. Hal ini tentu akan membuat jarak yang cukup timpang antara desain rumah dengan pilar.

Kemudian material yang digunakan dalam membangun pilar juga akan berpengaruh signifikan. Hal ini terkait dengan daya tahan serta kemampuan pilar dalam mempertahankan struktur dan bentuknya. Pilar dengan material yang kuat dan tahan lama, tentu tetap tahan untuk menjalankan fungsinya sebagai penyangga rumah.

Sumber: Walltheory.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pilihan Desain Kamar Mandi Modern dan Tampak Mewah

RumahCom - Desain kamar mandi modern selain memberi kesan mewah, desain ini mampu memberi kenyamanan saat digunakan.Pilihan model dan desain kamar mandi modern ternyata mampu meningkatkan kesan mewah

Lanjutkan membacaSeptember 5, 2020

Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) yang Bikin Rumah Nyaman dan Menyenangkan

RumahCom - Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan tengah marah dikembangkan saat ini. Teknologi tersebut sudah banyak bermunculan di berbagai macam teknologi. Mulai dari transportasi, ala

Lanjutkan membacaSeptember 5, 2020

Tips Membeli Sofa Terbaik

RumahCom - Sofa merupakan salah satu furnitur utama yang harus Anda miliki. Selain tahan lama hingga beberapa tahun, sofa bisa mempercantik interior rumah Anda. Biasanya setiap orang akan membeli sofa

Lanjutkan membacaSeptember 5, 2020

Arsitektur Jengki, Desain Interior dan Eksterior Karya Asli Indonesia

RumahCom - Mungkin Anda baru pertama kali mendengar istilah arsitektur jengki. Walau berasal dari Indonesia, namun semua orang ternyata belum familiar dengan istilah ini. Padahal gaya arsitektur ini s

Lanjutkan membacaSeptember 5, 2020

Investor Properti di Asia Pasifik Tetapkan Hong Kong Sebagai Titik Harapan Terendah

RumahCom – Sejumlah investor bisnis properti global berpandangan, Hong Kong menjadi titik pesimistis paling dalam di antara sejumlah lokasi utama di Asia Pasifik dalam pandangan. Wilayah khusus Tion

Lanjutkan membacaSeptember 4, 2020

Masukan