Cara Membuat Bioskop Pribadi Di Rumah

September 7, 2020

RumahCom Bagi sebagian orang yang hobi menonton film, mereka tentu akan melakukan berbagai hal supaya dapat menonton film-film terbaru yang sedang tayang, salah satunya dengan membuat bioskop di rumah.

Menonton film menjadi kegiatan sangat menyenangkan. Misalnya seperti pergi ke bioskop, memakan popcorn, serta menonton bersama teman dan orang terkasih. Akan tetapi, di masa seperti saat ini tentu tidak mungkin pergi ke bioskop untuk menonton film. Dan lagi, selama pandemi bioskop juga ditutup sementara waktu sampai waktu yang tidak ditentukan. Hal ini tentu membuat sebagian orang termasuk Anda tidak bisa menyalurkan hobi menontonnya.

Lantas, bagaimana cara kita tetap dapat menonton film? Nah, jangan khawatir karena Anda bisa tetap menonton film di rumah dengan sensasi dan kenyamanan seperti sedang menonton di dalam bioskop. Selain menyenangkan, menonton bioskop di rumah sendiri akan lebih nyaman dan bebas melakukan apa saja. Tidak seperti bioskop yang memiliki aturan tertentu saat penayangan film. Untuk itu, berikut merupakan trik membuat bioskop pribadi Anda di rumah sendiri.

1. Perhatikan Ukuran Ruangan Anda

(Foto: techtalk.currys.co.uk)

(Foto: techtalk.currys.co.uk)

Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat membuat bioskop pribadi adalah ukuran ruangan Anda. Tidak semua ruangan memiliki ukuran yang sama. Bentuk ruangan setiap rumah juga berbeda-beda sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan ukuran ruangan tersebut. Namun, jika memungkinkan sebaiknya hindari ruangan berbentuk persegi. Mengapa? Hal ini dikarenakan dua alasan sebagai berikut:

  • Tentu Anda ingin bioskop rumah yang memuat semua perlengkapan yang mendukung bioskop pribadi. Hal ini memungkinkan Anda duduk dalam jarak yang nyaman dari layar.
  • Suara dari speaker utama membutuhkan ruang untuk keluar dari TV sehingga pastikan Anda tidak duduk dekat dengan speaker utama karena hal ini akan mengganggu fokus dalam menonton film.

2. Mengatur Pencahayaan Dengan Benar

(Foto: techtalk.currys.co.uk)

(Foto: techtalk.currys.co.uk)

Pencahayaan untuk bioskop di rumah sangatlah penting jika Anda berencana membuat bioskop di rumah. Namun sebaiknya hindari ruangan yang terlalu banyak jendela, karena akan membuat pencahayaan menjadi kurang nyaman. Namun jika tidak ada pilihan lain sebaiknya Anda memasang tirai anti tembus cahaya. Hal ini dapat mencegah cahaya dari luar masuk ke ruangan yang Anda jadikan bioskop pribadi.

Selanjutnya, penggunaan jenis lampu juga sangat penting. Pastikan memilih lampu yang bisa diredupkan karena dengan demikian Anda bisa mengontrol tingkat cahaya secara akurat. Anda juga bisa menggunakan pencahayaan pintar dari Philips Hue, lampu ini sangat ideal karena bisa mengatur sendiri tingkat kecerahan sesuai kebutuhan.

3. Menemukan Sound System yang Tepat

(Foto: techtalk.currys.co.uk)

Selain pencahayaan, sound system juga harus ditentukan dengan tepat pasalnya suara akan menentukan kenyamanan Anda saat menonton film. Perlu diketahui bahwa sound system TV hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran sehingga pilihlah yang menurut Anda cocok dengan ruangan dan kebutuhan. Anda bisa memilih soundbar karena lebih sederhana dan mudah diatur. Alat ini bisa memantulkan suara di sekitar ruangan untuk mensimulasikan sistem suara yang penuh.

4. Menemukan TV yang Tepat Untuk Bioskop Rumah Anda

(Foto: techtalk.currys.co.uk)

Selanjutnya adalah menentukan TV yang tepat untuk bioskop di rumah Anda. Pilihlah jenis TV terbaik untuk menemani Anda menonton film di rumah. Memilih TV memang cukup rumit, namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih TV. Anda bisa memilih OLED untuk TV bioskop Anda.

Apa yang membuat OLED lebih baik dari TV LED standar? Teknologi OLED telah sukses dijual ke berbagai pasar. OLED merupakan TV yang menawarkan teknologi mutakhir. Perbedaannya OLED dengan LED adalah tidak memiliki cahaya layar seperti LED standar. Cahaya yang dipancarkan dari panel terpisah dan bersinar melalui piksel berwarna. Pada layar OLED setiap piksel nya menghasilkan cahayanya sendiri.

Sumber: Techtalk.currys.co.uk

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) yang Bikin Rumah Nyaman dan Menyenangkan

RumahCom - Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan tengah marah dikembangkan saat ini. Teknologi tersebut sudah banyak bermunculan di berbagai macam teknologi. Mulai dari transportasi, ala

Lanjutkan membacaSeptember 5, 2020

Pengembang Terus Hadirkan Produk Hunian Yang Antisipatif Terhadap Pandemi

RumahCom – Saat pandemi Covid-19, pengembang menghadirkan produk perumahan dengan berbagai kelebihan maupun fitur khusus terkait perubahan lifestyle maupun penerapan normal baru di situasi pandemi.

Lanjutkan membacaSeptember 4, 2020

Akses Tol Alternatif Bandara Soekarno-Hatta Rampung Akhir 2020

RumahCom - PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) menargetkan konstruksi Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran rampung pada akhir 2020. Progres konstruksi jalan tol yang juga menjadi akses tol alternatif

Lanjutkan membacaSeptember 4, 2020

Investor Properti di Asia Pasifik Tetapkan Hong Kong Sebagai Titik Harapan Terendah

RumahCom – Sejumlah investor bisnis properti global berpandangan, Hong Kong menjadi titik pesimistis paling dalam di antara sejumlah lokasi utama di Asia Pasifik dalam pandangan. Wilayah khusus Tion

Lanjutkan membacaSeptember 4, 2020

Masukan