Ini 5 Pilihan Rumput untuk Halaman Rumah

Wahyu ArdiyantoSeptember 8, 2020

Rumput pilihan untuk halaman rumah

RumahCom – Rumput menjadi hal yang sangat umum berada di halaman rumah. Tanaman ini juga memiliki berbagai jenis mulai dari rumput asli hingga yang imitasi. Namun, bagi rumput asli, mereka harus melakukan perawatan yang tinggi dan menggunakan bahan kimia yang tepat.

Tujuannya agar rumput tidak cepat kering dan selalu tampak segar dengan warna hijaunya. Namun, untuk memilih rumput yang sesuai dengan halaman rumah, Anda sebaiknya jangan sampai salah karena berpengaruh pada keindahan taman halaman rumah.

Jika memilih rumput asli untuk halaman rumah, maka Anda harus bersiap-siap menghadapi tagihan air yang tinggi dan mungkin beberapa waktu sekali akan dihadapkan pemotongan rumput yang rutin. Untuk itu, salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi masalah halaman rumput tersebut adalah pemilihan jenis rumput yang tepat.

Lantas rumput jenis apa yang bagus untuk halaman rumah? Pada kesempatan kali ini akan dibahas rekomendasi rumput halaman terbaik yang bisa menjadi solusi tepat bagi Anda.

1. St. Augustine

St. Augustine

Rumput St. Augustine merupakan rumput karpet yang menciptakan halaman rumput dengan toleransi panas yang tinggi. (Foto: Progressive.com)

Rumput jenis ini memiliki tekstur yang kasar dan beradaptasi dengan kelembaban. Cocoknya rumput ini berada di daerah pesisir dengan suhu musim dingin yang sedang. Selain itu, rumput jenis ini juga mampu beradaptasi dengan berbagai jenis tanah. Rumput St. Augustine ini tumbuh cukup baik dalam naungan sedang.

Rumput St. Augustine merupakan rumput karpet yang menciptakan halaman rumput dengan toleransi panas yang tinggi. Namun sayangnya, rumput ini tidak beradaptasi dengan injakan dan tidak direkomendasikan untuk daerah yang terlalu kering.

2. Rumput Buffalo

Rumput Buffalo

Jika dibiarkan begitu saja, rumput buffalo akan tumbuh hingga beberapa meter. (Foto: Progressive.com)

Jika Anda tinggal di daerah dengan panas yang ekstrim dan mengalami masalah kekeringan yang cukup panjang maka Anda sebaiknya pilih jenis rumput ini. Rumput buffalo cukup kuat tumbuh di musim hangat dan bisa tetap subur tanpa adanya irigasi dan pemupukan yang tinggi.

Dibutuhkan pemotongan yang cocok untuk mereka yang menginginkan tampilan terbaik dari rumput ini. Jika dibiarkan begitu saja, rumput buffalo akan tumbuh hingga beberapa meter. Namun, Anda bisa membiarkannya tumbuh hanya 2-3 inchi saja.

Rumput ini juga sangat cocok beradaptasi luas di iklim hangat lainnya, dan tidak akan tumbuh dengan baik di daerah yang teduh dan sering dilalui oleh banyak orang.

3. Rumput Zoysia

Rumput Zoysia

Rumput Zoysia membutuhkan sinar matahari yang banyak untuk pertumbuhan yang lebih baik. (Foto: Progressive.com)

Rumput zoysia adalah rumput yang tumbuh dengan baik pada musim hangat. Tanaman ini juga mampu tumbuh pada tekstur permukaan kasar maupun halus dan beradaptasi dengan berbagai jenis tanah.

Zoysia membutuhkan sinar matahari yang banyak untuk pertumbuhan yang lebih baik. Meski demikian, rumput ini merupakan rumput yang tahan kekeringan. Karena itu tidak heran rumput ini seringkali digunakan untuk lapangan golf dan area bermain.

4. Tall Fescue

Tall Fescue

Rumput ini juga mudah beradaptasi dengan berbagai jenis tanah. (Foto: Progressive.com)

Rumput satu ini memiliki kemampuan tumbuh yang paling baik di lingkungan lembab. Hal ini membuat tall fescue tumbuh dengan cukup baik di daerah yang tidak terlalu panas dan lembab. Selain itu, rumput ini juga mudah beradaptasi dengan berbagai jenis tanah.

5. Kentucky Bluegrass

Kentucky Bluegrass

Sayangnya, rumput ini tidak dapat tumbuh dengan baik pada musim panas. (Foto: Progressive.com)

Bluegrass adalah rumput yang tumbuh dengan baik di berbagai musim baik musim dingin, musim gugur, dan musim semi. Namun sayangnya, rumput ini tidak dapat tumbuh dengan baik pada musim panas.

Kentucky bluegrass cocok untuk area bermain, lapangan golf, lapangan olahraga, dan lain-lain. Untuk hasil pertumbuhan yang lebih baik, maka Anda bisa memberikan pupuk secara teratur.

Sumber: Progressive.com

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Toko Furnishing Swedia Ini Hadirkan Pick Up Point Untuk Mudahkan Konsumen Berbelanja

RumahCom – Toko furnishing asal Swedia, Ikea, menghadirkan Pick-up Point untuk memudahkan masyarakat membeli dan mengambil produknya. Konsep ini memudahkan masyarakat seiring peningkatan tren belanj

Lanjutkan membacaSeptember 7, 2020

REI Minta Relaksasi Pajak Karena Bisnis Properti Kembali Menggeliat

RumahCom - Bisni properti kembali menggeliat usai 4 bulan terkena tekanan yang besar akibat pandemi Covid-19. Bangkitnya bisnis properti ini didukung dengan relaksasi kebijakan pemerintah. Namun, Real

Lanjutkan membacaSeptember 7, 2020

Pengembang Properti Andalkan Hal Ini Di Tengah Pandemi

RumahCom - Di masa pandemi Covid-19, pengambang properti masih tetap mengandalkan penjualan dari proyek-proyek eksistingnya. Hal ini lantaran belum adanya peningkatan signifikan terhadap properti.Dire

Lanjutkan membacaSeptember 7, 2020

Masukan