Cara Aman Berbelanja Di Masa Pandemi Covid-19

September 9, 2020

RumahCom – Berbelanja di pasar atau supermarket Anda tetap harus menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Selain itu, saat sampai di rumah barang belanjaan harus segera dibersihkan agar steril dari virus dan bakteri penyebab penyakit.

Selama pandemi Covid-19, tentu Anda ekstra harus hati-hati saat berada di luar rumah. Tentu Anda menjadi lebih berhati-hati saat pergi dengan membawa hand sanitizer, selalu menggunakan masker, dan menjaga jarak dengan orang lain. Termasuk saat berbelanja, aturan kesehatan tetap perlu Anda laksanakan dengan baik.

Namun tetap saja pada kondisi seperti sekarang ini setiap orang pasti orang bertanya-tanya apakah bahan makanan yang dibeli aman atau tidak. Tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan barang belanjaan yang sudah dibeli harus dibersihkan terlebih dahulu. Hal ini wajar dipertanyakan, bagaimana tidak virus corona bisa menyebar melalui sentuhan terhadap objek tertentu. Hal ini membuat Anda harus ekstra waspada saat berbelanja.

Bagaimana cara agar bahan makanan yang Anda beli bisa bebas dari virus dan bakteri penyebab penyakit? Berikut adalah cara aman saat berbelanja dan membuka kemasan bahan belanja bahan makanan yang bisa Anda coba.

1. Mencari toko yang aman

Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini tentu Anda ingin tetap memperhatikan protokol kesehatan. Anda harus tetap menjaga jarak, mencuci tangan, dan menggunakan masker saat pergi berbelanja. Namun, agar Anda aman berbelanja sebaiknya cari toko yang aman. Agar tidak ada risiko untuk terkena atau terpapar virus dari orang lain.

Pilihlah toko yang menurut Anda sepi pengunjung. Salah satu caranya Anda bisa memilih belanja di hari biasa dibandingkan akhir pekan. Karena akhir pekan biasa penuh dengan orang yang berbelanja. Karena di hari biasa mereka sibuk bekerja dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk pergi ke toko. Setelah berbelanja, pastikan Anda tidak menyentuh area wajah, segera cuci tangan, mandi bila perlu dan mengganti pakaian.

Ditengah pandemi, rumah menjadi tempat teraman untuk berlindung. Simak selengkapnya di video berikut ini.

2. Cuci tangan dengan sabun

Sudah jelas cuci tangan menjadi salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan. Setelah belanja, penting bagi Anda cuci tangan saat baru sampai rumah, dan cuci tangan lagi setelah membuka kemasan belanja Anda.

Cuci tangan bisa dilakukan dengan menggunakan air bersih yang mengalir serta sabun. Lakukan cuci tangan setidaknya 20 detik dan mencuci seluruh area tangan. Termasuk sela-sela jari dan kuku yang biasanya sering dilewatkan orang saat mencuci tangan. Setelah itu keringkan tangan menggunakan tisu atau kain bersih.

3. Cuci bahan makanan

Setelah berbelanja, penting bagi Anda mencuci bahan makanan setelah sampai rumah. Anda bahkan tidak tahu berapa kali produk yang dibeli sudah disentuh orang lain. Anda bisa gunakan larutan cuka untuk mencuci sayuran dan buah-buahan, atau cukup gunakan air mengalir. Jangan gunakan bahan berbahaya untuk bahan makanan Anda seperti sabun, alkohol, pemutih, atau, bahan berbahaya lainnya.

4. Hal lain yang perlu Anda ketahui

Untuk memastikan bahan makanan Anda aman, Anda bisa tinggalkan barang belanjaan Anda di luar atau garasi rumah Anda selama tiga hari. Hal ini untuk mematikan virus yang bertahan selama 72 jam dalam produk atau kemasan. Bila perlu bisa membeli semua produk bahan makanan secara online sehingga Anda tidak harus datang ke toko, supermarket. maupun pasar.

Namun, jika harus segera membawa belanjaan masuk ke dalam rumah maka pastikan bersihkan terlebih dahulu segala produk belanjaan Anda. Jangan lupa bersihkan tas belanja dengan cara dicuci untuk memastikan rumah steril dari virus.

Sumber:  Homebase.org

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pentingnya Menggunakan Semen Ramah Lingkungan Pada Bangunan

RumahCom - Menjaga kelestarian lingkungan saat ini menjadi keharusan yang dilakukan banyak pada setiap aspek. Turunnya kualitas lingkungan serta pemanasan lingkungan menyebabkan banyak kerugian pada k

Lanjutkan membacaSeptember 8, 2020

Akses Tol Ke Bandara Kertajati Akan Dibangun Setahun

RumahCom – Kementerian PUPR melakukan pembangunan jalan tol akses Bandara Internasional Kertajati. Jalan tol ini akan tersambung dengan jalan tol Cisumdawu dan Cipali sehingga akan memudahkan aksesi

Lanjutkan membacaSeptember 8, 2020

Industri Properti Mulai Bangkit Walau Sempat Lesu Akibat Corona

RumahCom - Walau sempat mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19, bisnis properti Indonesia saat ini sudah mulai bangkit. Para pelaku bisnis sudah mulai melakukan penyesuaian konsep hunian dan stra

Lanjutkan membacaSeptember 8, 2020

Harga Rumah di Inggris Naik Saat Pandemi Corona

RumahCom - Kenaikan harga rumah di Inggris mencapai yang tertinggi sejak tahun 2016 akibat pandemi Covid-19. Bahkan angkanya mencapai lebih dari £ 245.000.Pandemi Covid-19 memberi pengaruh cukup besa

Lanjutkan membacaSeptember 8, 2020

Masukan