Anggaran Perumahan 2021 Rp8 Triliunan, Untuk Apa Saja?

September 9, 2020

RumahCom – Alokasi anggaran perumahan untuk tahun depan telah ditetapkan sebesar lebih Rp8 triliun. Di masa pandemi Covid-18, Kementerian PUPR melakukan pendekatan yang berbeda terkait penggunaan anggaran disesuaikan dengan dampak pandemi.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan DPR telah mengetok pengesahan alokasi anggaran untuk sektor perumahan tahun 2021 mendatang sebesar Rp8,093 triliun. Anggaran ini akan dimaksimalkan untuk mendorong pelaksanaan program sejuta rumah di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, berdasarkan rekapitulasi total pagu anggaran Ditjen Perumahan tahun 2021, anggaran perumahan ini akan digunakan untuk pelaksanaan program perumahan dan kawasan permukiman yang dibagi menjadi dua.

“Untuk program perumahan dan kawasan permukiman anggaran yang dialokasikan sebesar Rp7,813 triliun sementara untuk dukungan manajemen sebesar Rp280 miliar. Tentunya program untuk tahun 2021 masih merupakan kelanjutan dari program tahun ini dengan menyesuaikan juga terkait kondisi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Manakah jenis properti yang cocok untuk kamu, Rumah atau Apartemen? Temukan jawabannya di video berikut ini, yuk!

Khalawi merinci untuk program perumahan dan kawasan permukiman tahun depan. Untuk rumah susun dianggarkan sebesar Rp4,117 triliun untuk membangun sebanyak 9.705 unit rumah susun di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Papua. Anggaran ini juga termasuk untuk membangun rumah susun kawasan industri di Batang, Jawa Tengah, dan Subang, Jawa Barat, sebanyak 14 tower (1.428 unit).

Untuk program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) atau bedah rumah, anggara yang digelontorkan sebesar Rp2,507 triliun untuk digunakan membedah sebanyak 83.712 unit rumah tidak layak huni (RTLH) dengan lokasi tersebar di 33 provinsi.

Kemudian program pembangunan bantuan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) rumah umum sebesar Rp406 miliar untuk sebanyak 40 ribu unit rumah bersubsidi. Alokasi lainnya untuk pembangunan rumah khusus sebesar Rp606 miliar untuk 2.631 unit. Ditjen Perumahan Kementerian PUPR juga telah siap dengan kerangka program yang disusun menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19.

Salah satu yang penting terkait berbagai program yang dijalankan dengan situasi pandemi yaitu untuk membuka investasi seluas-luasnya sehingga membuka lapangan pekerjaan. Berbagai program ini juga harus bisa menyentuh langsung kalangan masyarakat sehingga bisa meningkatkan daya beli masyarakat secara langsung.

Hal ini karena pandemi Covid-19 telah membuat perekonomian menurun, investasi melambat, kemiskinan meningkat, hingga tingkat pengangguran meningkat karena penurunan lapangan pekerjaan. Karena itu fokus program perumahan tahun 2021 salah satunya untuk meningkatkan ketahanan pangan, pengembangan konektivitas, peningkatan kesehatan lingkungan, peningkatan investasi, penguatan jaring pengaman nasional, dan peningkatan ketahanan bencana dan perubahan iklim.

“Program sejuta rumah akan tetap dilanjutkan karena sangat penting dan memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.  Untuk itu dibutuhkan dukungan dari semua pihak khususnya pemerintah daerah, sektor swasta, dan masyarakat untuk mensukseskan program ini yang bisa memberikan multiplayer effect besar,” beber Khalawi.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Putu kana Juliastika
Dec 15, 2020
Program ini sangat baik,,,mudah2an tepat sasaran
Gatot ganda Putra
Dec 13, 2020
Mekanismenya gmn untuk pemukiman baru
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Cara Aman Berbelanja Di Masa Pandemi Covid-19

RumahCom - Berbelanja di pasar atau supermarket Anda tetap harus menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Selain itu, saat sampai di rumah barang belanjaan harus segera dibersihkan agar steril dari

Lanjutkan membacaSeptember 9, 2020

Ide Penyimpanan Lemari yang Hemat Ruang untuk Rumah

RumahCom - Memiliki banyak barang atau baju di lemari tentu membuat siapapun harus mampu menyimpannya dengan baik. Memaksimalkan ruang pada lemari menjadi salah satu cara agar lebih hemat ruang dan me

Lanjutkan membacaSeptember 9, 2020

Ragam KPR Subsidi, FLPP, SSB, Hingga BP2BT

RumahCom – Ada berbagai macam program KPR subsidi yang bisa dimanfaatkan kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Bank BTN selain menyalurkan KPR subsidi FLPP dan SSB, ada lagi program BP2BT

Lanjutkan membacaSeptember 9, 2020

Masukan