Cara Membuat Rumah dengan Gaya Wabi Sabi

Boy LeonardSeptember 10, 2020

Rumah Gaya Wabi Sabi

RumahCom – Gaya rumah wabi sabi merupakan gaya yang mengutamakan pada ketenangan dan kegembiraan sang pemilik. Rumah dengan gaya ini cenderung ke arah harmoni dan terdapat tambahan nuansa alam.

Wabi sabi merupakan salah satu istilah dalam bahasa Jepang yang memiliki arti menemukan keindahan dalam ketidaksempurnaan. Istilah ini mengacu pada pandangan hidup yang penuh dengan kerendahan hati serta kesederhanaan. Selain itu dalam wabi sabi juga merupakan sebuah kemampuan untuk menerima siklus hidup apapun yang terjadi, baik sedang susah maupun bahagia.

Dalam konteks desain interior rumah, makna wabi sabi ternyata bisa diterapkan dengan baik. Rumah yang menggunakan gaya wabi sabi terkenal dengan originalitas, kesederhanaan, rasa damai, dan ketenangan. Gaya rumah ini cenderung mengutamakan ketenangan dan kesederhanaan, daripada menambahkan furnitur yang mahal dan mengkilap namun minim fungsi.

Gaya rumah wabi sabi juga seakan menghilangkan obsesi untuk memenuhi kebutuhan yang tidak perlu. Namun lebih mengutamakan pada harmoni yang memberi rasa nyaman. Hal ini tentu bisa menjadi jawaban bagi Anda yang membutuhkan kenyaman saat berada di tengah hiruk pikuk dunia. Lalu bagaimana menerapkan gaya wabi sabi pada rumah Anda? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Kerajinan tangan yang estetik

Rumah Gaya Wabi Sabi

(Foto: Thespruce.com)

Wabi sabi merupakan gaya yang mengutamakan originalitas. Membuat rumah Anda kental dengan unsur asli yang dibuat sendiri. Salah satunya melalui berbagai barang-barang yang dibuat oleh diri Anda sendiri (DIY). Ada banyak barang-barang di rumah yang bisa dibuat sendiri. Mulai dari meja, kursi, hiasan dinding, hingga karpet rumah. Cita rasa otentik pada rumah Anda merupakan ciri dan langkah awal dari gaya wabi sabi.

Rapikan ruang yang berantakan

Rumah Gaya Wabi Sabi

(Foto: Thespruce.com)

Pandangan wabi sabi sebagai keindahan dalam ketidaksempurnaan jangan dipandang sebagai kompromi untuk membiarkan rumah terlihat berantakan. Anda justru haru merapikan dan membersihkan ruangan yang sangat berantakan di rumah. Gaya wabi sabi mengutamakan ketenangan dan keharmonisan yang jauh dari kekacauan. Jika rumah Anda berantakan maka keharmonisan tersebut tentu akan hilang.

Mulailah untuk merapikan segala sudut ruang yang ada di rumah. Lalu letakkan barang-barang sesuai dengan tempatnya agar lebih terorganisir. Pastikan juga untuk membuang atau menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak diperlukan lagi.

Menambahkan komponen alami di rumah

Rumah Gaya Wabi Sabi

(Foto: Thespruce.com)

Bahan organik dan komponen alam menjadi ciri pokok rumah wabi sabi. Komponen alami tersebut membawa manfaat dan kesan yang baik bagi isi rumah. Misalnya ukiran dari batang kayu adalah keindahan yang tidak sempurna. Bentuknya yang abstrak justru memiliki nilai seni yang cukup tinggi dan cocok untuk rumah dengan gaya wabi sabi ini.

Selain itu komponen lain yang bisa Anda terapkan antara lain batu alam, tanaman, dedaunan, dan banyak lagi lainnya. Untuk memaksimalkan kesan alami yang baik ini, Anda bisa memadukan antara furnitur kayu dengan bunga dan tanaman segar. Kesan alami yang indah dan segar akan terasa pada perpaduan tersebut.

Fokus pada kesederhanaan

Rumah Gaya Wabi Sabi

(Foto: Thespruce.com)

Segala barang, pernak-pernik, dan furnitur yang ada dalam rumah gaya wabi sabi harus mendapat beberapa penyesuaian. Tujuan dari penyesuaian ini demi mendapatkan barang yang memicu rasa nostalgia, ketenangan, kenyamanan, namun tetap fungsional. Anda harus menghindari barang-barang mewah yang kegunaannya kuran baik walau mungkin secara visual tampak cantik.

Walau cukup serupa dengan gaya minimalism, tetapi wabi sabi bertujuan pada ketenangan dan kebahagian jiwa. Walau barang tersebut tampak tidak cocok dengan konsep minimalism namun membawa rasa nostalgia dan kebahagian, Anda tetap bisa menempatkannya di dalam rumah. Dengan catatan barang tersebut memiliki fungsi yang jelas, sederhana, dan tidak menimbulkan kekacauan.

Sumber: Thespruce.com

Foto utama: Thespruce.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Panduan Menciptakan Nuansa Minimalis-Eklektik

RumahCom - Jika Anda merasa gaya dekorasi skandinavian atau minimalis sudah terlalu mainstream, mungkin saatnya Anda mencoba dekorasi eklektik.Gaya dekorasi eklektik menggabungkan beragam aliran gaya

Lanjutkan membacaSeptember 16, 2017

Ini Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memasukkan Jendela Pada Desain Rumah

Rumah.com - Jendela menjadi salah satu bagian yang paling penting dalam sebuah rumah. Fungsi utamanya sebagai bagian dari sirkulasi udara agar rumah selalu mendapatkan udara segar. Sementara fungsi la

Lanjutkan membacaAgustus 12, 2020

Pilihan Desain Kamar Mandi Modern dan Tampak Mewah

RumahCom - Desain kamar mandi modern selain memberi kesan mewah, desain ini mampu memberi kenyamanan saat digunakan.Pilihan model dan desain kamar mandi modern ternyata mampu meningkatkan kesan mewah

Lanjutkan membacaSeptember 5, 2020

Masukan