Mengenal Jenis Tanaman Rambat untuk Rumah dan Cara Menanamnya

Boy LeonardSeptember 10, 2020

Tanaman Rambat untuk Rumah

RumahCom – Tanaman rambat mampu meningkatkan estetik rumah, selain itu kehadiran tanaman ini membuat rumah menjadi jauh lebih sejuk.

Pernahkah Anda mendengar tentang tanaman rambat? Mungkin Anda tidak asing dengan tanaman rambat untuk rumah, karena tanaman ini banyak dijumpai di berbagai tempat, seperti di rumah. Namun sebagian orang menganggap tanaman rambat bisa merusak bagian depan dari rumah.

Menurut seorang arsitek lanskap bernama Kim Hoyt serta dari Universitas Oxford di tahun 2010 mengungkapkan bahwa tanaman rambat tidak selalu merusak bagian depan rumah. Pada kenyataannya, semua hal tersebut tergantung pada kawasan dan bahan pembuat dinding depan rumah. Kim Hoyt sering memberi tahu kliennya bahwa jika tanaman tumbuh di atas bata dan terdapat paparan sinar matahari yang baik seharusnya tidak ada masalah.

Tanaman rambat lebih cenderung menyebabkan masalah pada dinding kayu dan di iklim lembab. Hal ini memungkinkannya pembusukan pada kayu akibat kondisi yang lembab serta penetrasi dari akar tanaman. Memang tidak disarankan rumah dengan dinding kayu untuk menggunakan tanaman rambat, karena mudah rusak.

Sebenarnya tidak masalah membiarkan tanaman hijau merambat di dinding Anda sendiri selama kondisinya tepat. Hal ini tidak hanya membuat bangunan tampak indah, tanaman rambat bisa membuat rumah menjadi terasa lebih sejuk walau sedang musim panas sekalipun.

Tanaman Rambat Untuk Rumah

Di Indonesia, musim kemarau suhu udara bisa mencapai 32-35 derajat celcius. Dengan suhu setinggi itu, mau tidak mau tentu Anda harus tetap menyalakan kipas angin maupun AC untuk membuat udara di dalam rumah tetap sejuk. Namun, penggunaan AC dan kipas angin secara berlebih bisa membuat tagihan listrik Anda membengkak. Untuk itu, membuat rumah Anda tetap sejuk dan asri dengan menanam tanaman rambat. Berikut merupakan tanaman rambat untuk rumah terbaik yang bisa Anda tanam di rumah Anda.

Tanaman Rambat Dolar

Tanaman Rambat untuk Rumah

(Foto: Pixabay)

Tanaman rambat ini memiliki warna hijau yang cerah dengan daun yang mengkilap sehingga bisa menghadirkan kesan yang sejuk dan segar. Tanaman rambat ini memiliki akar yang mencengkeram kuat sehingga seringkali digunakan untuk tembok pagar rumah. Cara merawat tanaman rambat ini juga terbilang cukup mudah.

Daun sirih merah

Tanaman Rambat untuk Rumah

(Foto: Pixabay)

Daun sirih merah memiliki bentuk yang mirip dengan daun sirih hijau dan tanaman lada. Hanya saja bentuk daun ini memiliki corak putih keabu-abuan yang mengkilap pada bagian atasnya dan ada warna merah terang pada bagian bawah daunnya. Selain dikenal sebagai tanaman rambat yang indah, daun sirih merah juga dikenal menjadi tanaman obat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Morning Glory

Tanaman Rambat untuk Rumah

(Foto: Pixabay)

Bagi Anda yang tinggal di daerah tropis maka tanaman rambat morning glory bisa Anda pilih untuk mempercantik dan membuat rumah tampak asri. Keunggulan dari tanaman rambat ini adalah tetap hidup di udara yang sangat panas ataupun dingin sekalipun.

Tips Menanam Tanaman Rambat di Rumah

Sebelum mencoba menanam tanaman rambat di rumah, sebaiknya Anda perhatikan tips-tips berikut ini.

Kenali jenis tanaman rambat yang akan ditanam

Sebelum menanam tanaman rambat, ada baiknya Anda kenali dulu jenis tanaman rambat yang akan ditanam. Ketahui apakah tanaman rambat Anda bisa terkena sinar matahari langsung, kemudian media tanam yang dibutuhkan tanaman tersebut, hingga perawatan yang dibutuhkan.

Tentukan lokasi menanam tanaman rambat

Perlu diketahui bahwa tanaman rambat membutuhkan perhatian ekstra sehingga Anda tidak bisa sembarangan menentukan lokasi dimana tanaman rambat tersebut ditanam. Pastikan lokasinya bisa mendapat cahaya matahari yang cukup dan tidak menimbulkan gangguan apapun.

Pastikan tanaman cukup terkena sinar matahari

Meski tanaman rambat bukanlah tipe tanaman yang menyukai sinar matahari, namun bukan berarti Anda menanamnya di area yang teduh. Pastikan tanaman rambat Anda cukup mendapat sinar matahari agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Pangkas tanaman secara rutin

Tanaman rambat merupakan tanaman yang memerlukan pemangkasan secara rutin. Jika Anda melihat tanaman rambat keluar dari media yang dirambatinya maka segeralah untuk dipangkas.

Sumber: Architecturaldigest.com

Foto utama: Architecturaldigest.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mau Rumah Minimalis Tetap Hijau? Ini Solusinya!

RumahCom - Saat ini sedang booming menanam tanaman mungil di dalam pot. Hal ini banyak dilakukan oleh masyrakat perkotaan yang memiliki keterbatasan lahan di rumah.Biasanya jenis tanaman yang dipeliha

Lanjutkan membacaJuli 7, 2017

Rahasia Bikin Halaman Rumah Mungil Jadi Mewah

RumahCom - Salah satu bagian rumah yang langsung terlihat adalah halaman rumah Anda. Melalui halaman, tamu yang datang pun akan langsung menilai bagaimana Anda merawat rumah tersebut.Halaman yang nyam

Lanjutkan membacaJuli 17, 2017

Sim Salabim, Taman Kecil Jadi Terlihat Luas!

RumahCom - Kebanyakan rumah di perkotaan saat ini hanya menyisakan sedikit lahan untuk dapat dimanfaatkan sebagai taman hijau. Padahal keberadaan taman cukup penting dalam sebuah hunian.Selain untuk m

Lanjutkan membacaJuli 26, 2017

Masukan