Kemajuan Teknologi Berpengaruh Besar Pada Desain Rumah

Boy LeonardSeptember 15, 2020

Rumah dan Teknologi

RumahCom – Teknologi memberi pengaruh besar pada desain rumah saat ini. Banyak rumah dengan desain unik, ramah lingkungan, serta teknologi tinggi dihasilkan dari konsep desain yang dibantu oleh kemajuan teknologi.

Kemajuan teknologi memang tidak bisa dipungkiri saat ini. Semua hal bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang canggih saat ini. Bahkan desain rumah saat ini pun bisa dilakukan dengan basis teknologi canggih. Dengan menggunakan teknologi desain terbaru maka Anda bisa dengan mudah mengubah tampilan arsitektur dan interior rumah dengan mudah saat ini.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan desain rumah menggunakan teknologi terbaru. Tren yang terbaru mungkin rumah yang hemat dan efisien dalam menggunakan energi. Rumah jenis ini biasanya memanfaatkan energi terbarukan yang berasal cahaya matahari. Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi penghuni maupun lingkungan.

Keuntungan lainnya adalah rumah yang berbasis teknologi. Kehadiran teknologi di dalam rumah tentu mampu mengubat kebiasaan penghuni. Jika biasanya cukup pusing dengan berbagai aktivitas, maka kehadiran teknologi akan mempermudah hal tersebut. Anda akan merasa nyaman dan aman dengan kehadiran berbagai teknologi canggih di dalam rumah. Berikut ini adalah berbagai pengaruh dari kehadiran teknologi terhadap desain sebuah rumah.

Desain Rumah Berkelanjutan

Rumah dan Teknologi

(Foto: Wideplankflooring.com)

Rumah dengan desain berkelanjutan merupakan salah satu tren yang banyak dicari orang saat ini. Selain ramah lingkungan, rumah dengan desain ini sangat efektif untuk mengurangi tagihan listrik karena lebih hemat energi. Untuk mencapai rumah dengan desain ini, maka pembangunan rumah memasukkan sejumlah pedoman. Tujuan dari pedoman tersebut agar desain interior dan eksterior bisa menyesuaikan dengan konsep rumah berkelanjutan.

Misalnya menerapkan insulasi pada rumah yang mampu menjaga suhu ruangan tetap stabil pada musim panas maupun musim dingin. Selain itu Anda juga bisa menanam beberapa tanaman rindang di taman rumah, agar menjadi pelindung dari sinar matahari yang panas. Konsultasikan hal ini dengan desainer rumah Anda agar mendapatkan rumah ramah lingkungan yang benar-benar diinginkan.

Konstruksi Cetak 3D

Rumah dan Teknologi

(Foto: Wideplankflooring.com)

Konstruksi cetak 3D merupakan tren lain yang bisa membentuk desain rumah dengan konsep yang unik dan dinamis. Perusahaan China Huashang Tengda membangun rumah dengan cetak 3D pertama di dunia yang berlangsung selama 45 hari dengan menggunakan beton bertulang khusus. Seiring kemajuan teknologi ini tentu Anda ingin memastikan produk desain interior bagus dan mengikuti tren saat ini.

WATG Urban Architecture Studios Chicago telah mempelopori penerapan prinsip desain pada pencetakan 3D dengan rumah inovatif yang sudah memenangkan berbagai penghargaan. Rumah ini terinspirasi dengan tampilan alami menggunakan struktur melengkung yang terdiri dari bahan cetak 3D dan panel serat karbon yang membentuk kulit eksterior dan inti interior.

Selain itu terdapat kaca transparan membentuk dinding untuk meminimalkan kebutuhan penggunaan lampu sebagai cahaya utama. Kemudian ada pilar berlapis kaca semi transparan yang membentuk kolom penyangga interior yang membuat rumah melengkung.

Penggunaan Material Alternatif

Rumah dan Teknologi

(Foto: Wideplankflooring.com)

Permintaan akan bahan yang ramah lingkungan berkontribusi pada tren bahan alternatif untuk konstruksi dan desain produk interior dan eksterior. Kemajuan teknologi dapat memanfaatkan bahan-bahan alami tersebut dengan baik, sehingga menghasilkan rumah layak huni dan ramah lingkungan.

Keuntungan dari rumah ramah lingkungan salah satunya adalah kesehatan bagi para penghuni. Rumah ini memiliki paparan zat berbahaya yang minim, serta didesain dengan memanfaatkan energi alam yang terbarukan.

Penggunaan Iot (Internet of Things)

Teknologi yang semakin canggih juga bisa digunakan untuk rumah seperti tren rumah pintar “smart home”. Rumah pintar ini terhubung ke internet yang bisa mengontrol semua perlengkapan di rumah Anda seperti menyalakan lampu, televisi, menutup pintu, dan lain sebagainya.

Selain itu tingkat keamanan rumah ini juga sangat tinggi. Karena berbagai fasilitas keamanan bisa saling terhubung dan terintegrasi dengan smartphone Anda. Pengawasan rumah selama 24 jam juga bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus khawatir terjadi sesuatu yang membahayakan saat Anda pergi.

Sumber: Wideplankflooring.com

Foto utama: Wideplankflooring.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Intip 9 Ide Desain Dapur Modern Yang Bisa Anda Terapkan

RumahCom - Bagi sebuah rumah, dapur menjadi salah satu ruangan yang istimewa bahkan bisa disebut sebagai bagian yang paling penting. Mengapa bisa dikatakan demikian? Karena dapur memiliki fungsi yang

Lanjutkan membacaJuni 25, 2020

Mengapa Biaya Bangun Rumah Modern Lebih Mahal Dari Tradisional?

RumahCom - Apabila Anda berencana membangun rumah modern, Anda pasti bertanya-tanya akan satu hal: berapa biayanya? Biaya untuk membangun rumah modern alias kontemporer bervariasi, tergantung pada lok

Lanjutkan membacaJuli 9, 2020

Wow, Rumah Mungil di Gang Sempit Cipulir Dapat Penghargaan dari New York!

RumahCom - Ada yang menarik dari sebuah rumah kecil di tengah pemukiman padat kota Jakarta sampai-sampai menarik mata dunia. Rumah ini bernama 'The Twins', dan desainnya mendapatkan penghargaan dari a

Lanjutkan membacaSeptember 14, 2020

Masukan