Siap-siap, Kuota KPR Bersubsidi Bisa Dialihkan Dari Bank Yang Penyerapannya Rendah

September 16, 2020

RumahCom – PPDPP kembali akan melakukan evaluasi terhadap bank penyalur KPR bersubsidi FLPP. Sejauh ini rata-rata penyaluran PPDPP telah mencapai 70 persen namun beberapa bank masih ada yang penyalurannya di bawah 50 persen untuk target tahun ini.

Lembaga penyalur KPR bersubsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali merilis penyaluran dana FLPP yang telah disalurkan kepada bank penyalur KPR

Hingga akhir pekan lalu, dana FLPP yang telah disalurkan mencapai Rp8,98 triliun untuk membiayai sebanyak 88.252 unit rumah. Pencapaian sebesar ini artinya telah memakan porsi 86,10 persen dari target penyaluran tahun 2020 ini yang sebesar 102.500 unit rumah. Dengan pencapaian ini, PPDPP telah menyalurkan sebanyak 743.854 unit rumah senilai Rp53,35 triliun sejak tahun 2010 lalu.

Menurut Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin, sesuai dengan perjanjian kerja sama (PKS) yang dilakukan dengan banyak bank penyalur, per bulan September 2020 ini bank pelaksana penyalur KPR FLPP minimal telah menyalurkan KPR bersubsidi mencapai 70 persen. Untuk itu PPDPP akan kembali melakukan evaluasi untuk perbankan pada bulan Oktober 2020.

“Ini menjadi evaluasi triwulan ketiga yang akan kami lakukan bulan Oktober sebagai upaya untuk terus memberikan yang terbaik kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Jika ada bank pelaksana yang masih belum optimal dalam penyaluran dana FLPP-nya, itu bisa dialihkan kuotanya kepada bank pelaksana yang lebih optimal sehingga dana FLPP yang disalurkan bisa lebih cepat dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Beli rumah terbatas? tak ada salahnya membeli rumah lelang. Simak video berikut untuk tau informasi selengkapnya.

Saat ini PPDPP telah menjalin kerja sama ddengan 28 bank pelaksana yang terdiri dari tujuh bank nasional dan 21 bank pembangunan daerah (BPD) untuk porsi penyaluran 70 persen yang sudah terserap. Sejauh ini pencapaian yang telah terserap hingga 70 persen ini masih tepat dan sesuai dengan kesepakatan antara PPDPP dengan bank penyalur.

Sementara masih ada sembilan bank yang terdiri dari satu bank nasional dan delapan BPD dengan capaian penyaluran di bawah 70 persen atau berkisar 50 persen. Sisanya, sebanyak lima bank pelaksana terdiri dari dua bank nasional dan tiga BPD penyalurannya masih di bawah 50 persen.

Tahun 2020 dengan target penyaluran dana FLPP sebesar 102.500 senilai Rp11 triliun, PPDPP optimistis bisa melaksanakan target ini hingga akhir tahun nanti. Bahkan, dengan perkiraan tren  penyerapan saat ini, Arief menyebut anggaran sebesar Rp11 triliun akan bisa melebihi dari target.

“Dengan tren penyerapan saat ini, dengan anggaran Rp11 triliun yang akan kami salurkan bisa mencapai 105,72 persen dari target tahun ini. Jadi kalau dengan Rp11 triliun untuk membiayai 102.500 unit rumah, maka akhir tahun ini kami bisa menyalurkan KPR FLPP mencapai 108.363 unit rumah berdasarkan proyeksi data persentase yang lolos pengujian pada periode Januari-Agustus 2020 dengan nilai rupiah yang sama,” beber Arief.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Inilah Ukuran Tempat Tidur yang Perlu Diketahui

RumahCom - Ukuran tempat tidur di Indonesia terdiri dari 5 jenis. Mulai dari yang terkecil yakni single size bed hingga yang terbesar super king bed.Lelah setelah beraktivitas seharian tentu membutuhk

Lanjutkan membacaSeptember 16, 2020

Cara Kreatif Memanfaatkan Batuan Alam di Rumah

RumahCom - Batu alam bisa dimanfaatkan di rumah dengan cara kreatif. Mulai dari dimanfaatkan sebagai dekorasi, dinding, hingga lantai rumah.Ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan di rumah denga

Lanjutkan membacaSeptember 16, 2020

4 Konsep Rumah Mungil Modern Terbaik

RumahCom - Walau terkesan sederhana, namun rumah mungil masih bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari ditambah sentuhan teknologi terkini yang mampu mendukung aktivitas harian Anda.Rumah mungil biasanya d

Lanjutkan membacaSeptember 16, 2020

Kolaborasi Bank-Pengembang Bikin Libur Bayar Enam Bulan

RumahCom – Kalangan perbankan dan pengembang terus memberikan berbagai kemudahan untuk menyiasati situasi sulit bisnis akibat pandemi Covid-19. Bank BTN dan pengembang Purinusa Jayakusuma mengambil

Lanjutkan membacaSeptember 16, 2020

Masukan