Inilah Ukuran Tempat Tidur yang Perlu Diketahui

Boy LeonardSeptember 17, 2020

Inilah Ukuran Tempat Tidur yang Perlu Diketahui

RumahCom – Ukuran tempat tidur di Indonesia terdiri dari 5 jenis. Mulai dari yang terkecil yakni single size bed hingga yang terbesar super king bed.

Lelah setelah beraktivitas seharian tentu membutuhkan istirahat yang berkualitas. Salah satu faktor yang berpengaruh pada kualitas istirahat seseorang adalah tempat tidur yang dimilki. Jika tempat tidur dirasa kurang nyaman tentu akan membuat tidur kurang nyaman bahkan membuat badan menjadi pegal-pegal. Biasanya tempat tidur yang baik memiliki bahan yang berkualitas sehingga terasa empuk dan nyaman.

Selain bahan ukuran tempat tidur juga bisa berpengaruh pada kenyamanan saat istirahat. Ukuran tempat tidur yang ideal tentu akan membuat tidur jadi lebih nyenyak. Tidak terlalu sempit maupun lebar adalah ukuran yang ideal untuk sebuah tempat tidur. Di Indonesia terdapat 5 ukuran tempat tidur standar yang umum digunakan, mulai dari yang terkecil (single size) hingga yang terbesar (super king size). Berikut ini adalah 5 ukuran tempat tidur yang bisa menjadi referensi Anda.

Single size bed

Single size bed merupakan ukuran terkecil di daftar ini. Di indonesia sendiri ukuran single size hadir dengan dimensi  90 cm x 200 cm. Beberapa negara Eropa Utara seperti Swedia, Denmark, dan Norwegia juga menggunakan ukuran ini. Sesuai dengan namanya, tempat tidur ini hanya muat digunakan oleh satu orang saja. Dengan ukurannya yang lebih kecil, tentu single size bed cocok bagi mereka yang tinggal sendiri atau hidup di ruangan yang tidak begitu luas.

Double size bed

Jika Anda berpikir bahwa ukuran single size masih terlalu kecil, maka bisa memilih ukuran double size. Tempat tidur ini memiliki ukuran panjang 200 cm x lebar 120 cm. Biasanya tempat tidur ini sering ditemui pada kamar hotel atau digunakan untuk orang tua dan anak.

Queen size bed

Ukuran tempat tidur ini cocok bagi Anda yang sudah memiliki pasangan. Memiliki panjang 200 cm dan lebar 160 cm, queen size tentu memiliki ukuran yang nyaman bagi Anda. Dengan tambahan lebar yang lebih panjang, tentu tempat tidur ini membuat Anda menjadi lebih leluasa dibanding dengan ukuran lainnya. Namun sebelum membeli tempat tidur dengan ukuran ini, pastikan kamar Anda memiliki luas yang cukup. Jika tidak, komposisi ruangan kamar Anda akan terlalu sesak dan sempit.

King size bed

Jika ukuran queen size dirasa masih kurang cukup, Anda bisa beralih ke pilihan king size bed. Tempat tidur ini memiliki ukuran yang lebih luas dan membuat Anda bersama pasangan bisa lebih bebas bergerak. Tempat tidur ini memiliki panjang 200 cm dan lebar 180 cm. Dengan permukaan yang lebih luas, Anda bersama pasangan tentu akan menikmati istirahat dengan baik di tempat tidur ini.

Super king bed

Ini adalah ukuran tempat tidur yang paling besar. Ukuran dari super king bed mencapai 200 cm x 200 cm. Tentu tempat tidur menjadi yang paling luas dan paling nyaman untuk bergerak bebas. Oleh karena itu tempat tidur super king bed cocok bagi mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Namun sama seperti ukuran king size, Anda tetap harus mempertimbangkan ukuran ruangan agar proporsional dengan tempat tidur ini.

Setelah mengetahui jenis-jenis ukuran tempat tidur yang umum digunakan Indonesia, Anda  tentu sudah bisa menilai mana yang paling sesuai. Pastikan tempat tidur yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan, sehingga Anda bisa menikmati waktu istirahat dengan nyaman saat di tempat tidur.

Sumber dan foto: Ikea.co.id

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Warna Cat Kamar Tidur dan Efek Psikologisnya

RumahCom - Kamar tidur menjadi bagian terpenting di rumah. Mengingat fungsinya sebagai tempat beristirahat, tak heran jika Anda akan sangat memerhatikan kualitas furnitur dan desain kamar. Tak jara

Lanjutkan membacaSeptember 24, 2016

Jenis-Jenis Pencahayaan untuk Kamar Tidur Nyaman

RumahCom - Memilih lampu kamar untuk dipasang di kamar tidur Anda tentunya tidak bisa disamakan dengan lampu yang ada di ruang kerja atau lampu di ruang makan. Agar kamar menjadi lebih nyaman dan s

Lanjutkan membacaOktober 24, 2016

Jangan Salah Posisikan Tempat Tidur. Ini Panduannya!

RumahCom - Kamar tidur merupakan area yang penting dalam hunian. Untuk mendekorasi sebuah kamar tidur diperlukan ketelitian. Apalagi fungsi kamar tak lain untuk tempat beristirahat bagi penghuni. K

Lanjutkan membacaApril 28, 2017

Masukan