Ini Kelebihan Menggunakan Karet Untuk Aspal Jalan

September 17, 2020

RumahCom – Kementerian PUPR menambah anggaran untuk pembelian aspal dari petani sebagai bahan camuran untuk perbaikan aspal jalan nasional. Ada beberapa kelebihan penggunaan karet untuk aspal jalan selain meningkatkan ekonomi lokal saat situasi pandemi.

Selama masa pandemi Covid-19 program kerja Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) difokuskan pada program padat karya tunai (PKT) atau cash for work untuk membuat dampak langsung kepada perekonomian masyarakat. Salah satu program cash for work unggulan Kementerian PUPR adalah program bedah rumah untuk membangun maupun merenovasi rumah-rumah yang tidak layak di seluruh Indonesia.

Untuk semakin mendorong dampak perekonomian langsung di tengah masyarakat, program cash for work Kementerian PUPR ini diperluas cakupannya. Salah satunya untuk pemeliharaan rutin jalan dengan menggunakan bahan campuran karet dan sekali lagi program ini sebagai salah satu mitigasi dampak pandemi Covid-19.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Marga mengalokasikan tambahan pembelian karet sebagai campuran aspal sebesar Rp20 miliar. Sebelumnya Kementerian PUPR telah menganggarkan dana sebesar Rp100 miliar untuk membeli 10 ribu ton karet untuk campuran bahan aspal.

“Tambahan anggaran ini digunakan untuk membeli karet langsung dari petani di Provinsi Bengkulu sebagai upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat pandemi Covid-19. Pandemi ini telah membuat penyerapan karet menjadi lebih sulit karena terhentinya aktivitas eknomi akibat pandemi, makanya kami membeli langsung dari petani lokal,” ujarnya.

Pembelian karet dari petani ini juga diharapkan bisa mendistribusikan anggaran pemerintah hingga ke tingkat desa ataupun pelosok untuk mendorong perekonomian masyarakat. Di sisi lain, kualitas ruas-ruas jalan nasional yang dipelihara dengan aspal campuran karet ini bisa menjaga kemantapan ruas jalan nasional untuk mendukung pergerakan orang dan barang (logistik).

Setiap orang pasti punya rumah idaman yang diinginkan. Lalu bagaimana cara cerdas agar bisa temukan rumah idaman? Nonton video berikut ini untuk tau caranya, yuk!

Basuki menjelaskan, kelebihan campuran aspal karet alam untuk aspal jalan bisa meningkatkan perkerasan aspal dalam hal umur pakainya dan ketahanan terhadap alur. Aspal menjadi memiliki tingkat perkerasan lebih baik, tidak mudah meninggalkan jejak roda pada saat aspal basah, dan daya tahan lebih tinggi dibandingka aspal biasa.

Dengan tambahan sebesar Rp20 miliar, total anggaran untuk pembelian karet campuran aspal tahun ini menjadi Rp120 miliar untuk menyerap 11.338 ton karet. Pembelian karetnya dikelompokkan menjadi dua pulau penghasil karet yaitu Sumatera sebanyak 8.450,87 ton dengan anggaran Rp86,4 miliar dan Kalimantan sebanyak 2.886,85 ton senilai Rp33,6 miliar.

Mekanisme pembelian aspal karet dilakukan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kementerian PUPR di sejumlah daerah penghasil karet seperti Medan, Palembang, Jambi, Padang, PLampung, Banjarmasin, Pontianak, dan Balikpapan melalui petani yang tergabung dalam kelompok petani Unit Pengolahan dan Pemasaran Bahan Olah Karet.

“Penggunaan aspal karet ini sudah dilakukaan untuk preservasi jalan di beberapa lokasi jalan nasional. Salah satunya di ruas Ciawi-Sukabumi, jalan nasonal batas Karawang-Cikampek, jalan nasional lintas tengah Jawa ruas Ajibarang-Banyumas-Klampok-Banjarnegara, dan jalan nasional ruas Muara Beliti-Batas Kabupaten Musi-Rawas-Tebing Tinggi-Batas Kota Lahat,” beber Basuki.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Inilah Ukuran Tempat Tidur yang Perlu Diketahui

RumahCom - Ukuran tempat tidur di Indonesia terdiri dari 5 jenis. Mulai dari yang terkecil yakni single size bed hingga yang terbesar super king bed.Lelah setelah beraktivitas seharian tentu membutuhk

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2020

4 Konsep Rumah Mungil Modern Terbaik

RumahCom - Rumah mungil biasanya dibangun atas dasar keterbatasan lahan. Biasanya rumah ini banyak ditemui di daerah perkotaan yang lahannya sudah banyak digunakan. Tapi, rumah mungil biasanya memilik

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2020

Cara Kreatif Memanfaatkan Batuan Alam di Rumah

RumahCom - Ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan di rumah dengan cara yang kreatif. Mulai dari untuk dekorasi, material bahan bangunan, hingga konstruksi rumah bisa digunakan menggunakan bahan

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2020

Setelah Enam Bulan Pandemi, Seperti Ini Dampaknya Untuk Sektor Apartemen

RumahCom – Penjualan unit apartemen di wilayah Jabodetabek mengalami penurunan yang cukup dalam saat pandemi Covid-19. Penurunan penjualan ini juga memunculkan segmen yang paling banyak dicari hingg

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2020

Masukan