6 Cara Menambahkan Gaya Retro di Rumah

September 18, 2020

RumahCom – Gaya retro di rumah bisa diterapkan dengan menambah barang-barang klasik serta penambahan warna vintage yang hangat.

Saat ini gaya retro cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan. Kepopulerannya ternyata banyak terekspos di berbagai media sosial. Gaya ini menjadi daya tarik karena mulai banyak orang-orang yang menyukai gaya klasik tapi dengan sentuhan modern. Beberapa barang-barang antik dan klasik yang sering ditemui adalah kursi, meja, bola lampu, dan banyak barang lainnya.

Sekarang banyak orang berlomba-lomba untuk membuat kombinasi gaya retro dan modern di dalam rumahnya. Mungkin Anda akan berpikir bahwa dibutuhkan banyak uang untuk mendapatkan gaya retro di rumah. Namun hal tersebut ternyata keliru, Anda bisa mendapatkan gaya retro dengan mudah dan murah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa menjadi referensi Anda dalam menghadirkan gaya retro di rumah.

1. Menambah sofa dengan gaya abad pertengahan

(Foto: Thespruce.com)

(Foto: Thespruce.com)

Sofa dari gaya abad pertengahan tentu akan memperkuat kesan klasik di rumah Anda. Biasanya sofa ini dilapisi dengan kain wol dan menggunakan warna-warna yang hangat. Misalnya warna coklat tua dan merah sering dijumpai pada sofa ini. Anda bisa menambah daya tarik dari sofa ini dengan menambahkan selimut untuk berkemah serta bantal yang memiliki motif menarik. Selain sofa, gaya klasik akan semakin terasa dengan menambahkan kursi kulit dengan warna merah tua.

2. Menciptakan kesan klasik di dekat pintu masuk

(Foto: Thespruce.com)

(Foto: Thespruce.com)

Orang yang berkunjung ke rumah tentu akan takjub dengan desain klasik di pintu masuk rumah Anda. Mendapatkan kesan bagus tersebut tentu sangat baik bagi kenyamanan pengunjung rumah. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah sentuhan retro adalah menambah barang klasik di dekat pintu masuk. Misalnya jam analog, gantungan, lampu vintage, dan banyak lagi lainnya. Anda juga bisa menambahkan aksesoris dari abad pertengahan lain jika dirasa perlu untuk kesan klasik yang lebih kental.

3. Dinding yang penuh dengan barang klasik

(Foto: Thespruce.com)

(Foto: Thespruce.com)

Jika biasanya dinding hanya dibiarkan polos begitu saja hingga tampak membosankan, Anda bisa mengubahnya menjadi lebih menarik dengan barang klasik. Ada beberapa barang vintage yang bisa Anda tambahkan untuk membuat dinding rumah lebih menarik. Misalnya globe, peta, lukisan, rak buku, dan banyak lagi lainnya. Anda bisa menyusun barang-barang tersebut dengan rapi sehingga memperkuat kesan klasiknya.

4. Menambah konsep modern

(Foto: Thespruce.com)

(Foto: Thespruce.com)

Barang elektronik dengan teknologi canggih ternyata bisa dipadukan dengan barang klasik. Televisi flat berwarna hitam, home theater, hingga perangkat elektronik lainnya menghasilkan kombinasi yang menarik dengan barang retro. Sentuhan warna coklat, putih, dan emas ternyata bisa memperkuat kesan klasik pada rumah Anda. Beberapa barang klasik lain yang bisa ditambahkan berupa buku, lampu, meja, lilin, hingga vas bunga.

5. Ruang kerja dengan nuansa vintage

(Foto: Thespruce.com)

(Foto: Thespruce.com)

Jika Anda memiliki ruang kerja di rumah, maka tidak ada salahnya untuk memberi sentuhan retro pada ruangan tersebut. Agar mood menjadi lebih baik saat bekerja Anda bisa menerapkan warna-warna yang cerah dan beragam. Namun jika Anda merasa cukup dengan beberapa kombinasi warna saja tidak masalah. Ruang kerja seperti ini tentu menjadi sesuatu yang berbeda daripada yang biasanya tampak monoton dan membosankan. Anda akan mendapat banyak inspirasi baru lain saat bekerja sehingga tidak mudah jenuh.

6. Lantai catur

(Foto: Thespruce.com)

(Foto: Thespruce.com)

Kesan klasik bisa Anda hadirkan dengan lantai catur yang khas dari abad pertengahan. Kombinasi warna hitam dan putih tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri. Pola warna lantai ini bisa Anda terapkan di berbagai ruangan, misalnya dapur, ruang tamu, kamar, dan ruang keluarga.

Sumber: Thespruce.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Setelah Enam Bulan Pandemi, Seperti Ini Dampaknya Untuk Sektor Apartemen

RumahCom – Penjualan unit apartemen di wilayah Jabodetabek mengalami penurunan yang cukup dalam saat pandemi Covid-19. Penurunan penjualan ini juga memunculkan segmen yang paling banyak dicari hingg

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2020

Lembaga Manajemen Aset Negara Optimalkan Aset Properti Dengan Cara Ini

RumahCom - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) berencana mendorong optimalisasi aset properti dengan pihak ketiga. Langkah yang akan dilakukan adalah dengan skema berbasis kerja sama operasi (KSO) un

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2020

Harga Rata-rata Rumah Di Inggris Melonjak, Ini Penyebabnya

RumahCom – Harga rumah di Inggris melonjak ke rekor tertinggi baru pada Juni. Ini disebabkan pasar perumahan dibuka kembali dan permintaan rumah yang terpendam direalisasikan setelah lockdown akibat

Lanjutkan membacaSeptember 18, 2020

Jadi Lokomotif Perekonomian Tapi Insentif Yang Diberikan Sangat Minim Untuk Sektor Properti

RumahCom – Situasi bisnis properti mengalami banyak kendala saat pandemi Covid-19. Dibutuhkan stimulus dari pemerintah untuk bisa menggerakkan sektor ini dan mendorong sektor lainnya menjadi ikut be

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2020

Masukan