Ide Kreatif yang Bisa Dilakukan dengan Kayu Bekas di Rumah

September 18, 2020

RumahCom – Jika memiliki kayu bekas, sebaiknya tidak langsung dibuang. Anda bisa memanfaatkanya menjadi berbagai barang menarik yang berguna untuk rumah.

Jika ada kayu bekas di rumah mungkin Anda akan segera membuang atau membakarnya. Padahal kayu bekas tersebut masih bisa dimanfaatkan dengan baik untuk keperluan di rumah. Mulai dari menambah furnitur, dekorasi rumah, hingga benda-benda lainnya. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa ide yang bisa dilakukan dengan kayu bekas milik Anda di rumah.

1. Tempat perkakas

(Foto: Bobvilla.com)

(Foto: Bobvilla.com)

Jangan segera buang kayu bekas Anda, karena bisa dimanfaatkan menjadi berbagai benda. Misalnya menjadi tempat penyimpanan untuk alat-alat perkakas di rumah. Dengan adanya alat ini, Anda tentu tidak perlu khawatir lagi karena perkakas tersebut tersimpan dengan aman dan tidak akan hilang. Alat-alat seperti obeng, palu, tang, kunci pas bisa disimpan dan aman di kotak perkakas dari kayu bekas tersebut.

2. Rak buku

(Foto: Bobvilla.com)

(Foto: Bobvilla.com)

Apakah Anda suka membaca buku? Memanfaatkan kayu bekas menjadi rak buku adalah pilihan yang tepat sekaligus murah. Buku-buku Anda akan tersusun dengan rapi dan tidak akan hilang. Anda bisa membuat rak buku secara mudah dengan menggunakan kayu bekas yang masih kokoh, paku, lem, dan penyangga. Pastikan rak buku tersebut memiliki ukuran yang sesuai dengan ruangan rumah Anda.

3. Jalanan taman

(Foto: Bobvilla.com)

(Foto: Bobvilla.com)

Memiliki taman di rumah memang sangat menyenangkan. Anda bisa menikmati kesegaran udara pada pagi hari atau kesejukan yang tentram pada sore hari di taman. Untuk mempercantik taman Anda bisa membuat jalan di taman tersebut dengan memanfaatkan kayu bekas. Kayu-kayu tersebut kemudian disusun hingga membentuk sebuah jalan. Kehadiran kayu di taman tentu menambah kesan natural yang kuat sehingga mempercantik rumah Anda.

4. Penghias dinding

(Foto: Bobvilla.com)

(Foto: Bobvilla.com)

Kayu bekas yang masih kuat dan kokoh tetap bisa dimanfaatkan sebagai penghias dinding rumah. Hal ini akan berpengaruh pada dekorasi rumah yang menjadi terlihat lebih unik dan menarik. Dinding yang dilapisi kayu tentu akan memberi kesan natural, hangat, dan nyaman untuk rumah. Anda juga bisa membuat semacam ornamen kreatif sehingga membentuk hiasan kayu yang cantik untuk dinding rumah.

5. Rumah burung

(Foto: Bobvilla.com)

(Foto: Bobvilla.com)

Bagi pecinta burung, tentu membuatkan rumah yang bagus bagi peliharaannya adalah hal yang baik. Anda tidak perlu membeli rumah burung, cukup dengan memanfaatkan kayu bekas saja. Rumah burung yang berasal dari kayu bekas tentu lebih murah dan tahan lama. Anda juga bisa mendesain rumah burung tersebut sesuka hati. Hal yang perlu Anda perhatikan tentu luas rumah hingga jenis burung. Karena rumah burung tentu harus dibuat berdasarkan kenyamanan hewan tersebut.

6. Pot bunga hias

(Foto: Bobvilla.com)

(Foto: Bobvilla.com)

Kayu bekas tentu bisa dimanfaatkan menjadi apa saja, termasuk sebagai pot untuk bunga hias Anda. Kehadiran bunga hias tentu mempercantik bagian dalam maupun rumah. Warna-warna bunga yang cerah akan membuat rumah menjadi lebih segar dan memperkuat kesan natural. Agar kesannya lebih kuat Anda tentu bisa memanfaatkan kayu bekas sebagai pot bunga.

7. Furnitur

(Foto: Bobvilla.com)

(Foto: Bobvilla.com)

Kayu bekas yang masih bagus biasanya datang dari sisa-sisa pembangunan atau renovasi rumah. tentu akan sangat disayangkan jika kayu bekas tersebut dibuang atau dibakar. Padahal Anda bisa memanfaatkannya menjadi berbagai macam furnitur. Mulai dari meja hingga kursi. Agar lebih nyaman, kayu yang telah Anda buat sebagai furnitur tersebut diberi lapisan agar memperhalus permukaannya. Dengan demikian siapapun yang menggunakan furnitur yang terbuat dari kayu bekas tersebut tetap merasa nyaman dan aman.

Sumber: Bobvilla.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Harga Rata-rata Rumah Di Inggris Melonjak, Ini Penyebabnya

RumahCom – Harga rumah di Inggris melonjak ke rekor tertinggi baru pada Juni. Ini disebabkan pasar perumahan dibuka kembali dan permintaan rumah yang terpendam direalisasikan setelah lockdown akibat

Lanjutkan membacaSeptember 18, 2020

Jadi Lokomotif Perekonomian Tapi Insentif Yang Diberikan Sangat Minim Untuk Sektor Properti

RumahCom – Situasi bisnis properti mengalami banyak kendala saat pandemi Covid-19. Dibutuhkan stimulus dari pemerintah untuk bisa menggerakkan sektor ini dan mendorong sektor lainnya menjadi ikut be

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2020

6 Cara Menambahkan Gaya Retro di Rumah

RumahCom - Gaya retro di rumah bisa diterapkan dengan menambah barang-barang klasik serta penambahan warna vintage yang hangat.Saat ini gaya retro cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan. Kepopul

Lanjutkan membacaSeptember 18, 2020

Ide Dekorasi dan Desain Interior Rumah Gaya Timur Tengah

RumahCom - Rumah dengan gaya khas timur tengah biasanya terlihat pada perpaduan warna yang diterapkan, aksesoris, hingga furniture yang digunakan.Negara-negara di timur tengah memiliki budaya yang uni

Lanjutkan membacaSeptember 18, 2020

Masukan