Jenis-Jenis Pencahayaan Untuk Dapur

September 21, 2020

RumahCom – Dapur memerlukan pencahayaan yang baik agar bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman. Ada beberapa jenis pencahayaan pada dapur mulai dari lampu gantung, tersembunyi, hingga lampu permukaan.

Hampir seluruh ruangan di dalam rumah menggunakan pencahayaan. Mulai dari ruang tamu, kamar, toilet, gudang semuanya memerlukan cahaya yang baik. Pencahayaan sangat berguna untuk penerangan demi mendukung aktivitas Anda di ruangan-ruangan tersebut. Pencahayaan bisa digunakan untuk melakukan aktivitas seperti membaca buku, bermain, dan melakukan kegiatan lainnya.

Salah satu pencahayaan yang tidak lupa dipasang adalah pada bagian dapur. Pencahayaan di dapur menjadi satu hal penting karena di dapur ini banyak kegiatan yang cukup berbahaya jika tidak mendapatkan pencahayaan yang baik. Misalnya memotong sayuran, daging, menyalakan kompor, memasak, dan masih banyak lagi tentu membutuhkan penerangan yang cukup. Dengan cahaya yang tepat maka dapur akan memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas di dalamnya. Pencahayaan di dapur sendiri terdiri dari banyak sekali jenis yang bisa Anda gunakan. Lantas apa saja jenis pencahayaan umum yang biasa dipasang di dapur? Berikut diantaranya.

1. Lampu Tersembunyi

(Foto: Freepik.com)

Lampu tersembunyi menjadi lampu yang biasa dipasang di dapur. Lampu ini tersembunyi di langit-langit dan membantu menjaga keterbukaan ruang. Banyak orang memilih lampu jenis ini karena alasan tertentu. Jika Anda berniat membuat lampu tersembunyi di dapur Anda maka Anda harus siapkan ruang terbuka yang cukup di langit-langit dapur Anda seperti tidak ada pipa dan kabel yang mengganggu. 

Jika dapur Anda memiliki loteng yang belum selesai dibangun, maka bisa membuat lampu tersembunyi di dapur. Lampu tersembunyi dinilai lebih mudah dan mudah dalam pemasangan sehingga tidak heran banyak orang tertarik memasang lampu jenis ini di dapur mereka.

2. Lampu Permukaan

(Foto: Freepik.com)

(Foto: Freepik.com)

Lampu permukaan juga bisa Anda gunakan dalam dapur rumah Anda. Lampu permukaan tidak ada masalah dengan gabungan langit-langit. Jenis pencahayaan ini dipilih karena bisa menerangi area yang luas. Umumnya, lampu permukaan juga lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan lampu tersembunyi karena debu dan kotoran sulit dilihat di lampu tersembunyi.

Lampu permukaan menjadi pilihan standar bagi sebagian besar penerangan dapur umum dari awal abad ke-20. Seiring waktu lampu permukaan berkembang dan didesain lebih menarik. Sisi negatifnya, lampu permukaan dipasang menghadap ke atas sehingga lampu jenis ini membutuhkan pembersihan secara berkala.

3. Lampu Gantung

(Foto: Freepik.com)

(Foto: Freepik.com)

Lampu gantung merupakan lampu yang umum sekali digunakan orang untuk dapur mereka. Keuntungan dari lampu gantung adalah membawa cahaya lebih dekat ke area dan memberi Anda visibilitas yang baik. Pemasangan lampu gantung yang tepat bisa memberikan penerangan yang baik pada seluruh ruangan di dapur.

Lampu gantung cukup popular hampir semua orang menyukainya. Selain karena efisiensi, lampu gantung juga kini memiliki banyak tampilan menarik. Banyak model untuk lampu jenis ini, sehingga Anda tidak perlu bingung dalam memilihnya. Banyak orang juga memilih memasukkan setidaknya beberapa dari perlengkapan serbaguna ke dalam desain keseluruhan mereka.

Namun sayangnya, ada kerugian juga dalam lampu jenis ini yakni lampu yang dipasang di langit-langit ini bisa menghalangi Anda dalam beraktivitas sehingga merasa terbatasi saat berdiri atau bangun dari kursi. Akan tetapi, Anda bisa menyiasatinya dengan cara memasang lampu gantung yang tepat misalnya dengan langit-langit cukup tinggi.

Lampu gantung juga perlu dibersihkan secara berkala sama halnya dengan lampu permukaan. Anda hanya perlu membersihkannya perlahan untuk menghilangkan debu terkumpul yang terlihat karena pada dasarnya lampu gantung debunya akan seringkali terlihat dan mudah terlihat.

Sumber: Thespruce.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Produk Ruko Laris Manis Di Township Ini

RumahCom – Dengan mengusung produk dan strategi marketing yang tepat kalangan pengembang tetap bisa meraih penjualan yang baik saat banyaknya kendala bisnis terkait pandemi Covid-19. Produk ruko mis

Lanjutkan membacaSeptember 18, 2020

Refleksikan Kembali Makna Rumah, Perusahaan Energi Ini Luncurkan Kampanye #RumahAdalah

RumahCom – Pandemi Covid-19 disiasati oleh semua kalangan untuk menerapkan berbagai strategi bisnisnya termasuk untuk perusahaan digital Schneider Electric dengan kampanye #RumahAdalah. Melalui kamp

Lanjutkan membacaSeptember 18, 2020

Selain Pembiayaan Perumahan, Ini Fungsi Lain Tapera

RumahCom – BP Tapera akan segera beroperasi awal tahun depan khususnya untuk kalangan ASN pada tahap awalnya. Selanjutnya Tapera akan melengkapi stakeholder industri properti sehingga bisa memudahka

Lanjutkan membacaSeptember 18, 2020

Pemilik Perumahan Untuk Ekspatriat Harus Fleksibel Dengan 3 Skenario Ini

RumahCom – Sejumlah prediksi yang dibuat pada akhir tahun lalu menyatakan pasar perumahan ekspatriat pada 2020 bakal bullish. Perkiraan tersebut keluar karena saat itu prospeknya didukung oleh proye

Lanjutkan membacaSeptember 18, 2020

Nyaris Semua Proyek Apartemen Mandek Di Kuartal II

RumahCom – Nyaris semua pengembang apartemen menunda atau bahkan membatalkan sepenuhnya peluncuran proyek baru pada kuartal II/2020. Pasalnya, permintaan pasar anjlok karena pandemi Covid-19.Data Co

Lanjutkan membacaSeptember 18, 2020

Masukan