Rp17,5 Juta Bantuan Bedah Rumah, Program Ini Juga Sukses Tingkatkan Perekonomian

September 21, 2020

RumahCom – Kementerian PUPR menjadikan program bedah rumah menjadi salah satu program unggulan. Dengan bantuan Rp17,5 juta per unit rumah, program dengan skema cash for work ini telah berhasil mendorong daya beli masyarakat saat pandemi Covid-19.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menggenjot program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) atau program bedah rumah. Program ini telah berhasil membuat kawasan hunian yang tidak layak menjadi lebih layak huni sekaligus menjadi bantalan untuk perekonomian yang tersendat karena pandemi Covid-19.

Program bedah rumah yang pelaksanaannya dibuat menjadi program bantuan langsung tunai (BLT) atau cash for work telah berhasil menggerakkan perekonomian masyarakat di akar rumput. Karena itu program ini masih akan terus dilanjutkan bahkan alokasi anggarannya diperbesar hingga tahun anggaran 2021 mendatang.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, tahun ini anggaran program bedah rumah alokasinya mencapai Rp4,68 triliun dan hingga 18 September 2020 realisasinya telah mencapai 84,3 persen senilai Rp3,95 triliun. Program ini juga telah berhasil menyerap tenaga kerja sebanyak 252.443 orang.

“Program yang dijalankan dengan model cash for work ini telah berhasil mempertahankan daya beli masyarakat di tengah pandemi ini dan bisa mengurangi angka pengangguran di daerah-daerah. Ini merupakan betuk perhatian pemerintah kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk menghuni rumah yang layak sekaligus membuka lapangan pekerjaan untuk para tukang dan toko material bahan bangunan. Semoga program ini bisa meningkatkan kualitas hidup para penerimanya dengan rumah yang lebih layak, sehat, dan nyaman,” ujarnya.

Notaris selalu ada dalam setiap transaksi properti ataupun mengurus hal-hal terkait properti. Simak video berikut untuk mengenal Akta Notaris lebih lanjut.

Di beberapa lokasi, Kementerian PUPR juga terus meningkatkan program bedah rumah dengan menambah alokasi anggarannya sesuai usulan dari pemerintah daerah. Di Provinsi Sulawesi Tengah misalnya, alokasi yang ditambah mencapai 961 unit untuk lima kabupaten. Sebelumnya, Provinsi Sulawesi Tengah telah menerima 4.000 unit program bedah rumah sehingga totalnya menjadi 4.961 unit.

Kelima kabupaten yang mendapatkan tambahan alokasi program ini yaitu Kabupaten Parigi Moutong sebanyak 200 unit, Kabupaten Banggai 300 unit, Kabupaten Banggai Kepulauan 125 unit, Kabupaten Morowali Utara 236 unit, dan Kabupaten Morowali 100 unit. Total anggaran tambahan unutk lima kabupaten ini mencapai Rp86,81 miliar dan pengerjaan fisiknya telah mencapai 76,04 persen yang ditargetkan bisa selesai pada akhir tahun ini.

“Alokasi anggaran untuk proram peningkatan kualitas rumah ini mencapai Rp15 juta untuk material bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk upah tukang sehingga totalnya Rp17,5 juta untuk setiap unit rumah. Tapi masyarakat tidak menerima langsung uangnya tapi berupa material bahan bangunan,” imbuh Basuki.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Mendesain Rumah dengan Gaya Jepang

RumahCom - Rumah gaya Jepang memiliki pendekatan minimalis yang mengutamakan kenyamanan, kesederhanaan, dan fungsionalitas.Desain interior rumah selalu berkembang dari waktu-waktu. Perubahannya sangat

Lanjutkan membacaSeptember 21, 2020

Mewujudkan Rumah Sehat Dan Bahagia Menurut Feng Shui

RumahCom - Memiliki rumah sehat tentu membuat penghuninya menjadi merasa jauh lebih nyaman dan bahagia. Menurut Feng Shui rumah yang sehat bisa dicapai dengan keseimbangan dan aliran energi (chi) yang

Lanjutkan membacaSeptember 21, 2020

Awas, Kinerja Bank Penyalur KPR FLPP Kurang 70 Persen, Kuota Dipotong 20 Persen

RumahCom – Lembaga penyalur KPR bersubsidi FLPP PPDPP, kembali melakukan evaluasi untuk bank pelaksana yang menyalurkan KPR FLPP. Evaluasi tiga bulanan ini akan memotong kuota KPR FLPP bank pelaksan

Lanjutkan membacaSeptember 21, 2020

Pengembang Soroti Kendala Sektor Properti, Rumah MBR Hingga Kepemilikan Orang Asing

RumahCom – Berbagai kendala masih dihadapi kalangan pengembang khususnya terkait regulasi. Sektor properti dengan banyak industri turunannya harus diberikan regulasi dan relaksasi sehingga bisa mend

Lanjutkan membacaSeptember 21, 2020

Masukan