Bank Diharapkan Tetap Salurkan KPR Meski Ada Stimulus Properti Dari Pemerintah

Boy LeonardSeptember 22, 2020

Bank Diharapkan Tetap Salurkan KPR Meski Ada Stimulus Properti Dari Pemerintah

RumahCom – Pemerintah sedang mengkaji beberapa stimulus untuk sektor properti di tengah pandemi Covid 19. Meski stimulus tengah digodok, perbankan harus tetap jalan dalam memberikan kredit pemilikan rumah (KPR) kepada nasabah.

Adapun stimulus yang akan masuk dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) adalah Biaya Perolehan Hak atas Tanah dan/atau Bangunan (BPHTB) untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ditanggung pemerintah pusat.

Bukan cuma itu, ada pula payment holiday untuk angsuran pokok dan bunga untuk kredit pemilikan rumah (KPR) maksimal Rp500 juta, penurunan PPh BPHTB rumah sederhana/rumah sangat sederhana (RS/RSS) dari 5 persen menjadi 1 persen, serta bunga kredit konstruksi rendah.

Stimulus tersebut segera difinalisasi oleh Tim Pelaksana, Satgas PC-19, dan Satgas PEN dengan dikoordinasikan dengan Kementerian Keuangan.

Direktur PT Ciputra Development Tbk Harun Hajadi menuturkan, stimulus itu dibuat hanya untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sehingga hanya akan menyentuh produk RS/RSS.

“Tentu akan ada pengaruh ke pasar tersebut,” kata Harun, sebagaimana dikutip dari Bisnis.com, Selasa, 22 September 2020.

Menurut Harun, yang lebih penting adalah permintaan karena di masa pandemi ini properti bukan menjadi kebutuhan utama karena masyarakat mementingkan kebutuhan pokok saat ini.

Harun menilai, ketersediaan KPR sangat penting untuk dapat menggerakkan properti hunian di berbagai segmen.

Appetite bank-bank untuk memberikan KPR harus dijaga, karena dengan adanya KPR, kemampuan membeli jadi memungkinkan,” ucap Harun.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi  seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah!

Sumber foto utama: Pixabay.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

BTN: Stimulus Pemerintah Pulihkan Pasar Properti

RumahCom – Bank BTN sebagai bank penyalur KPR terbesar, terutama untuk segmen KPR Subsidi, menilai peran pengembang sangat strategis dalam mengurangi backlog kepemilikan perumahan yang masih tin

Lanjutkan membacaSeptember 13, 2017

Pengembang Keluhkan Sistem Baru Bank Yang Membuat Banyak Debitur KPR Berguguran

RumahCom – Bank BTN menerapkan sistem teknologi baru untuk verifikasi penyaluran KPR bersubsidi. Kalangan pengembang mengeluhkan sistem baru ini karena banyak debitur yang malah tertolak KPR-nya.Men

Lanjutkan membacaMei 8, 2020

Hati-Hati Dengan Status Pailit, Konsumen Bisa Makin Buntung

RumahCom-Proyek apartemen yang terkendala dan berujung pada proses PKPU dipastikan akan menempuh jalur yang berbelit dan merugikan bagi semua pihak. Terhadap proyek apartemen yang bermasalah, konsumen

Lanjutkan membacaSeptember 22, 2020

Masukan