Memanfaatkan Atap Rumah Menjadi Kebun

Boy LeonardSeptember 22, 2020

Manfaatkan Atap Rumah Jadi Kebun - FIMG

RumahCom – Berkebun di atap rumah menjadi solusi bagi mereka yang suka merawat tanaman tapi memiliki keterbatasan lahan.

Bagi sebagian orang, berkebun menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Biasanya berkebun bisa dilakukan di halaman rumah atau pekarangan rumah. Namun, bagi orang-orang yang tinggal di kota-kota besar dengan lahan terbatas akan sulit bagi mereka untuk berkebun.

Memiliki halaman dengan kebun yang indah memberikan keindahan dan ketenangan bagi pemilik rumah. Daun yang hijau dan bunga yang berwarna warni memanjakan mata dan menyejukkan suasana. Lantas bagaimana cara kita dapat berkebun jika lahan yang kita miliki saja terbatas?

Anda tetap bisa berkebun dengan lahan terbatas dengan memanfaatkan atap rumah. Hal ini sudah menjadi tren di berbagai kota yang menerapkan gaya hidup hijau di rumah. Memanfaatkan atap rumah tentu menjadi solusi yang paling efektif untuk saat ini.

Berkebun di atap rumah bukanlah hal baru saat ini. Pasalnya, berbagai Negara sudah menerapkan memanfaatkan atap rumah sebagai area kebun mereka. Alasan atap bisa dimanfaatkan sebagai kebun adalah:

  • Memanfaatkan ruang yang tidak terpakai atau kurang dimanfaatkan menjadi lebih bermanfaat
  • Ramah lingkungan
  • Memberikan privasi yang lebih baik
  • Memberikan paparan sinar matahari yang cukup

Pilihan untuk kebun di atap rumah 

Jika berencana untuk membuat kebun di atap rumah Anda, sebenarnya ada beberapa pilihan yang bisa Anda lakukan untuk kebun di atap rumah. Hal ini mungkin terdengar biasa, namun sebenarnya cukup sulit untuk dilakukan. Anda bisa saja membuat kebun sendiri, namun akan lebih baik jika dilakukan oleh mereka yang benar-benar ahli.

Hal yang harus dipertimbangkan dalam menyiapkan kebun atap rumah

Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membuat kebun di atap rumah, antara lain:

Izin

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah izin. Karena Anda sebagai penghuni harus bertanya tentang aksesibilitas, batasan ketinggian bangunan dan peraturan yang dapat melarang semua jenis penggunaan atap.

Kemampuan bangunan

Pastikan atap Anda dapat menahan beban yang berat. Untuk itu Anda bisa bertanya pada seorang profesional berlisensi untuk melakukan hal ini. Pot dan tanah yang awalnya sudah berat akan bertambah berat jika tanaman tumbuh besar.

Akses

Bagaimana Anda akan memasukkan dan mengeluarkan materi dan perlengkapan berkebun Anda? Jika tinggal di apartemen maka harus dipastikan bahwa Anda mendapatkan izin untuk menggunakan lift untuk membawa material tersebut.

Air

Pastikan juga apakah Anda bisa mengalirkan air ke atap Anda. Tanaman di atap rumah Anda memerlukan banyak air sehingga Anda harus pertimbangkan pemasangan saluran air bagi tanaman nantinya

Sinar Matahari

Pastikan sinar matahari di atap rumah Anda dapat memenuhi kebutuhan tanaman Anda. Karena tanpa sinar matahari tanaman tidak akan mampu tumbuh dengan baik.

Aliran Listrik

Mungkin untuk sebagian orang berpikir listrik tidak begitu penting untuk kebun. Namun, jika Anda berencana menikmati kebun di malam hari maka listrik akan membantu dalam menerangi kebun atap Anda.

Tempat penyimpanan

Tempat penyimpanan sangat penting dimiliki dalam kebun seperti untuk meletakkan peralatan, pupus, kompos, dan lain sebagainya.

Biaya

Dan hal yang paling penting untuk Anda persiapkan adalah berapa biaya yang dibutuhkan untuk menyiapkan kebun atap rumah. Karena semua hal bisa dilakukan jika sudah mempersiapkan berapa biaya yang Anda butuhkan untuk membangun kebun di atap rumah sekaligus perlengkapannya.

Sumber artikel dan foto: Thespruce.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Rahasia Bikin Halaman Rumah Mungil Jadi Mewah

RumahCom - Salah satu bagian rumah yang langsung terlihat adalah halaman rumah Anda. Melalui halaman, tamu yang datang pun akan langsung menilai bagaimana Anda merawat rumah tersebut.Halaman yang nyam

Lanjutkan membacaJuli 17, 2017

4 Sayuran Tahan Panas Cocok Ditanam di Rumah

RumahCom - Jika melihat kanal-kanal tv kabel yang khusus menayangkan program kuliner, Anda tentu sering dibuat iri oleh juru masak luar negeri yang menanam sayurnya sendiri di rumah. Tanpa repot belan

Lanjutkan membacaJuli 21, 2017

Mengenal Jenis Tanaman Rambat untuk Rumah dan Cara Menanamnya

RumahCom - Tanaman rambat mampu meningkatkan estetik rumah, selain itu kehadiran tanaman ini membuat rumah menjadi jauh lebih sejuk.Pernahkah Anda mendengar tentang tanaman rambat? Mungkin Anda tidak

Lanjutkan membacaSeptember 10, 2020

Masukan