5 Gaya Arsitektur Terbaik

Boy LeonardSeptember 24, 2020

Gaya Arsitektur Terbaik

RumahCom – Gaya arsitektur menjadi acuan bagi beberapa orang dalam membangun rumah. Ada banyak gaya arsitektur yang bisa diterapkan mulai dari klasik, industrial, hingga neoklasik.

Dalam dunia arsitektur ada berbagai macam gaya yang bisa diterapkan. Gaya tersebut menjadi acuan bagaimana suatu bentuk bangunan akan dibangun. Tentu saja setiap orang memiliki preferensi masing-masing soal bagaimana gaya rumah yang akan mereka bangun. Misalnya saat ini gaya minimalis modern sangat banyak diminati. Para pengembang perumahan pun tentu mengikuti gaya tersebut karena banyak orang yang menyukainya.

Pada dunia arsitektur sendiri, ada banyak sekali gaya yang diterapkan pada sebuah bangunan. Mulai gaya modern, industrial, hingga klasik. Gaya-gaya tersebut memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa gaya arsitektur terbaik yang bisa menjadi referensi Anda dalam membangun sebuah bangunan.

Klasik

Gaya Arsitektur Terbaik

(Foto: Thespruce.com)

Gaya arsitektur klasik mengacu pada gaya bangunan yang berasal dari Yunani dan Romawi Kuno. Anda tentu tidak asing dengan bangunan-bangunan dari negeri para dewa tersebut. Bangunan gaya klasik identik dengan pilarnya yang besar dan kokoh. Penggunaan materialnya pun tidak sembarangan. Secara umum material yang digunakan adalah marmer, bata, dan beton yang membuat bangunan tersebut kokoh dan tahan lama.

Selain itu arsitektur klasik biasanya dibangun berdasarkan proporsi dan simetri. Banyak bangunan yang dibanguna dengan simetri yang tepat seperti membentuk persegi atau lingkaran dengan proporsi yang pas. Gaya ini sudah mulai diterapkan pada masa modern namun dengan sentuhan yang kekinian.

Neoklasik

Gaya Arsitektur Terbaik

(Foto: Thespruce.com)

Perkembangan arsitektur klasik dengan gaya kekinian dinamakan dengan gaya neoklasik. Contoh gaya neoklasik bisa dilihat pada Gedung Putih di Amerika Serikat dan banyak bangunan-bangunan lain di Eropa. Gaya ini merupakan gaya yang memiliki tampilan visual menarik, interior yang indah, dan gaya bangunan yang tampak kokoh.

Greek Revival

Gaya Arsitektur Terbaik

(Foto: Thespruce.com)

Greek revival atau gaya kebangkitan Yunani merupakan gaya arsitektur yang terinspirasi oleh kesederhanaan dan keanggunan kuil Yunani kuno abad ke-5 SM. Bangunan dengan gaya ini juga memiliki simetri dan proporsi yang mirip dengan gaya klasik dan diterapkan di banyak bangunan di Amerika Serikat.

Bahan bangunannya masih didominasi oleh marmer yang membuat bangunan menjadi kokoh dan tahan lama. Selain itu warna bangunannya didominasi oleh warna putih cerah. Pada bagian interiornya tampak megah dan mewah. Mengandalkan jendela dan pintu yang tinggi dengan langit-langit yang penuh ornamen.

Industrial

Gaya Arsitektur Terbaik

(Foto: Thespruce.com)

Gaya bangunan industrial cenderung mengutamakan fungsi. Gaya ini terinspirasi dari bangunan pabrik yang berfokus pada fungsi pada setiap komponennya. Hal ini yang ingin coba diterapkan pada sebuah bangunan hingga muncul gaya industrial tersebut. Konsep industrial ini sering dianggap sebagai gaya yang fokus pada fungsionalitasnya. Mulai dari desain hingga furnitur semua memiliki fungsi yang benar-benar dibutuhkan oleh penghuni rumah.

Bauhaus

Gaya Arsitektur Terbaik

(Foto: Thespruce.com)

Arsitektur bauhaus berasal dari negara Jerman. Desain ini cukup sensasional karena ingin menghadirkan konsep yang jauh berbeda dari gaya arsitektur terdahulu. Gaya ini berfokus pada desain yang sederhana, rasional, dan fungsi yang jelas. Bentuk bangunannya pun sangat menarik untuk dilihat karena menggunakan bentuk geometris. Misalnya segitiga, persegi, dan lingkaran. Namun tidak jarang juga menggunakan bentuk-bentuk yang asimetris.Penggunaan material pada gaya bauhaus meliputi baca, kaca, beton.

Sumber artikel dan foto: Thespruce.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Inilah Penginapan dengan Arsitektur Paling Unik

RumahCom - Punya rencana berlibur? Coba, deh, sesekali ciptakan suasana berlibur yang antimainstream. Intip beberapa daftar penginapan unik ini. Siapa tahu bisa dijadikan pilihan akomodasi untuk mengi

Lanjutkan membacaJuli 24, 2017

Inilah Empat Masjid dengan Arsitektur Menawan di Indonesia

RumahCom - Dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki ribuan masjid yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Beberapa masjid dibangun dengan perhatian yang tinggi pada aspek e

Lanjutkan membacaJuli 23, 2017

Konsultan Arsitektur Bantu Pengembang Ciptakan Hunian Konseptual

RumahCom – Tidak hanya mempertimbangkan aspek lokasi dan spesifikasi bangunan semata, kini masyarakat juga mulai peka ketika memilih konsep dan desain residensial baik rumah tapak maupun apartemen y

Lanjutkan membacaNovember 23, 2017

Masukan