Agar Bertahan, Pengembang Butuh Stimulus Seperti Ini

Boy LeonardSeptember 24, 2020

Agar Bertahan Pengembang Butuh Stimulus Seperti Ini

RumahCom – Bank Tabungan Negara (BTN) berharap dengan adanya stimulus kredit konstruksi yang diberikan kepada para pengembang, pengembang mampu bertahan setelah pandemi Covid-19.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN) Pahala Mansury menyatakan, diperlukan subsidi bunga kredit konstruksi yang diberikan kepada para pengembang, khususnya untuk pengembang baru dan pengembang kecil. Ini dilakukan agar mereka bisa bertahan selama 1 hingga 2 tahun mendatang.

Pahala beranggapan, sektor perumahan memiliki beberapa tantangan yang harus dihadapi untuk bisa mengembangkan bisnis dengan baik.

“Tantangan tersebut, yakni akses dan sumber pembiayaan. Jadi, diharapkan tidak hanya bantuan kepada end user, tetapi diberikan bantuan kepada pengembang selama 1–2 tahun mendatang berupa subsidi suku bunga kredit konstruksi agar pengembang dapat menggerakkan ekonomi,” kata Pahala dalam webinar, sebagaimana dikutip dari Bisnis.com, Kamis, 24 September 2020.

Untuk bisa menggerakkan sektor properti juga dibutuhkan land bank yang bisa menjaga stabilitas harga. Adapun tren untuk rumah subsidi sekarang ini berada di wilayah yang sangat jauh. Maka dari itu, perlu ada lahan di kota untuk kepentingan masyarakat.

Pahala melanjutkan, ketersediaan lahan yang terbatas khususnya di perkotaan berdampak pada harga jual.

“Kami perlu jaga produktivitas, kalau rumahnya jauh, tentu berpengaruh pada produktivitas,: ujarnya.

Selain itu, Pahala berujar, perlu ada kemudahan proses perizinan proyek dan sertifikasi tanah yang tidak memakan waktu lama.

“Tantangan lainnya yakni keterbatasan daya beli masyarakat untuk memiliki rumah. Rumah yang dibeli masyarakat diharapkan dapat menjadi tempat usaha sehingga nantinya dapat meningkatkan daya beli,” ucap Pahala.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi  seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah!

Sumber foto utama: Pixabay.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pengembang: Belum Ada Paket Stimulus Untuk Properti

RumahCom – Properti bisa dijadikan andalan untuk mempercepat perputaran bisnis saat perekonomian nasional terkendala akibat pandemi Covid-19. Hanya saja kalangan pengembang menyebut pemerintah kuran

Lanjutkan membacaAgustus 3, 2020

Andalan Pemerintah Untuk Ekonomi Nasional Tumbuh Positif Itu Dari Sektor Properti

RumahCom – Indonesia masih berpeluang untuk mencatatkan pertumbuhan ekonomi positif di tengah pertumbuhan ekonomi global yang negatif akibat pandemi Covid-19. Properti bisa menjadi salah satu pendor

Lanjutkan membacaAgustus 5, 2020

Kebangkitan Properti Bisa Terjadi Lewat Dorongan Stimulus

RumahCom - Pemerintah melalui Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sudah menggelontorkan anggaran sebagai stimulus agar ekonomi tetap berdenyut di tengah pandemi Covid-19. Sasaran dari kebijakan itu bukan

Lanjutkan membacaSeptember 21, 2020

Masukan