4 Masalah Air di Rumah dan Cara Mengatasinya

September 25, 2020

RumahCom – Masalah air di rumah bisa mengakibatkan aktivitas terganggu. Oleh karena itu masalah tersebut harus segera diatasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah air di rumah.

Berbagai kerusakan yang terjadi di rumah pada umumnya disebabkan oleh air. Hal ini bisa terjadi karena berbagai barang dan konstruksi rumah itu sendiri mudah sekali rusak oleh air. Kerusakan oleh air ini tentu bisa menimbulkan masalah lebih lanjut, misalnya kemunculan jamur yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu kerusakan akibat air tersebut perlu segera diselesaikan segera.

Berbagai masalah tersebut tentu perlu diselesaikan sesegera mungkin. Terlebih saat ini Indonesia sudah memasuki musim hujan, tentu kerusakan akibat air akan semakin banyak lagi. Untuk itu berikut ini adalah berbagai macam kerusakan yang sering muncul di rumah akibat air beserta cara mengatasinya.

1. Lantai Basah

(Foto: Pexels.com)

(Foto: Pexels.com)

Lantai basah biasanya terjadi karena munculnya air dari bagian bawah. Kondisi ini bisa terlihat dari kondisi lantai yang lembab, berjamur, bau tidak sedap, hingga mulai rusak. Penyebabnya bisa jadi oleh drainase air di rumah yang buruk, air menggenang di bagian bawah rumah, dan saluran air yang mengalami penyumbatan. Hal ini akan semakin buruk jika lantai Anda menggunakan lapisan beton hingga sulit mengakses sumber air penyebab masalah tersebut.

Masalah ini tentu perlu segera diselesaikan demi kenyamanan rumah. Anda bisa melakukan pemeriksaan tersebut pada saluran air di bagian bawah rumah. Pastikan semuanya lancar dan tidak tersumbat oleh sampah. Namun untuk hasil yang lebih baik Anda perlu berkonsultasi dengan para ahli untuk menemukan solusi yang tepat.

2. Air Di Balkon

(Foto: Pexels.com)

(Foto: Pexels.com)

Masalah air berikutnya yakni dari balkon rumah. Pada saat hujan deras, balkon sering kali menjadi media masuknya air ke dalam rumah. Hal ini tentu menyebabkan berbagai kerusakan pada barang-barang di rumah Anda. Masalah terburuknya, terjadi gangguan listrik akibat terkena air. Permasalahan ini jika tidak segera diselesai akan menyebabkan dampak buruk pada rumah.

Masuknya air ke dalam rumah lewat balkon bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari pintu balkon yang tidak mampu menutup rapat, sehingga air bisa masuk lewat celah pintu. Kemudian rumah Anda tidak memasang sekat anti air pada bagian pintu balkon. Untuk penyelesaian masalah secara awal Anda mungkin bisa memasang lap atau kain agar laju air terhambat. Selanjutnya mungkin bisa mengganti pintu dengan yang lebih baik.

3. Atap Bocor

(Foto: Pexels.com)

Atap bocor menjadi masalah paling umum pada rumah. Biasanya atap bocor ditandai dengan munculnya tetesan air pada bagian plafon atau langit-langit rumah. Membiarkan atap bocor dalam waktu yang cukup lama tentu akan menyebabkan plafon menjadi rusak dan mengeluarkan bercak kuning yang cukup mengganggu. Selain itu tetesan air yang masuk ke rumah tentu bisa menyebabkan kerusakan pada benda-benda lain hingga masalah gangguan listrik.

Anda tentu perlu mencari tahu darimana asal tetesan air tersebut untuk mengetahui atap yang bocor. Kemudian mintalah tukang atau Anda sendiri untuk memperbaiki kebocoran tersebut. Memperbaiki atap bocor bergantung pada jenis atap yang Anda gunakan. Misalnya atap terbuat dari genteng, tentu Anda harus menggantinya dengan genteng baru.

4. Masalah Di Kamar Mandi

(Foto: Pexels.com)

(Foto: Pexels.com)

Permasalahan air di kamar mandi mungkin menjadi yang paling sering Anda alami. Mulai dari saluran air yang tersumbat, kebocoran ledeng, hingga masalah pada toilet. Hal ini menyebabkan kamar mandi tidak bisa digunakan untuk beberapa saat sehingga mengganggu aktivitas Anda.

Anda perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab permasalahan tersebut. Kemudian identifikasi apa yang menjadi alasan masalah pada kamar mandi. Jika masalah tersebut masih bisa Anda atasi maka lakukan segera. Namun jika masalah tersebut cukup rumit makan Anda memerlukan bantuan seorang yang ahli.

Sumber: Homestolove.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pastikan Rumah Tidak Rembes dan Bocor Saat Harus Berdiam Diri Karena Pandemi

RumahCom – Kondisi rumah perlu dipastikan aman dari kebocoran saat musim hujan seperti ini. Rumah yang terjamin dari rembes maupun kebocoran akan meningkatkan kenyamanan kita saat harus selalu berad

Lanjutkan membacaSeptember 24, 2020

Pastikan Hasil Kerja Berkualitas, Tukang Pekerja Program Bedah Rumah Disertifikasi

RumahCom – Kementerian PUPR menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi kepada para tukang yang melaksanakan program bedah rumah di daerah-daerah. Pelatihan dan sertifikasi ini untuk memastikan keter

Lanjutkan membacaSeptember 24, 2020

Pengembang Tanggapi Rendahnya Kontribusi Properti Ke PDB

RumahCom – Sejumlah pengembang meminta pemerintah agar memperhatikan sektor properti. Sebab, kontribusi sektor properti terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia masih sangat rendah jika diband

Lanjutkan membacaSeptember 24, 2020

Agar Bertahan, Pengembang Butuh Stimulus Seperti Ini

RumahCom – Bank Tabungan Negara (BTN) berharap dengan adanya stimulus kredit konstruksi yang diberikan kepada para pengembang, pengembang mampu bertahan setelah pandemi Covid-19.Direktur Utama PT Ba

Lanjutkan membacaSeptember 24, 2020

Masukan