Cara Membersihkan Tirai Rumah

September 25, 2020

RumahCom – Membersihkan tirai rumah perlu dilakukan secara rutin. Hal ini bertujuan untuk memastikan kebersihan tirai sehingga tidak ada debu yang menempel. Selain itu tampilan visual tirai akan tetap cantik jika rutin dibersihkan.

Setiap rumah tentu memiliki tirai untuk menutupi jendela. Tirai tidak hanya untuk menghindari serangga dan kotoran masuk ke rumah melalui pintu atau jendela, tetapi tirai juga berguna menjaga privasi Anda.

Namun sayangnya, tirai dapat menyerap bau yang tidak sedap dari area sekitar rumah seperti asap dari dapur. Tidak lupa juga ada debu dan kotoran menempel dalam tirai yang terlihat seperti noda kehitaman. Jika jarang membersihkan tirai, maka Anda harus segera membersihkannya karena debu dan kotoran pasti sudah sangat tebal. Dan tahukah Anda bahwa debu dan kotoran yang terlalu lama menempel pada tirai bisa mengganggu kesehatan keluarga Anda?

Tirai yang bersih bukan hanya enak dipandang, melainkan bisa membuat rumah menjadi lebih sehat karena menjaga kesegaran udara rumah Anda. Membersihkan tirai memang sedikit rumit karena cukup panjang dan lebar.

Umumnya membersihkan tirai dilakukan setidaknya 2 kali dalam setahun. Akan tetapi, Anda bisa membersihkan tirai dengan melakukan penyedotan debu setiap seminggu sekali untuk mencegah debu dan kotoran yang menempel pada tirai.

Untuk memudahkan Anda membersihkan tirai pintu dan jendela sebaiknya tirai dilepas terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari cipratan ada panel kaca yang bersih. Selama dibersihkan, Anda bisa mengganti tirai sebelumnya dengan tirai lain.

Bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan tirai pintu dan jendela adalah sebagai berikut:

  • Air
  • Amonia rumah tangga
  • Kain lap
  • Vakum debu atau penyedot debu
  • Ember
  • Spons
  • Sikat gosok
  • Alat penyemprot atau selang air
  • Handuk yang tidak terpakai
  • Sarung tangan karet (opsional)

Cara Membersihkan Tirai

(Foto: Pexels.com)

(Foto: Pexels.com)

Tirai pada jendela tentu perlu dibersihkan sesering mungkin. Tujuannya untuk menghilangkan debu yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit serta menjaga estetika dari tirai tersebut. Berikut ini adalah cara membersihkan tirai yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

1. Bersihkan debu dan sarang laba-laba

Debu dan sarang laba-laba tidak hanya menempel pada dinding langit-langit melainkan tirai Anda sekalipun. Untuk membersihkannya, Anda bisa gunakan kasa atau kemoceng dan bersihkan secara mendatar. Atau jika bisa Anda lakukan sedot debu dengan baik menggunakan vakum. Kemudian balikkan tirai dan bersihkan dua sisi.

Namun untuk sarang laba-laba yang berada di plafon atau langit-langit rumah Anda bisa menggunakan sapu untuk membersihkannya. Namun ada bagian yang mungkin sulit untuk dijangkau sehingga Anda membutuhkan sesuatu yang lebih panjang atau menggunakan kursi.

2. Mencampur beberapa pembersih

Anda bisa bersihkan tirai dengan mencampurkan beberapa pembersih dalam ember besar kemudian aduk hingga tercampur rata. Setelah itu Anda celupkan spons atau kain microfiber ke dalam campuran tersebut dan seka setiap permukaan layar termasuk bingkai dan tepinya. Jika Anda memiliki alergi sebaiknya gunakan sarung tangan karet untuk menghindarinya.

3. Bersihkan bingkai pintu dan jendela dan pasang kembali tirainya

Sebelum memasang kembali tirai jendela dan pintu, maka Anda perlu membersihkan pintu dan jendela seperti pada bagian bingkainya. Anda bisa melakukan sedot debu atau bersihkan menggunakan kain lap. Pastikan panel tersebut benar-benar kering sebelum memasang kembali tirai pada tempatnya.

Sumber: Thespruce.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pastikan Rumah Tidak Rembes dan Bocor Saat Harus Berdiam Diri Karena Pandemi

RumahCom – Kondisi rumah perlu dipastikan aman dari kebocoran saat musim hujan seperti ini. Rumah yang terjamin dari rembes maupun kebocoran akan meningkatkan kenyamanan kita saat harus selalu berad

Lanjutkan membacaSeptember 24, 2020

Pastikan Hasil Kerja Berkualitas, Tukang Pekerja Program Bedah Rumah Disertifikasi

RumahCom – Kementerian PUPR menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi kepada para tukang yang melaksanakan program bedah rumah di daerah-daerah. Pelatihan dan sertifikasi ini untuk memastikan keter

Lanjutkan membacaSeptember 24, 2020

Pengembang Tanggapi Rendahnya Kontribusi Properti Ke PDB

RumahCom – Sejumlah pengembang meminta pemerintah agar memperhatikan sektor properti. Sebab, kontribusi sektor properti terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia masih sangat rendah jika diband

Lanjutkan membacaSeptember 24, 2020

Agar Bertahan, Pengembang Butuh Stimulus Seperti Ini

RumahCom – Bank Tabungan Negara (BTN) berharap dengan adanya stimulus kredit konstruksi yang diberikan kepada para pengembang, pengembang mampu bertahan setelah pandemi Covid-19.Direktur Utama PT Ba

Lanjutkan membacaSeptember 24, 2020

Masukan