Panduan untuk Merenovasi Rumah Tua

September 25, 2020

RumahCom – Renovasi rumah tua perlu dilakukan untuk mendapat tampilan yang lebih segar dan baru. Anda bisa memulai renovasi dari dapur, kamar mandi, hingga lantai rumah.

Merenovasi rumah tua hingga tampak baru menjadi proses yang cukup menantang. Hal ini tentu saja menjadi tantangan yang cukup sulit, mengingat banyak hal pada rumah tua yang perlu diperbaiki. Mulai dari bagian eksterior hingga interior rumah ada beberapa bagian yang tentu saja memerlukan penambahan atau bahkan pengurangan bagian. Namun hal ini tergantung pada kebutuhan Anda.

Tujuan renovasi tentu berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang menginginkan penggantian desain dan model rumah, ada juga yang merenovasi rumah untuk perbaikan mendalam. Namun untuk rumah yang sudah tua ada beberapa panduan yang harus Anda pertimbangkan. Berikut ini adalah panduan dalam merenovasi rumah tua.

1. Merenovasi Dapur dan Kamar Mandi

(Foto: Pexels.com)

(Foto: Pexels.com)

Ketika merenovasi rumah yang sudah tua, bagian pertama kali yang harus diperhatikan adalah dapur dan kamar mandi. Bagian ini menjadi aspek yang paling penting dalam sebuah rumah. Karena hampir semua aktivitas sehari-hari bermula dari dapur dan kamar mandi. Memiliki dapur dan kamar mandi yang bersih, nyaman, serta berfungsi dengan baik tentu menjadi hal baik bagi Anda.

Anda dapat memulainya dari hal-hal yang cukup kecil dan sederhana. Misalnya mengganti warna cat untuk mendapatkan tampilan yang lebih segar. Namun jika menginginkan perubahan total, Anda bisa mengganti seluruh partisi di dapur dan kamar mandi dengan yang baru. Perubahan posisi furnitur yang ada juga bisa dilakukan untuk mendapatkan suasana yang lebih baru.

2. Memperbarui Jendela Rumah

(Foto: Pexels.com)

(Foto: Pexels.com)

Jendela menjadi bagian yang harus direnovasi berikutnya. Fungsi jendela terbagi pada dua sisi, yakni bagian eksterior dan interior rumah. Namun secara fungsi, jendela merupakan media sirkulasi udara dan jalan masuknya cahaya. Kondisi udara di dalam rumah tentu dipengaruhi oleh jendela, begitu juga dengan kondisi pencahayaannya. Selain itu jendela memberi pengaruh cukup besar pada estetika interior dan eksterior rumah. Oleh karena itu renovasi jendela tentu penting dilakukan mengingat fungsinya yang cukup banyak.

Hal pertama kali yang harus Anda pertimbangkan adalah seberapa banyak jendela yang dibutuhkan serta lokasinya. Jika terlalu banyak mungkin Anda bisa melakukan pengurangan begitu juga sebaliknya. Kemudian perhatikan juga apakah material jendela perlu diganti atau tidak, Anda harus mengetahui tingkat kerusakannya terlebih dahulu.

3. Dinding Rumah

(Foto: Pexels.com)

Dinding rumah tua biasanya memiliki kondisi yang cukup parah. Beberapa bagian mungkin sudah rapuh dan berlubang. Selain itu ada banyak bagian yang terdapat bekas paku atau tempelan. Selain itu mungkin karena kondisi yang terlalu lembab dan basah ada banyak muncul jamur pada dinding. Merenovasi dinding rumah menjadi hal penting demi estetika yang baik serta jaminan kesehatan penghuni rumah.

Pada saat merenovasi dinding, Anda harus mengukur terlebih dahulu tingkat kerusakan dinding. Mulai dari material, lubang, jamur, dan berbagai kerusakan lainnya. Kemudian baru Anda lakukan perbaikan yang dibutuhkan secara bertahap atau meminta bantuan tukang. Setelah itu baru Anda bisa melakukan perbaikan seperti melakukan pengecatan ulang atau menambah wallpaper.

4. Lantai

(Foto: Pexels.com)

(Foto: Pexels.com)

Bagian lantai rumah tentu perlu direnovasi juga. Namun hal ini bergantung pada kebutuhan rumah Anda. Jika tingkat kerusakannya cukup tinggi atau Anda ingin mengganti material lantai maka renovasi bisa dilakukan. Biasanya lantai keramik pada rumah sering mengalami kerusakan seperti pecah bahkan hingga berlubang. Anda tentu perlu mengganti lantai keramik yang sudah rusak tersebut.

Sumber: Mymove.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pastikan Hasil Kerja Berkualitas, Tukang Pekerja Program Bedah Rumah Disertifikasi

RumahCom – Kementerian PUPR menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi kepada para tukang yang melaksanakan program bedah rumah di daerah-daerah. Pelatihan dan sertifikasi ini untuk memastikan keter

Lanjutkan membacaSeptember 24, 2020

Pengembang Tanggapi Rendahnya Kontribusi Properti Ke PDB

RumahCom – Sejumlah pengembang meminta pemerintah agar memperhatikan sektor properti. Sebab, kontribusi sektor properti terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia masih sangat rendah jika diband

Lanjutkan membacaSeptember 24, 2020

Agar Bertahan, Pengembang Butuh Stimulus Seperti Ini

RumahCom – Bank Tabungan Negara (BTN) berharap dengan adanya stimulus kredit konstruksi yang diberikan kepada para pengembang, pengembang mampu bertahan setelah pandemi Covid-19.Direktur Utama PT Ba

Lanjutkan membacaSeptember 24, 2020

4 Masalah Air di Rumah dan Cara Mengatasinya

RumahCom - Masalah air di rumah bisa mengakibatkan aktivitas terganggu. Oleh karena itu masalah tersebut harus segera diatasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah air di rumah.Berbagai kerusakan

Lanjutkan membacaSeptember 25, 2020

Cara Membersihkan Tirai Rumah

RumahCom - Membersihkan tirai rumah perlu dilakukan secara rutin. Hal ini bertujuan untuk memastikan kebersihan tirai sehingga tidak ada debu yang menempel. Selain itu tampilan visual tirai akan tetap

Lanjutkan membacaSeptember 25, 2020

Masukan