Jalan Tol Trans Sumatera 131 km Yang Memiliki Terowongan Gajah Diresmikan

September 28, 2020

RumahCom – Pemerintah kembali meresmikan jalan tol di ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km yang dibangun sejak dua tahun lalu berbiaya Rp16,21 triliun. Jalan tol ini merupakan bagian dari tol Trans Sumatera sepanjang 2.987 km yang membentang dari Lampung hingga Aceh dan memiliki terowongan untuk gajah hingga beruang melintas.

Pembangunan infrastruktur jalan tol untuk meningkatkan konektivitas antar kawasan terus dikebut oleh pemerintah dalam situasi pandemi Covid-19. Pembangunan infrartuktur jalan merupakan salah satu strategi pemerintah untuk mengurangi dampak  perekonomian yang melemah akibat pandemi dengan pola pengerjaan proyek menggunakan program padat karya tunai (PKT) atau cash for work sehingga bisa langsung berdampak pada perekonomian masyarakat.

Memasuki periode beberapa bulan sebelum tutup tahun, pemerintah kembali meresmikan operasional jalan tol di ruas Pekanbaru-Dumai (Permai). Peresmian jalan tol sepanjang 131 km ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Riau Syamsuar, dan Walikota Dumai Sulkifli AS dari Gerbang Tol Dumai yang dilakukan secara virtual.

Jokowi mengapresiasi beroperasinya jalan tol ini dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kegiatan yang lebih produktif bagi masyarakat Riau maupun yang melintas di Pulau Sumatera. “Jalan tol ini adalah bagian dari jalan tol Sumatera sepanjang 2.987 km yang koridor utamanya membentang dari Provinsi Lampung hingga Aceh. Ruas tol yang diresmikan ini akan meningkatkan konektivitas antara kawasan di Provinsi Riau dengan Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agrobisnis,” ujarnya.

Basuki menambahkan keterangan presiden, bahwa jalan tol Pekanbaru-Dumai ini memiliki lima buah terowongan untuk perlintasan satwa seperti pergerakan gajah dan beruang yang ada di habitatnya khususnya di seksi empat ruas Kandis Utara-Duri Selatan. Dengan beroperasinya jalan tol ini juga akan meningkatkan distribusi logistik di kawasan.

Adanya MRT membuat kemudahan dalam mobilitas. Lalu bagaimana dampak MRT pada kenaikan properti? Jawabannya ada di video berikut ini ya.

Sementara Gubernur Syamsuar mengatakan, dengan telah diresmikannya tol Pekanbaru-Dumai ini akan bisa memperlancar arus ekspor dan impor baik ke Pelabuhan Dumai maupun Pekanbaru sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah dan nasional

Sebagai informasi, jalan tol Pekanbaru-Dumai ini terdiri dari enam seksi. Seksi 1 ruas Pekanbaru-Minas (10 km), seksi 2 Minas-Kandis Selatan (24 km), seksi 3 Kandis Selatan-Kandis Utara (17 km), seksi 4 Kandis Utara-Duri Selatan (26 km), seksi 5 Duri Selatan-Duri Utara (29 km), seksi 6 JC Duri Utara-Dumai (25 km).

Jalan tol ini juga memiliki enam buah simpang susun (junction) yaitu di Minas, Kandis Selatan, Kandis Utara, Duri Selatan, Duri, dan Duri Utara. Jalan tol ini dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero) yang dibangun selama dua tahun sembilan bulan dengan investasi mencapai Rp16,21 triliun. Jalan tol ini juga memiliki 10 tempat istirahat atau rest area.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Setiap Rumah Mengandung Pajak Hingga 30 Persen, Pemerintah Harus Perhatikan Sektor Properti

RumahCom – Sektor properti telah ditetapkan oleh pemerintah menjadi leading sector yang akan mendorong pergerakan industri lainnya saat situasi pandemi Covid-19.  Hanya saja kalangan pengembang mas

Lanjutkan membacaSeptember 25, 2020

TNI-Polri Bisa Dapat KPR Dengan Bunga Khusus 7 Persen Selama 5 Tahun

RumahCom – Kalangan TNI-Polri disasar khusus oleh Bank BTN dengan bunga KPR ringan 7 persen selama lima tahun. Bank BTN menyasar khusus kalangan TNI-Polri karena besarnya anggota selain ingin member

Lanjutkan membacaSeptember 25, 2020

Eksekutif Real Estat Asia Pasifik Tetap Pede Properti Akan Berkembang Saat Pandemi

RumahCom – Pemimpin perusahaan real estat di  kawasan Asia Pasifik tetap optimistis dan merasa yakin bisnis properti akan bertumbuh saat situasi pandemi Covid-19. Hal ini mengemuka dari riset yang

Lanjutkan membacaSeptember 25, 2020

Tingkatkan Penjualan Properti, 3 Bank Ini Genjot KPR

RumahCom – Kalangan perbankan berupaya memangkas tingkat suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) dan menawarkan promo menarik. Hal ini dilakukan guna menggenjot penjualan rumah.Direktur Consumer Ban

Lanjutkan membacaSeptember 25, 2020

Masukan