Cara Membersihkan Sofa Bekas yang Baik dan Benar

Boy LeonardSeptember 28, 2020

Cara Bersihkan Sofa

RumahCom – Sofa bekas biasanya bisa didapat dengan harga yang cukup murah namun kualitasnya tetap baik. Namun Anda perlu membersihkan sofa tersebut dengan baik sebelum digunakan.

Barang-barang bekas yang banyak dijual untuk kebutuhan interior rumah tentu harganya jauh lebih murah. Selain itu model dan jenis barangnya juga cukup langka dan terbatas. Jika Anda penyuka dan sering membeli barang bekas, tentu ada beberapa hal yang menjadi perhatian Anda. Mulai dari harga, model, hingga ukuran akan menjadi pertimbangan Anda saat membeli barang bekas.

Salah satu barang bekas yang paling banyak dibeli adalah sofa. Furnitur rumah tangga ini memiliki fungsi yang cukup kompleks di rumah. Selain menjadi tempat bersantai, sofa bisa memberi tampilan visual yang menarik bagi rumah. Namun saat membeli sofa bekas, kondisinya terkadang kurang baik. Biasanya sofa tersebut cukup kotor dan memiliki banyak noda, sehingga Anda harus membersihkannya terlebih dahulu. Tujuannya tentu agar sofa tetap nyaman digunakan dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan. berikut ini adalah cara membersihkan sofa yang baik dan benar.

Bersihkan sofa dengan penyedot debu

Cara Bersihkan Sofa

(Foto: Pexels.com)

Hal yang pertama kali perlu dilakukan saat membersihkan sofa bekas adalah menggunakan penyedot debu. Semua kotoran dan remah-remah sofa yang mudah lepas akan tersedot. Selain itu serangga-serangga serta debu yang menempel pada sofa juga akan hilang. Pastikan setiap bagian pada sofa dibersihkan dengan baik, termasuk pada celah-celah sofa tersebut.

Disinfeksi kemudian bilas dengan lap

Cara Bersihkan Sofa

(Foto: Pexels.com)

Untuk memastikan bakteri, kuman, debu, dan kotoran pada sofa benar-benar hilang Anda bisa melakukan disinfeksi. Anda bisa menggunakan alat pembersih yang disediakan oleh toko. Namun pastikan cairan pembersih tersebut cocok digunakan pada permukaan sofa Anda sehingga tidak menimbulkan kerusakan.

Misalnya cairan pembersih yang mengandung pemutih biasanya kurang baik karena bisa merusak material non kain seperti kayu. Setelah desinfeksi dilakukan, Anda bisa membilasnya secara merata menggunakan lap bersih. Pada saat proses ini dilakukan Anda wajib menggunakan sarung tangan untuk menghindari iritasi kulit atau gangguan lainnya.

Basmi serangga

Cara Bersihkan Sofa

(Foto: Pexels.com)

Sofa bekas biasanya dihinggapi oleh serangga. Mulai dari rayap, kutu busuk, semut, dan banyak lagi lainnya. Walau sudah dibersihkan dengan penyedot debu, namun Anda harus memastikan serangga-serangga tersebut benar-benar hilang. Anda bisa menggunakan spray pembasmi serangga yang banyak dijual di toko.

Anda bisa menyemprot sofa dengan pembasmi serangga secara menyeluruh. Termasuk pada celah-celah sofa yang sulit dijangkau. Setelah penyemprotan selesai dilakukan, Anda bisa meninggalkan sofa terlebih dahulu selama 24 jam. Kemudian Anda bisa melakukan pemeriksaan kembali untuk memastikan tidak ada serangga lagi di sofa tersebut.

Menghilangkan bau

Cara Bersihkan Sofa

(Foto: Pexels.com)

Walau sudah dibersihkan, sofa bekas biasanya masih meninggalkan bau yang cukup mengganggu. Hal ini disebabkan oleh bakteri atau kuman yang masih tertinggal di sofa. Anda bisa menghilangkan bau tersebut dengan soda kue. Namun, Anda perlu melakukan pengujian terlebih dahulu dengan menggunakan sedikit soda kue pada sofa. Jika tidak ada perubahan atau kerusakan, Anda bisa melanjutkan penggunaan soda kue untuk menghilangkan bau pada sofa.

Taburkan soda kue dengan jumlah yang cukup banyak pada setiap bagian sofa. Anda bisa menggunakan sikat untuk menyebarkan soda kue tersebut secara merata. Kemudian biarkan sofa tersebut selama beberapa jam. Setelah itu bersihkan dengan penyebut debu hingga soda kue tidak tersisa.

Sumber: Thespruce.com

Foto utama: Pexels.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Penyebab Kerusakan Pada Furnitur Kayu dan Cara mengatasinya

RumahCom - Furnitur menjadi bagian yang paling penting untuk rumah dari segi fungsi maupun estetikanya. Untuk itu merawat furnitur, terlebih yang berbahan kayu harus dilakukan dengan baik dan tepat.Se

Lanjutkan membacaSeptember 24, 2020

Cara Membersihkan Tirai Rumah

RumahCom - Membersihkan tirai rumah perlu dilakukan secara rutin. Hal ini bertujuan untuk memastikan kebersihan tirai sehingga tidak ada debu yang menempel. Selain itu tampilan visual tirai akan tetap

Lanjutkan membacaSeptember 25, 2020

Panduan untuk Merenovasi Rumah Tua

RumahCom - Renovasi rumah tua perlu dilakukan untuk mendapat tampilan yang lebih segar dan baru. Anda bisa memulai renovasi dari dapur, kamar mandi, hingga lantai rumah.Merenovasi rumah tua hingga tam

Lanjutkan membacaSeptember 25, 2020

Masukan