Ini 5 Kesalahan Umum Membuat Anggaran Pembangunan Rumah

Wahyu ArdiyantoSeptember 29, 2020

Ini 5 Kesalahan Umum dalam Membuat Anggaran Pembangunan Rumah

RumahCom – Membangun rumah tentu bukanlah perkara mudah, banyak hal yang harus dipersiapkan mulai dari material, desain, dekorasi hingga biaya pembangunan. Bagi sebagian orang, membangun rumah sendiri menjadi kebanggaan tersendiri. Selain puas dengan hasil karya sendiri, membangun rumah sendiri dinilai lebih menghemat biaya pembangunan.

Dalam membangun rumah seringkali kita merancangnya secara berlebihan dan menempatkan rencana yang terlalu banyak. Kesalahan ini justru memengaruhi biaya anggaran yang seharusnya Anda menghemat anggaran justru harus mengeluarkan banyak uang untuk perbaikan yang seharusnya tidak dikeluarkan jika Anda tidak melakukan kesalahan.

Berikut merupakan kesalahan  dalam pembangunan yang bisa merugikan:

Mengabaikan Nilai Jual Kembali

Mengabaikan Nilai Jual Kembali

Jika Anda merancang atau membangun rumah sebaiknya pikirkan dalam jangka panjang yang memungkinkan rumah Anda layak dijual kembali. (Foto: Pexels.com)

Kebanyakan orang membangun rumah karena menginginkan produk akhir yang lebih spesifik dan sesuai harapan. Kecuali jika ingin membangun rumah yang nantinya digunakan sebagai investasi untuk dijual. Akan tetapi, bukan karena tidak merencanakan rumah untuk dijual kembali bukan berarti Anda tidak melakukannya.

Perubahan gaya hidup, karir, dan keuangan dapat menyebabkan kemungkinan akan menjual hunian yang sedang Anda tempati. Untuk itu, jika Anda merancang atau membangun rumah sebaiknya pikirkan dalam jangka panjang yang memungkinkan rumah Anda layak dijual kembali.

Jangan merancang dan membangun rumah hanya dengan memikirkan apa yang menarik bagi Anda sendiri, hal ini akan menyebabkan hunian akan sulit terjual nantinya.

Tidak Berani Bernegosiasi

Tidak Berani Bernegosiasi

Jika Anda menyetujui harga yang dijual begitu saja tanpa mempertimbangkan apakah ini mahal atau tidak maka hal ini dapat menghabiskan biaya pembangunan rumah. (Foto: Pexels.com)

Membangun rumah baru tidak sama seperti membeli rumah yang sudah ada. Anda tentu harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak dalam pembangunan rumah baru. Biaya tersebut digunakan untuk memenuhi segala material hingga furnitur yang cukup banyak.

Meski demikian, Anda harus melakukan negosiasi dalam pembangunan rumah baik dalam hal materialnya ataupun furniturnya. Jika Anda menyetujui harga yang dijual begitu saja tanpa mempertimbangkan apakah ini mahal atau tidak maka hal ini dapat menghabiskan biaya pembangunan rumah.

Untuk itu sebaiknya Anda melakukan negosiasi terlebih dahulu dan sepakati harga yang terbaik untuk keduanya. Tujuannya agar Anda bisa mengoptimalkan biaya yang Anda miliki dengan baik.

Melupakan Tanggungjawab Anda

Melupakan Tanggungjawab Anda

Apapun tanggungjawab Anda jangan lupa untuk memasukkannya dalam anggaran. (Foto: Pexels.com)

Dalam membangun rumah, ada bagian yang seharusnya menjadi tanggung jawab Anda seperti tata letak, mengecat, memasang furnitur, dan lain sebagainya. Intinya, apapun tanggungjawab Anda jangan lupa untuk memasukkannya dalam anggaran.

Karena bahan dan tenaga kerja tidak akan disertakan dalam harga pembuat dan Anda harus membayarnya sendiri.

Rumah yang Terlalu Besar

Rumah yang Terlalu Besar

Semua orang memang bisa membangun rumah yang cukup besar, namun apakah Anda mempertimbangkan berapa biaya perawatan yang diperlukan rumah tersebut sehari-hari. (Foto: Pexels.com)

Memiliki rumah yang besar dan luas adalah impian semua orang. Namun, pernahkan Anda memikirkan bagaimana caranya Anda menyesuaikan kondisi udara agar tetap ideal pada setiap ruangan di rumah besar?

Semua orang memang bisa membangun rumah yang cukup besar, namun apakah Anda mempertimbangkan berapa biaya perawatan yang diperlukan rumah tersebut sehari-hari. Tanpa Anda sadari hal ini tidak akan menghemat biaya justru akan menambah biaya kebutuhan setiap bulan.

Membangun rumah yang besar tidak selalu baik, Anda bisa meminta solusi pada desainer yang tepat untuk menciptakan rumah terasa luas tanpa harus membangun rumah yang besar dan luas.

Menunda Proyek

Menunda Proyek

Bagi sebagian orang mungkin ini adalah taktik menghemat biaya pembangunan yang tepat. Namun, hal ini akan merugikan Anda dalam jangka panjang. (Foto: Pexels.com)

Banyak orang yang melakukan penundaan proyek pembangunan rumah karena mereka ingin menghemat biaya. Dengan cara menunda proyek dan cukup menyelesaikan beberapa ruang, dan sisanya diselesaikan di lain waktu dianggap sebagai bagian dari penghematan anggaran.

Bagi sebagian orang mungkin ini adalah taktik menghemat biaya pembangunan yang tepat. Namun, hal ini akan merugikan Anda dalam jangka panjang. Karena bangunan yang sudah berjalan setengah-setengah akan mengalami kerusakan jika tidak segera diselesaikan. Berbagai bahan material juga akan semakin mahal seiring waktu.

Sumber: Mymove.com

Mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pengembang Ini Beberkan Resep Dongkrak Penjualan Di Tengah Pandemi

RumahCom - Pengembang PT Ciputra Development Tbk punya resep untuk mendongkrak penjualan properti mereka di tengah pandemi. Jurus yang mereka pakai adalah mengembangkan beragam produk inovatif untuk m

Lanjutkan membacaSeptember 28, 2020

Cara Membersihkan Sofa Bekas yang Baik dan Benar

RumahCom - Sofa bekas biasanya bisa didapat dengan harga yang cukup murah namun kualitasnya tetap baik. Namun Anda perlu membersihkan sofa tersebut dengan baik sebelum digunakan.Barang-barang bekas ya

Lanjutkan membacaSeptember 28, 2020

Cara Mudah Mendekorasi Rumah yang Nyaman

RumahCom - Rumah yang nyaman dan tenang bisa didapat dari dekorasi rumah yang baik. Dekorasi yang baik akan membuat rumah tampak nyaman dengan keadaan yang rapi, pencahayaan yang baik, serta warna-war

Lanjutkan membacaSeptember 28, 2020

Menciptakan Suasana Tenang dan Nyaman di Rumah

RumahCom - Suasana tenang dan nyaman dalam rumah tentu menjadi keinginan bagi setiap orang. Menciptakan suasana tenang dan nyaman dalam rumah bisa dilakukan mulai dari menambahkan tanaman hingga menam

Lanjutkan membacaSeptember 28, 2020

Masukan