Membangun Taman dengan Dekorasi Batu di Halaman Rumah

Wahyu ArdiyantoSeptember 29, 2020

Membangun taman dengan dekorasi batu di halaman rumah

RumahCom – Memiliki taman di depan rumah adalah impian banyak orang. Pasalnya, dengan adanya taman maka penghuni rumah menjadi lebih nyaman terlebih adanya pemandangan hijau yang menyejukkan dan menenangkan.

Namun sayangnya, tidak semua orang dapat membuat taman di halaman rumah karena lahan yang terbatas. Solusinya, Anda bisa memanfaatkan area tertentu pada halaman rumah Anda untuk menciptakan taman minimalis dengan memanfaatkan batu.

Batu menjadi hal yang cukup populer digunakan pada taman. Tidak hanya digunakan pada halaman saja, bahkan di bagian belakang hingga di dalam rumah, batu sangat cocok untuk dekorasi tersebut. Lahan yang terbatas tidak lagi jadi penghalang Anda untuk berkreasi membuat taman impian.

Untuk itu, berikut merupakan cara membangun taman batu minimalis yang bisa dicoba:

1. Menentukan peletakkan batu

1. Menentukan peletakkan batu

Dengan batu berbentuk melingkar ini bisa membentuk fondasi taman Anda dan menciptakan beberapa ketinggian di atas tanah. (Foto: Thespruce.com)

Sebelum membangun taman dengan dekorasi batu, Anda sebaiknya membersihkan terlebih dahulu area rumput atau bila perlu bersihkan juga bahan organik lainnya. Pastikan Anda menggali tanah dan tanaman lain di bawah akar untuk mencegah tunas baru muncul di taman batu Anda.

Dengan begitu Anda bisa meletakkan batu dan mendekorasinya sesuai keinginan. Selanjutnya letakkan batu membentuk melingkar sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Dengan batu berbentuk melingkar ini bisa membentuk fondasi taman Anda dan menciptakan beberapa ketinggian di atas tanah.

Kemudian batu yang dibentuk melingkar tersebut isi dengan pasir atau tanah yang memberikan drainase yang baik. Jika yang Anda miliki hanyalah tanah liat, maka tambahkan pasir dan kompos ke dalamnya untuk meningkatkan drainase sehingga daya serap air cukup kuat.

2. Percantik dekorasi batu

2. Percantik dekorasi batu

Untuk mempercantik dekorasi taman, Anda bisa menggunakan batu dengan ukuran apapun tetapi yang terlihat cantik. (Foto: Thespruce.com)

Buat lingkaran batu lagi seperti pada langkah pertama, hanya saja yang membedakan adalah lingkarannya yang lebih kecil daripada sebelumnya. Intinya lingkaran batu kedua ini harus menyediakan banyak ruang untuk penanaman di antara perimeter dasar dan batu jalur kedua serta di setiap ruang tambahan yang dibuat oleh jalur kedua.

Hal ini akan mempercantik dekorasi taman dengan batu yang sedang Anda buat. Kemudian tempatkan batu kedua sesuai dengan rencana, pastikan Anda jangan takut untuk bereksperimen sehingga bisa menghasilkan kreasi unik dan berbeda.

Untuk mempercantik dekorasi taman, Anda bisa menggunakan batu dengan ukuran apapun tetapi yang terlihat cantik. Hal ini dikarenakan batuan kedua ini akan lebih terlihat daripada batu pondasi di langkah pertama.

3. Pilih tanaman yang akan ditanam

3. Pilih tanaman yang akan ditanam

Sebaiknya pilih tanaman yang tumbuh subur di tanah yang sesuai dengan daerah Anda. (Foto: Thespruce.com)

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pilih tanaman yang akan Anda tanam. Pilihlah tanaman dengan skema warna yang cocok dengan batuan pilihan tersebut. Misalnya jika dibuat dengan batu pasir merah tentu Anda bisa menambahkan jenis tanaman dengan sedikit warna merah didalamnya.

Anda juga bisa menambahkan tanaman dengan warna kuning, putih, atau warna cerah lainnya. Selain pemilihan warna tanaman, sebaiknya pilih tanaman yang tumbuh subur di tanah yang sesuai dengan daerah Anda.

Pastikan juga tanaman memiliki persyaratan penyiraman yang serupa dan sesuai dengan jumlah sinar matahari yang diterima taman agar bisa tumbuh dengan baik.

4. Tanamlah taman batu Anda

4. Tanamlah taman batu Anda

Proses penanaman bisa Anda lakukan pada pagi hari, kemudian lakukan perawatan dengan baik. (Foto: Thespruce.com)

Setelah Anda Memilih tanaman yang akan ditanam, selanjutnya adalah Anda menanam tanaman tersebut dengan baik. Untuk menanam taman dengan dekorasi batu, Anda harus memastikan tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Kemudian tentukan jenis tanaman yang ingin ditanam, apakah tanaman bunga, buah, sayur. Proses penanaman bisa Anda lakukan pada pagi hari, kemudian lakukan perawatan dengan baik.

Sumber: Thespruce.com

Mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pengembang Ini Beberkan Resep Dongkrak Penjualan Di Tengah Pandemi

RumahCom - Pengembang PT Ciputra Development Tbk punya resep untuk mendongkrak penjualan properti mereka di tengah pandemi. Jurus yang mereka pakai adalah mengembangkan beragam produk inovatif untuk m

Lanjutkan membacaSeptember 28, 2020

Cara Membersihkan Sofa Bekas yang Baik dan Benar

RumahCom - Sofa bekas biasanya bisa didapat dengan harga yang cukup murah namun kualitasnya tetap baik. Namun Anda perlu membersihkan sofa tersebut dengan baik sebelum digunakan.Barang-barang bekas ya

Lanjutkan membacaSeptember 28, 2020

Cara Mudah Mendekorasi Rumah yang Nyaman

RumahCom - Rumah yang nyaman dan tenang bisa didapat dari dekorasi rumah yang baik. Dekorasi yang baik akan membuat rumah tampak nyaman dengan keadaan yang rapi, pencahayaan yang baik, serta warna-war

Lanjutkan membacaSeptember 28, 2020

Menciptakan Suasana Tenang dan Nyaman di Rumah

RumahCom - Suasana tenang dan nyaman dalam rumah tentu menjadi keinginan bagi setiap orang. Menciptakan suasana tenang dan nyaman dalam rumah bisa dilakukan mulai dari menambahkan tanaman hingga menam

Lanjutkan membacaSeptember 28, 2020

Masukan