Cara Membuat Rumah Bebas Debu

Boy LeonardSeptember 30, 2020

Rumah Bebas Debu

RumahCom – Debu merupakan salah satu penyebab berbagai macam di rumah. Anda harus menciptakan rumah bebas debu agar menjamin kesehatan diri dan keluarga.

Apakah keluarga Anda ada yang memiliki penyakit alergi? Alergi umumnya disebabkan oleh debu yang bertebaran di dalam rumah. Debu biasa menempel pada furnitur dan beberapa benda lainnya. Meski Anda membersihkannya berulang kali debu terus saja hinggap. Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengurangi debu di rumah.

Debu terakumulasi dari partikel kecil yang berasal dari serat kain, kertas, sel kulit, kotoran, bulu hewan peliharaan, dan masih banyak lagi. Jika debu dibiarkan maka akan menimbulkan masalah kesehatan seperti alergi, gangguan pernapasan, gatal-gatal, hidung terasa tidak nyaman, dan masalah kesehatan lainnya. Jadi, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkannya.

Melepas sepatu

Rumah Bebas Debu

(Foto: Pexels.com)

Melepas sepatu saat memasuki rumah orang lain dianggap sebagai sikap yang sopan santun bagi beberapa orang. Hal tersebut adalah salah satu sikap yang baik karena sepatu masuk ke dalam rumah membawa banyak sekali debu. Hal ini karena sepatu yang telah digunakan dari luar ruangan yang kotor dan memiliki banyak debu. Oleh karena itu melepas sepatu dan meninggalkannya di luar ruang adalah pilihan yang tepat.

Menyeka kaki saat masuk ke dalam rumah

Rumah Bebas Debu

(Foto: Pexels.com)

Menyeka kaki ke keset akan mengurangi jumlah debu yang masuk ke dalam rumah, khususnya bagi mereka yang melepas sepatu saat memasuki rumah. Akan tetapi, Anda harus rutin melakukan penyedotan debu di keset Anda atau kibas tikar di luar ruangan beberapa hari sekali untuk mengurangi debunya.

Ganti filter rumah anda

Rumah Bebas Debu

(Foto: Pexels.com)

Sebagian besar produsen menyarankan untuk mengganti filter HVAC setiap tiga bulan sekali. Akan tetapi, jika Anda menggantinya lebih sering hal ini akan lebih mengurangi debu di rumah secara signifikan. Untuk itu, sebaiknya Anda gunakan filter sekali pakai yang murah setiap sebulan sekali. Jika memiliki unit HVAC luar ruangan, Anda juga harus membersihkannya secara rutin.

Membersihkan saluran udara

Rumah Bebas Debu

(Foto: Pexels.com)

Kapan terakhir kali Anda menarik penutup ventilasi rumah? Sebagai saluran udara, ventilasi bisa menjadi sangat kotor. Oleh karena itu Anda harus melakukan pemeriksaan secara rutin agar memastikan ventilasi udara di rumah tetap bersih.

Sedot debu dengan benar

Rumah Bebas Debu

(Foto: Pexels.com)

Menyedot debu menjadi cara yang tepat untuk mengurangi debu di rumah Anda. Namun, seberapa sering Anda harus menyedot debu? Hal ini bergantung pada berapa banyak orang yang tinggal di rumah Anda. Umumnya adalah Anda menyedot debu seluruh ruangan setiap seminggu sekali.

Bagian yang penting untuk dibersihkan adalah area yang sering digunakan. Misalnya seperti sofa atau kursi, karpet, permadani, bahkan hingga kasur sekalipun harus dibersihkan. Hal ini untuk memastikan setiap sudut ruangan benar-benar bersih dan terbebas dari debu.

Gunakan peralatan yang tepat

Rumah Bebas Debu

Debu merupakan salah satu penyebab berbagai macam di rumah. Anda harus menciptakan rumah bebas debu agar menjamin kesehatan diri dan keluarga.

(Foto: Pexels.com)

Anda bisa mengurangi debu hanya dengan peralatan yang ada di rumah Anda. Namun, disarankan menggunakan peralatan yang tepat agar bisa membersihkan debu dengan baik hingga tanpa sisa. Anda bisa menggunakan lap atau penyedot debu yang efektif dalam menghilangkan debu di rumah. Pastikan Anda tidak lupa menyedot debu area gorden, tirai, dan dan benda-benda lainnya.

Selanjutnya Anda juga bisa gunakan kain basah saat membersihkan berbagai furnitur. Kain basah bekerja lebih baik dibandingkan kain yang kering karena debu jadi lebih mudah menempel. Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan permukaan keras seperti meja atau rak. Kain yang sedikit basah akan menahan kotoran dengan baik daripada hanya memindahkannya. Namun, pastikan Anda sering membilasnya setelah menggunakan kain basah tersebut.

Sumber: Housewifehowtos.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kiat untuk Menjaga Rumah Tetap Sehat

RumahCom - Membersihkan rumah secara rutin dan teratur tentu akan menjaga rumah tetap sehat dan penghuni bebas dari serangan penyakit.Setiap bagian dan sudut rumah harus dibersihkan secara rutin. Kare

Lanjutkan membacaSeptember 3, 2020

Mengapa Insulasi Penting Bagi Rumah?

RumahCom - Insulasi rumah mampu membantu Anda untuk menerapkan energi yang lebih ramah lingkungan serta menjadi salah satu bagian dari penghematan anggaran rumah tangga. Langkah pertama untuk menjadik

Lanjutkan membacaSeptember 11, 2020

Tips Menjaga Lantai Rumah Tetap Bersih

RumahCom - Setiap rumah menggunakan material bahan lantai yang tentu berbeda-beda. Mula dari keramik, kayu, batu, hingga vinyl. Tentu merawat setiap lantai dengan berbeda-beda sesuai material yang dig

Lanjutkan membacaSeptember 22, 2020

Masukan