Ide Lanskap untuk Kolam Renang di Rumah

Boy LeonardSeptember 30, 2020

Ide Lanskap Kolam Renang

RumahCom – Kolam renang yang memiliki lanskap yang cantik tentu sedap dipandang mata. Salah satu ide untuk mempercantik lanskap kolam renang adalah menambah tanaman.

Mendesain lanskap kolam renang perlu dilakukan untuk keindahan dan beberapa manfaat lainnya. Desain lanskap biasanya memanfaatkan tanaman yang dapat mempercantik area kolam renang dan memberi nuansa alami yang menyegarkan. Anda dapat memilih beberapa tanaman sebagai pelengkap kolam renang di rumah. Pohon-pohon berukuran yang berukuran sedang mungkin bisa menjadi pilihan agr kolam renang tampak rendang. Bunga atau tanaman rumput-rumputan juga bisa memberi nuansa alami yang cantik.

Namun dalam memilih tanaman untuk lanskap ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari ketinggian pohon, daya tahan tanaman, dan perawatan yang harus dilakukan. Hal ini bertujuan agar tanaman bisa tahan hidup lebih lama serta tidak mengganggu kenyamanan  penghuni rumah. Berikut ini adalah pilihan ide lanskap yang bisa menjadi referensi Anda.

Tanaman sukulen

 Ide Lanskap Kolam Renang

(Foto: Thespruce.com)

Tanaman sukulen adalah jenis tanaman yang mampu menyerap air dan menyimpannya di dalam bagian batang. Salah satu jenis tanaman yang terkenal adalah kaktus. Namun beberapa tanaman sukulen lain selain kaktus bisa Anda manfaatkan sebagai penghias lanskap kolam renang Anda. Ada adenium, lidah buaya, euphorbia, dan banyak lagi lainnya yang bisa jadi pilihan Anda.

Sukulen menjadi tanaman yang bisa dirawat dengan mudah. Anda tidak perlu menyiramnya setiap hari karena tanaman ini bisa bertahan tanpa air yang banyak. Tanaman ini juga selalu memiliki warna hijau yang segar dan enak dipandang mata. Namun Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk tidak menanam tanaman sukulen yang memiliki duri. Hal ini bertujuan agar anak-anak yang bermain di kolam renang tidak terluka.

Rumput hias

Ide Lanskap Kolam Renang

(Foto: Thespruce.com)

Rumput hias bisa menjadi ide lanskap rumah yang paling minim perawatan. Hal ini karena rumput mampu tumbuh tanpa air yang banyak bahkan pupuk sekalipun. Walau begitu, saat sudah tumbuh cukup tinggi rumput ini bisa memberi kesegaran pada area kolam renang Anda.

Dalam memilih rumput ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Anda perlu memilih rumput yang mampu tumbuh dengan baik, tahan gangguan seperti terinjak, dan memiliki komposisi warna yang sesuai dengan kolam renang Anda. Manfaat lain dari kehadiran rumput ini adalah menutup tanah di dekat kolam renang. Hal ini agar tanah yang selalu terkena air tidak menyebabkan noda kotor yang menyebalkan.

Tanaman merambat

Ide Lanskap Kolam Renang

(Foto: Thespruce.com)

Pemilihan tanaman merambat untuk lanskap kolam renang bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Tanaman ini memiliki kesan bersih dan menyegarkan walau tanpa ada bunganya sekalipun. Selain tanaman merambat juga mampu tumbuh dengan baik walau minim perawatan, sehingga Anda tidak perlu khawatir dan disibukkan dengan perawatan tanaman ini.

Ada beberapa jenis tanaman merambat yang bisa Anda pilih. Antara lain rhaphidophora, passion flower, dan banyak lagi lainnya. Namun pastikan kembali media untuk tempat tumbuh tanaman ini sudah tersedia. Hal ini untuk mencegah tanaman tumbuh terlalu jauh dan mengganggu furnitur di dalam rumah Anda.

Pepohonan

Ide Lanskap Kolam Renang

(Foto: Thespruce.com)

Pohon menjadi pilihan yang tepat untuk menciptakan suasana rindang dan sejuk di area kolam renang. Bahkan pohon seperti pohon kelapa bisa menciptakan suasana sejuk seperti di pantai. Namun Anda harus berhati-hati saat memilih pohon untuk daerah kolam renang.

Jarak antara kolam dan pohon juga harus cukup jauh. Hal ini untuk mencegah kolam renang kotor akibat daun-daun yang berguguran. Oleh karena itu carilah pohon yang memiliki daun atau bunga yang tidak mudah gugur. Dengan begitu Anda tidak perlu repot lagi membersihkan kolam renang dan area di sekitarnya.

Sumber: Thespruce.com

Foto utama: Thespruce.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Panduan Merawat Kolam Renang Pribadi di Rumah

RumahCom - Beberapa di antara Anda tentu pernah bercita-cita memiliki kolam renang pribadi saat punya rumah nantinya. Ketika Anda berhasil mewujudkannya—minimal punya kolam renang mungil untuk mempe

Lanjutkan membacaAgustus 24, 2017

Rekomendasi Rumah Dua Lantai dengan Kolam Renang

RumahCom – Punya fasilitas kolam renang di dalam komplek perumahan jadi incaran tersendiri bagi beberapa orang. Terlebih bagi mereka yang hobi berenang.Selain menyenangkan, olahraga renang ternyata

Lanjutkan membacaDesember 8, 2017

Begini Tampilan Taman Tropis Cinta Laura di Bali

RumahCom - Tampilan taman tropis milik Cinta Laura memang sangat menarik perhatian. Ia sering membagikan momen sedang santai di taman miliknya pada akun Instagram pribadinya.Artis  kelahiran Jerman i

Lanjutkan membacaJuni 17, 2020

Masukan