Cara Memasukkan Cahaya Alami ke dalam Rumah

Boy LeonardSeptember 30, 2020

Memasukkan Cahaya Alami ke Rumah

RumahCom – Cahaya alami sangat baik untuk rumah. Selain bisa menjadi pencahayaan utama saat siang hari, cahaya alami ternyata baik bagi tubuh terutama saat pagi hari.

Rumah yang nyaman adalah impian semua orang. Selain desain dan interior yang harus diperhatikan, ternyata pencahayaan di rumah juga berpengaruh pada kenyamanan. Cahaya memang dibutuhkan hunian untuk menciptakan ruangan yang terang. Itu sebabnya lampu digunakan banyak orang untuk menerangi ruangan mereka. Hanya saja, cahaya alami ternyata lebih disukai banyak orang. Selain menghemat energi, cahaya alami juga memberi banyak keuntungan untuk tubuh kita.

Akan tetapi, tidak semua hunian bisa mendapatkan cahaya alami, khususnya bagi hunian yang menghadap ke arah selatan. Namun, cahaya bisa Anda manipulasi dengan berbagai cara seperti memantulkannya atau membelokkannya. Lantas bagaimana cara memanipulasi cahaya ke rumah? Berikut kami berikan tipsnya:

Tempatkan cermin di lorong rumah Anda

 Memasukkan Cahaya Alami ke Rumah

(Foto: Pexels.com)

Cermin bisa Anda gunakan untuk memanipulasi cahaya alami dengan cara dipantulkan. Untuk memantulkan cahaya sekitar ruangan, Anda dapat menambahkan cermin ke dinding di seberang jendela rumah yang mendapat cahaya alami. Pilihlah furnitur dengan permukaan cermin seperti meja aksen, meja ini mampu memaksimalkan jumlah cahaya alami yang dipantulkan di ruangan.

Jangan gunakan barang-barang berwarna gelap

Memasukkan Cahaya Alami ke Rumah

(Foto: Pexels.com)

Tentu Anda sudah tahu bahwa warna gelap akan menyerap lebih banyak panas dan cahaya dibandingkan warna yang terang. Sama halnya dengan ruangan dengan furnitur yang berwarna gelap, hal ini akan membuat ruangan tampak kekurangan cahaya dan terasa cukup panas. Perhatikan juga warna dinding rumah, pastikan tidak memilih warna gelap pada ruangan jika ada jendela pada ruangan tersebut. Pilihlah warna yang lebih terang seperti putih atau kuning telur. Warna-warna ini akan memantulkan lebih banyak cahaya di sekitar ruangan Anda.

Gunakan cahaya buatan

Memasukkan Cahaya Alami ke Rumah

(Foto: Pexels.com)

Perhatikan ruangan Anda, apakah ada ruangan yang kekurangan cahaya atau tidak sama sekali. Jika ruangan tersebut kesulitan mendapatkan cahaya alami, maka pencahayaan buatan sangat penting digunakan. Untuk mencerahkan rumah dengan cepat dengan beberapa cahaya buatan yang lembut dan hangat. Anda bisa menambahkan bola lampu yang memiliki spektrum penuh. Spektrum ini mampu memanipulasikan cahaya matahari ke dalam ruangan Anda yang memiliki pencahayaan yang buruk.

Jaga agar jendela rumah Anda tidak terhalang

Memasukkan Cahaya Alami ke Rumah

(Foto: Pexels.com)

Saat berada di tempat yang sempit seperti dalam ruangan, tentu Anda akan meletakkan barang di depan jendela, tempat tidur, rak, ataupun kursi. Tapi tahukah Anda bahwa hal ini akan membuat ruangan tidak mendapatkan cahaya alami yang cukup? Untuk memastikan ruangan menerima banyak cahaya alami, Anda bisa memulainya dengan memastikan jendela tidak terhalang apapun. Anda bisa melepas tirai tebal yang tidak begitu dibutuhkan untuk privasi dan biarkan banyak cahaya memasuki ruangan Anda sebanyak mungkin.

Menggunakan dinding kaca

Memasukkan Cahaya Alami ke Rumah

(Foto: Pexels.com)

Keberadaan dinding kaca akan membuat rumah menjadi jauh lebih terbuka. Hal ini akan membuat cahaya matahari masuk ke dalam rumah dengan mudah. Cahaya yang masuk tersebut tentu bisa menjadi pencahayaan utama tanpa harus mengandalkan lampu setiap saat. selain membiarkan cahaya alami masuk, dinding rumah dengan kaca ternyata memiliki tampilan yang menarik dan estetis.

Membuat rumah lebih terbuka

Memasukkan Cahaya Alami ke Rumah

Cahaya alami sangat baik untuk rumah. Selain bisa menjadi pencahayaan utama saat siang hari, cahaya alami ternyata baik bagi tubuh terutama saat pagi hari.

(Foto: Pexels.com)

Cahaya alami bisa masuk dengan mudah jika memiliki akses yang cukup. Caranya tentu dengan membuat rumah menjadi jauh lebih terbuka. Anda bisa membuka jendela dan pintu setiap pagi, kemudian menutupnya pada saat menjelang malam. Hal ini akan membuat cahaya alami dapat masuk lebih mudah.

Sumber: Caandesign.com

Foto utama: Pexels.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Merencanakan Rumah yang Hemat Energi

RumahCom - Rumah hemat energi bisa diwujudkan mulai saat perencanaan dan desain rumah. Dari sana Anda bisa memastikan efisiensi penggunaan energi pada rumah dan pemanfaatan energi yang lebih ramah lin

Lanjutkan membacaSeptember 3, 2020

Tips Membangun Rumah Hemat Energi

RumahCom - Efisiensi energi di rumah bertujuan untuk mengurangi penggunaan energi yang tidak dapat diperbaharui serta sebagai upaya untuk melestarikan lingkungan.Efisiensi energi bukan lagi sebuah kam

Lanjutkan membacaSeptember 3, 2020

Wow, Rumah Mungil di Gang Sempit Cipulir Dapat Penghargaan dari New York!

RumahCom - Ada yang menarik dari sebuah rumah kecil di tengah pemukiman padat kota Jakarta sampai-sampai menarik mata dunia. Rumah ini bernama 'The Twins', dan desainnya mendapatkan penghargaan dari a

Lanjutkan membacaSeptember 14, 2020

Masukan