Pemerintah Sebut Empat Keuntungan Kawasan TOD

September 30, 2020

RumahCom – Keterbatasan lahan di wilayah perkotaan membutuhkan pengembangan secara vertikal. Bukan hanya itu, kawasan hunian perkotaan juga harus diintegrasikan dengan sarana transportasi untuk menciptakan kawasan TOD dan hal ini akan terus didorong oleh pemerintah.

Terbatasnya lahan di perkotaan membutuhkan pendekatan khusus saat pengembangan kawasan hunian maupun sarana lainnya. Pengembangan hunia vertikal menjadi salah satu hal yang mutlak untuk diterapkan di perkotaan sehingga bisa memaksimalkan fungsi lahan selain menyediakan area terbuka hijau yang sangat penting untuk lingkungan.

Perkembangan selanjutnya untuk kawasan pemukiman di perkotaan bukan hanya pengembangan vertikal tapi juga diintegrasikan dengan fasilitas transportasi publik. Karena itu pemerintah terus mendorong pengembangan hunian berbasis transportasi atau transit oriented development (TOD) di perkotaan yang padat.

Terkait hal ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong konsep hunian TOD di sejumlah wilayah Jabodetabek. Selain untuk mengoptimalkan penggunaan lahan, pengembangan TOD juga bisa meningkatkan penghematan energi dan efisiensi sebuah kawasan pemukiman.

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, pihaknya akan terus mendorong pola pembangunan perumahan dengan konsep TOD di kawasan perkotaan. Hal ini juga merupakan pelaksanaan dari amanat UU No. 1 Tahun 2011 tentang perumahan dan kawasan permukiman (PKP).

“Dalam pasal 6 UU PKP disebutkan, pembangunan rumah umum harus mempunyai akses menuju ke pusat pelayanan atau tempat kerja. Selain itu TOD juga menjadi bagian dari UU No. 20 Tahun 2011 tentang rumah susun yang menyatakan bahwa setiap pembangunan rumah susun komersial wajib menyediakan rumah susun umum paling sedikit 20 persen untuk masyarakat berpneghasilan rendah (MBR),” ujarnya.

Dimana saja 7 lokasi sunrise property yang memiliki potensi investasi tinggi? temukan jawabannya di video berikut ini.

Setidaknya, lanjut Khalawi, ada empat manfaat dari implementasi pengembangan kawasan TOD di perkotaan. Pertama, mendorong pembangunan perumahan yang layak huni dan memiliki aksesibilitas yang baik sekaligus menyediakan jaringan transportasi umum yang terjangkau. Akhirnya, hunian TOD ini cocok untuk para generasi milenial yang memerlukan sarana mobilisasi yang mudah.

Kedua, optimalisasi penggunaan lahan dengan pembangunan secara vertikal sehingga bisa dilaksanakan di atas lahan yang sempit. Pola pembangunannya dengan berpusat pada simpul jaringan transportasi. Ketiga, bisa mendorong penghematan energi khususnya saat masyarakat menggunakan moda transportasi umum.

Dan keempat, TOD yang dibangun secara terintegrasi dengan sarana transportasi seperti stasiun ataupun terminal bisa mengoptimalkan berbagai rentetan manfaat lainnya khususnya sektor perekonomian. Kawasan TOD bisa berkembang dengan perekonomian yang terbangun di kawasannya sehingga nilai lahan maupun propertinya pun akan terus meningkat.

“Pemerintah terus mendorong pengembangan kawasan TOD dan hal ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Beberapa contoh pengembangan kawasan TOD seperti yang dilakukan di stasiun commuter line, terminal, maupun pasar. Kita bisa lihat TOD di Stasiun Pasar Senen, Pondok Cina, Depok Baru, Jatijajr, Citayam, dan Cinere. Sementara TOD yang terintegrasi dengan terminal berada di Poris Plawad Tangerang, Baranangsiang Bogor, Depok, dan Pondok Cabe , Tangerang Selatan,” beber Khalawi.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ide Lanskap untuk Kolam Renang di Rumah

RumahCom - Kolam renang yang memiliki lanskap yang cantik tentu sedap dipandang mata. Salah satu ide untuk mempercantik lanskap kolam renang adalah menambah tanaman.Mendesain lanskap kolam renang perl

Lanjutkan membacaSeptember 30, 2020

Cara Memasukkan Cahaya Alami ke dalam Rumah

RumahCom - Cahaya alami sangat baik untuk rumah. Selain bisa menjadi pencahayaan utama saat siang hari, cahaya alami ternyata baik bagi tubuh terutama saat pagi hari.Rumah yang nyaman adalah impian se

Lanjutkan membacaSeptember 30, 2020

Jawa Barat Tawarkan 7 Proyek Unggulan Ke Investor

RumahCom - Usai Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), kini giliran Jawa Barat yang tampil dengan tujuh proyek unggulan bersifat ready to offer yang ditawarkan dalam acara Road to Indonesia Investment Da

Lanjutkan membacaSeptember 30, 2020

Developer Ini Bikin Kota Mandiri Baru Di Bogor, Apakah Itu?

RumahCom – Pengembang PT Summarecon Agung Tbk. berencana mengembangkan kawasan terbarunya di kota Bogor, Jawa Barat. Kawasan ini akan diberi nama Summarecon Bogor.Presiden Direktur PT Summarecon Agu

Lanjutkan membacaSeptember 30, 2020

Masukan