Ini Berbagai Upaya Pemerintah Untuk Wujudkan Inklusifitas Perumahan

Oktober 18, 2021

RumahCom – Perumahan merupakan hak seluruh masyarakat dan untuk itu harus bisa diwujudkan berbagai skema aksesibilitas khususnya bagi kalangan MBR. Pemerintah terus mendorong konsep perumahan yang inklusif melalui berbagai program perumahan dengan melibatkan seluruh stakeholder.                    

Sektor properti cukup mampu menjadi penggerak perekonomian nasional dengan banyaknya sektor lain yang ikut terlibat saat properti bergerak. Karena itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengajak kalangan swasta melalui Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) agar terus terlibat aktif dalam pembangunan sektor perumahan termasuk melalui berbagai skema seperti kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) untuk inovasi pembiayaan perumahan. 

Menurut Basuki, inovasi maupun konsep-konsep terkait desain maupun pembiayaan perumahan perlu terus ditingkatkan untuk mencapai target rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJM) dan program strategis nasional (PSN) melalui sektor perumahan yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat.

“Dalam RPJM 2020-2024 pemerintah telah menargetkan peningkatan rumah tangga yang menempati hunian layak dari semula 56 persen menjadi 70 persen dan itu ekuivalen dengan 11 juta rumah tangga. Jadi masih banyak pekerjaan rumah di sektor perumahan yang harus diselesaikan dan itu membutuhkan keterlibatan banyak pihak,” katanya.

Basuki juga menyebut, penyediaan hunian yang layak, aman, sehat, dan terjangkau harus terus diupayakan sehingga bisa diakese oleh seluruh elemen masyarakat dan sektor ini merupakan agenda penting pemerintah. Hal ini juga sejalan dengan Sustainable Developmennt Goals (SDGs) ke-11 yaitu membangun kota dan pemukiman yang inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan.

Karena itu konsep-konsep hunian inklusif yang menekankan pada prinsip keadilan bagi seluruh masyarakat harus terus diupayakan. Masyarakat harus bisa mendapatkan hunian yang aman, layak, dan terjangkau itu khususnya kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Konsep pembangunan yang inklusif ini juga membutuhkan kerja sama yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, sektor swasta, dan masyarakat itu sendiri. Pemerintah juga telah mencanangkan program pembangunan sejuta rumah sejak tahun 2015 lalu untuk mempercepat penyediaan perumahan di Indonesia.

Program sejuta rumah ini juga untuk terus meningkatkan sinergitas dan kolaborasi diantara seluruh stakholder properti khususnya para pelaku pembangunan dalam kerangka ekosistem perumahan. Capaian program sejuta rumah periode 2015-2019 juga telah tercapai 4,7 juta unit, tahun 2020 965 ribu unit, dan hingga September 2021 telah tercapai sebanyak 763 ribu unit.

“Berbagai upaya yang telah dilakukan Kementerian PUPR antara lain melalui bantuan stimulus perumahan swadaya yang dipadukan dengan penyediaan air bersih dan sanitasi melalui program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) dalam satu pendekatan kawasan. Selain itu juga melalui dukungan KPR subsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) untuk MBR, dan berbagai program lainnya,” beber Basuki.

Inilah kebijakan pemerintah yang akan bantu masyarakat agar punya rumah. Selengkapnya nonton yuk di video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mudahkan Konsumen, Pengembang Township Ini Hadirkan Layanan Drive Thru

RumahCom – Berbagai kendala yang terjadi karena pandemi terus dicarikan jalan keluar khususnya untuk memudahkan konsumen. Pengembang SML membuat aplikasi untuk memudahkan konsumennya mendapatkan aks

Lanjutkan membacaOktober 15, 2021

Township Baru Di Tangerang Hadirkan Klaster Kedua

RumahCom – Bisnis properti yang terus membaik membuat proyek-proyek baru kian diminati pasar. Salah satunya towsnhip baru Paramount Petals di Bitung, Tangerang, hasil pengembangan Paramount Land. Ma

Lanjutkan membacaOktober 15, 2021

Pemegang Saham Baru Siap Lanjutkan Proyek Apartemen 45 Antasari

RumahCom - PT Indonesian Paradise Property Tbk. (INPP) pekan ini mengumumkan diri sebagai pemegang saham pengendali baru baik secara langsung maupun tidak langsung dari PT Prospek Duta Sukses (PDS) de

Lanjutkan membacaOktober 16, 2021

Nepal van Java Kian Berwarna, Dongkrak Nilai Properti Sewa

RumahCom - Berada di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, menjadikan Dusun Butuh, dusun tertinggi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dahulu, dusun yang terletak di Desa Temanggung, Kecamatan

Lanjutkan membacaOktober 16, 2021

Infrastruktur Bikin Pengembang Confident Kembangkan Proyek

RumahCom – Berbagai proyek infrastruktur yang digenjot pemerintah terus meningkatkan potensi bisnis dan investasi. Kalangan pengembang kian confident mengembangkan proyeknya di kawasan-kawasan yang

Lanjutkan membacaOktober 18, 2021

Masukan